Cara mengatasi anak yang suka memukul


  • Newborn

    Hallo moms mau curhat sedikit, jadi ada anak tetanggaku, kisaran usianya 2 tahun,laki laki. Masalahnya nih mom anaknya suka banget angkat tangan alias mukul mukul orang orang disekitarnya apalagi anak anak yg lain. Mom adakah yg punya pengalaman sama yaitu anak yang suka memukul? Apa anak usia segitu memang suka memukul mom?? ujuk ujuk orang gak ada salah dipukul.. Iseng banget tangannya 😂😂 aku jadi ngeri lagi karena anakku juga laki laki, takutnya nanti malah seperti itu juga 😥😥


  • Newborn

    @ibu-athar wah mom aku nyimak ya, anakku baru setahunan soalnya.. blm ngerti juga soal beginian. Tapi setauku emang anak 2-3 tahun itu ego nya lg besar-besarnya, apa kata dia harus bener gitu.. Dan sebaiknya minimalisir waktu berinteraksi krn ditakutin hal-hal yg kayak gini..


  • @ibu-athar Duh kesel banget yah kan Mom kalo ada anak seumuran dan di sekitar anak kita yang suka mukul kek begini..
    Aku ada Mom di gereja,, ada jemaat yang anaknya ringan tangan juga padahal cewek.. beda 1 th sama anakku Mom,, Tua an anak itu.. bayangkan Mom dari anakku masih merangkak dia suka Rebut mainan anakku,, lama-lama dia suka mukul anakku.. nah dari anakku ga bisa bales ,, sampe akhirnya anakku mulai besar,, dia bales itu anak..
    Jadi ternyata anak itu ga pernah ditegur sama mamanya sampe2 kalo ditegur di usia sekarang,, kurleb 4th setengah,, dia jadi selalu Nge lawan mamahnya.. sebel deh jadinya..

    Nah yang aku lakuin ke anakku adalah kasih tau dia kalo pukul orang itu ga baik ,, nanti ga punya temen,, jangan ikutin anak itu ,, jangan deket2 .. Duuhh tiap hari aku kasih wejangan deh dia.. ahahahha


  • @rararaa kalo kasus kaya gini sebenernya harus orangtuanya yang bertindak setiap hari mom,, yah Nasehatin si anak lah,, tegur langsung kalo dia lagi main tangan ,, pokoknya apapun Mom sampe anak ini ga terbiasa lagi main tangan ..


  • Toddler

    @ibu-athar anakku baru bgt nginjak usia 2 tahun mom masya allah emosinya mulai keluar sedikit nangis ini salah itu salah padhal biasanya ga gitu, trus skg dia mulai suka mukul aku klo misalnya ga diturutin mau nya, aku pun takut dia gtu juga ke orang lain, jadi kudu sabarrrr bgt ngadapinnya skg mom kitanya harus banyak nasehatin dgn cara halus dan pelan2 sih menurutku..


  • Toddler

    @ibu-athar anak saya juga mau menginjak 2 tahun nih mom, memang sih rata2 udah mulai ngeluarin emosinya dengan beberapa tindakan seperti mukul atau gigit.

    Kalau saya sih suka saya nasehatin, kalau dipukul itu sakit terus kalau sakit nanti mama nangis lo atau temennya nggak mau lagi temenan sama kamu. Jadi ucapan positif ini terus dilakukan, biar nggak jadi kebiasaan mo. Bilang sama ibunya aja mom 🙂


  • @ibu-athar halo mom, wah ini ajaran dari lingkungannya kayanya mom. Hati2 si kecil mom juga ikutan mukul ya, memang sih anak usia 2 tahun emosinya lagi meledak2 kalau nggak diturutin apa yang mereka mau. Tapi kita sebagai ortulah yang kasih pengertian kepada mereka 🙂


  • Newborn

    @rararaa gitu ya mom umur segitu malah lagi emosi emosian ya.. Dududu tantangan lagi nih buat ibu ibu, anakku juga sama mom belum satu tahun, skrg sih masih jadi ank baik, kalau marah cuma nangis doank haha


  • @vennasaerang ya ampun itu nyebelin nya kebangetan ya mom hahaha. Tapi gimana ya masih anak anak, mamak gak bisa berkutik juga,mau dimarahin itu anak orang 😂😂 anak tentangga ku juga aku perhatiin aja mom, kalau udah mulai aneh tingkahnya udah deh dipisahin dlu aja sama anakku.. Kasian kalau dipukul lansung nangis kejer padahal mah gak sakit sebenarnya.. Cuma kagetnya itu..


  • @vennasaerang anak tetangga ku ini padahal sering ditegur juga mom sama bundanya.. Cuma emang bundanya ini kerja, jadi interaksi sama anaknya gak sering banget tiap hari. Tp kalau sama bundanya kalau dibilangin lansung nurut, eh nantinya ulang lagi.. Haha


  • Newborn

    @gigiww wah berarti bener ya mom usia segitu lagi emosinya susah kekontrol ya mom. Aku pernah baca artikel gitu kalau anak mukul orang tuanya jangan sampai dibiarin, harus ditegur atau diarahkan dg baik, soalnya takut jadi kebiasaan nanti saat dia besar mukul2 org tua nya dianggap sepele, padahal kan dosa besar ya mom. Duh, aku jadi ngeri ngeri sendiri agar bisa mendidik anak dg baik nantinya hiks


  • Newborn

    @adeka mukul atau gigit gitu dia kalau lagi marah ya mom? Atau cuma iseng2 gitu mom? Ternyata anak cewe juga gitu ya mom.. Aku kira anak cowo aja yang agak sangar 😁


  • @bunda-adeka iya mom aku juga takut nanti anakku juga malah begitu, skrg belum satu tahun sih, masih bisa dikendalikan sama aku emosinya..


  • Newborn

    @ibu-athar setahunan itu udah mulai ngerti sih mom kalo keinginan nya ga dipenuhi, dia lgsg nangis kejer kadang guling2 juga. Berdoanya nnt tambah usia, ga makin2 hihiii


  • @ibu-athar yah namanya anak umur segitu emang harus banyak sabar hadapin nya yah Mom.. tapi setidaknya bundanya tegur dia..

    Kalo si anak jemaat di gerejaku tuh sama sekali mamahnya tegur ya cuma kaya Duh gimana yah bilangnya Ahahahaha pokoknya ga bikin tuh anak berubah sikap lah Mom.. syediiih


  • @ibu-athar Duh pake banget nget nget nget deh nyebelin nya Mom .. kalo mamahnya ga ada rasanya mau aku makan aja deh tuh anak.. wkwkkwwkkw


  • Newborn

    @rararaa iya mom anakku 10 bulan udah bisa rewel kalau mau apa gak diturutin. Tapi masih bisa dialihkan. Gak tahu nanti makin makin gak ya 😂😂


  • @vennasaerang hahhahaha beda orang tua beda cara ya mom.. Mgkin hal seperti itu dianggap biasa sama ortunya, jadi anaknya dilepas gitu aja tingkahnya 🤦


  • @vennasaerang wkwkkwwk sabar mom, kita doakan saja semoga anak itu dan anak kita jadi anak baik sopan dan santun aamiin....


  • Newborn

    @ibu-athar iya nih mom, tantangan baru lagi sepertinya hihii.. semangat ya mom, semoga nnt si kecil masih bisa diajak bekerja sama hehee


Login untuk membalas
 

Koneksi kamu ke Forum terputus, mohon tunggu.