STOP MPASI SEBELUM WAKTUNYA!!


  • Toddler

    Hallo Moms.. Aku mau cerita sedikit pengalaman aku.. Jujur setelah denger dan menyaksikan cerita seseorang aku menyesal sempet egois dulu karena ngebiarinin anakku MPASI sebelum 6bulan..

    Jadi beberapa minggu lalu anakku sakit dan dirawat di satu RS di Bandung. Kebetulan satu kamar itu ada 2 pasien.. Nah jadi teman satu kamar anakku ini anak perempuan, usianya 4tahun, sebut ajah si A.. Biasalah sesama ibu-ibu kan suka sksd gitu akhirnya kungobrol tuh sama ibunya si A.. Ternyata si A ini setiap selesai makan pasti muntah, awalnya aku biasa ajah karena alasan anakku sampe dirawat juga sama karena muntah-muntah.. Tapi yang bikin bengong si A udah ngalamin kaya gitu sejak dia bayi, artinya udah selama 4tahun si A setiap habis makan dia muntah.. Sampe-sampe si A maen di skolah tuh sampe bawa-bawa kresek ibunya cerita.. Pantesan badannya kurus banget.. Awalnya si Ibu kebingungan banget ini si A sebenernya sakit apa.. Sampe akhirnya dokter tanya si Ibu "usia berapa si A MPASI?" si Ibu jawab usia 5bulan.. daaaan langsunglah si Ibu kena omel dokter!! Setelah ngejalanin pemeriksaan pake cara endoskopi akhirnya ketauanlah penyebabnya, di usus dan lambung si A ini ada luka yg meradang gitu.. Itu yg nyebabin setiap abis makan Si A ini slalu muntah, dan 95% penyebab awalnya karena MPASI dini..
    Waktu bayipun setelah MPASI itu setiap habis minum ASI pasti muntah, ibunya pikir anaknya gumoh biasa tapi ternyata berlanjut sampe 4tahun..

    Semoga cerita ini bisa jadi pelajaran buat Mom yang masih belom paham tentang MPASI dini seperti yg aku lakuin dulu.. Beruntung anakku gak kenapa-kenapa.. Semoga anakanak kita selalu sehat dan ceria..


  • Toddler

    @santidnkr wahh jadi kasian ke anaknya ya mom, akupun dulu gtu mom berasa ga tahan bgt pengen cepet2 kasih makan sebelum waktunya mana ditambah omongan ortu yg selalu ngomporin kasih makan aja dulu kamu juga dikasih makan usia 4 bln...makin galau lah tapi untung adikku selalu nasehatin fokus kasih mpasi tetep harus 6bln jgn disamain kaya dulu, dan berhasilah aku ngasih mpasi pas 6bln 😊


  • Newborn

    @santidnkr duh ngeri mom aku baca ceritanya sedih juga sama anaknya.. Hiks walaupun anakku juga mulai mpasi nya usia 5 bulan 2 minggu mom.. Tapi alhamdulillah sampe saat ini baik gak ada keluhan dan semoga jangan ada.. Huhuhu


  • @santidnkr Mom 😭😭😭 sedih banget ceritanya..
    Se parah itu yah efeknya .. huhuhu
    Aku juga termasuk mama yang bandel dulu waktu anak pertamaku aku kasih dia mpasi di usia 5 bulan juga.. dan pujiTuhan dia ga sampe separah itu..
    Semoga ibu2 diluar sana bisa lebih paham akan hal ini yah Mom 😭😭

    Makasih infonya Mom


  • @santidnkr waduh..apa separah itu ya mom efeknya?tp kyknya jg trgantung anaknya ya mom..ada yg bs nrimo aja kyknya wlo dikasih makan umur brpun.tp mgkn ada yg emang ususnya (mungkiiiin) blm siap nerima yaa mom.tp sih mendingan sblm kasih makan alangkah baiknya dikonsulkan dlu sm DSA nya ya mom.soalnya ada DSA yg blh2 aja MPASI 5bulan klo anak sufor mom.


  • @bunda-adeka setuju nih sama Mom..

    Konon kata mamahku dulu malah aku mulai dikasih mpasi saat usiaku 1 bulan..
    Uuuhhhh ngeri banget yah Mom..
    Tapi pujiTuhan aku masih sehat walafiat sampe detik ini 😁😁


  • Toddler

    @gigiww waaah sama Mom ceritanya sama aku, bedanya aku gk berhasil huhu Dirga aku kasih mpasi usia 4,5bulan, ya walopun emang cuman sedikit tapi skrang nyesel banget deh..


  • Toddler

    @ibu-athar iya Mom, smoga sehat2 ajah yah.. Kasian banget Mom si A itu punya kepengen loh makan makanan yg dia suka, kaya waktu di rs dia pngen ayam bakar, mamanya beliin.. makannya lahap tapi berujung muntah..
    jadi inget penyakit anorexia itu ya Mom bisa sampe tulang doang, tapi bedanya mungkin kalo anorexia lebih ke psikis kali yah..


  • @vennasaerang iya Mom aku juga kaget banget.. Waktu dokter marahin si ibu itu kan aku denger karena sekamar, aku juga bener2 ngerasa ketampar dan bersalah..
    ada juga berita yg bayi dikasih pisang, langsung meninggal Mom..


  • @bunda-adeka iya mungkin sih Mom karena anakku juga ga knpa2 mpasi di 4,5bulan.. tapi kan udah ketentuannya seperti itu alangkah baiknya nurut ajah deh hehe daripda knpa2 kan, toh dokter juga gak akan bisa tau apa yg terjadi sama bayi kita stelah kita coba kasih mpasi sebelum 6bulan.. lagian juga kan katanya bayi dibawah 6bulan emang gak membutuhkan apapun slain air susu jadi kalo gk dikasih makan juga gk akan knpa2 hehe..

    ya kembali lagi sih sama kebijakan orang tua masing2 ya..
    yg terpenting smoga anak2 kita sehat selalu ya Mom..


  • @vennasaerang waaaahh Mom bayi hebat kayanya hihi
    tapi harus dipikirin juga Mom jaman dulu sama jaman skrg kan beda yah, penyakit ajah jaman skrg mah udah aneh2 dan bnyak macemnya.. mungkin kalo orang2 jaman dulu pola hidupnya lebih sehat jadi melahirkan bayi2 yg sehat juga.. kalo jaman skrg kan makanan ajah udah aneh2, mana udara juga udah gak enak hehe


  • @santidnkr bener bgd mom..sbnernya balik lg kekebijakan ortu si anak ya.klo ambil aman ya mending ambil 6bulan pas..klo aku sih colongan kurang seminggu mom 😂 ngeTes aja anaknya siap makan apa ga.tp mgkn bagi buibu yg ga sabaran pgn anaknya cepet2an makan mending dkonsulkan sm DSA masing2 dlu ya mom.buat meminimalisir keadaan2 gawat dimasa mendatang.

    Trus kyknya muntah gt jg bs faktor keturunan kyknya mom..soalnya anak kakak iparku..klo makan seringan bgd muntah,apalagi klo makan trus ada bintilan dikittt..lgsg dehh muntah.trnyata kata mertua bapaknya dlu wktu bayi jg bgtu.

    Aamiin..semoga anak qt selalu sehat ya mom.


  • @vennasaerang waduuuwww..cius umur sebulan udah dikasih mpasi mom?malah katanya jaman dlu sering dikasih pisang yg dikerok-in gt ya buat MPASI.beda jaman beda pemahaman ya mom.klo skg mah udah ngeri2 ngasih yg begituan sembarangan yaa mom.penyakit jaman skg bnyak euyy..


  • Toddler

    @santidnkr haii mom ikutan nyimak yah.. Ini sering dijadiin salah satu bahan diskusi emak2 nih kalo di ig hahaha..
    Tapi anakku sendiri mpasi usia 5,5 bulan sih mom dan itu atas saran dr dsa krn bb anakku kurang banget sblm mpasi itu..
    Mungkin yah mom menu mpasi nya pas awal2 kurang soft gitu? Anakku sih syukurnya sehat banget sampai hari ini mom.. Dan jaman aku sama kakak2ku kecil juga mpasi mulai dr 4 bulan 😅


  • @bunda-adeka iyup Mom ada juga yg faktor keturunan yah, selama muntahnya gak parah sih kaya cuman kalo ada sesuatu di makanan yg bkin dia muntah ok2 ajah.. tapi kalo udah kaya cerita di atas kan parah bgt yah, bisa ngerembet ke mana2, bisa2 kurang gizi..

    Aammiin Yaarabbalamiin..


  • Toddler

    @suvii sama Mom malah aku usia anak 4,5bulan udah gak sabar kasih makan.. Anakku juga alhamdulillah nya gak knpa2 hehe tapi cerita di atas boleh dijadiin bahan pertimbangan ajah kalo ternyata ada yg danpaknya sampe seperti itu gitu Mom hehe


  • @santidnkr iyaa mom..klo kyk cerita diatas ngeri bgd ya mom.jauh2 yaa naudzubillah 🙏


  • @bunda-adeka iya Mom aku dulu umur 1 bulan udah dikasih makan pisang yang dikerok itu sama mamaku.. ampuuunnn deh 😆😆


  • @santidnkr bener banget mom..
    Lagian juga kan emak2 jaman dulu mana ngerti soal inilah itulah.. kalo emak sekarang kan apa-apa cari tau di internet apa-apa pengetahuannya lebih buanyaaak jadilah ga sama kayak dulu lagi..
    Tapi menurutku mamahku terlalu berani juga yah Mom kasih aku makan saat usiaku masih sangat dini..
    Konon katanya karna disuruh sama mertuanya.. biasa deh Mom,. Hihihihi


  • @santidnkr Duh Mom..
    Kalo sampe yang anaknya meninggal terjadi sama aku mah aku ga akan bisa maafin diriku kali mom.. huhuhuuhu


Login untuk membalas
 

Koneksi kamu ke Forum terputus, mohon tunggu.