Kapan Sebaiknya Anak Ke Dokter Gigi?


  • Newborn

    Hallo dok, saya mau tanya. Sebaiknya kapan waktu yg baik utk anak ke dokter gigi? Anak saya termasuk yg susah utk sikat gigi. Masuk mulut sih sikatnya tapi ya ga bener gitu. Malah lbh sering isepin sikatnya.. Skrg usia 13 bulan. Masih sulit utk berhentiin minum susu tengah malem..

    Mksh dok 🙂


  • @rararaa Periksakan gigi anak ke dokter gigi sedini mungkin ya,bu. Jangan tunggu sampai berlubang besar. Pertama kali membawa anak ke dokter gigi dapat dilakukan pada usia 6 bulan / setelah gigi pertama tumbuh, paling lambat dilakukan saat anak usia 1 tahun. Setelah itu, dokter gigi tersebut biasanya yg akan menentukan, apakah anak ibu perlu kontrol rutin per 3 bulan sekali / per 6 bulan sekali. Hal ini baik dilakukan karena selain untuk mendeteksi karies / masalah lain sejak dini, anak juga jadi terbiasa & tidak takut pada kunjungan ke dokter gigi.

    Sikat gigi dilakukan minimal 2x sehari yaitu pagi hari saat mandi & malam saat sebelum tidur. Setelah sikat gigi malam, anak hanya diperbolehkan minum air putih.
    Sikat gigi pada anak usia 13 bln hrs dipandu oleh orang tua. Apabila anak ingin sikat gigi sendiri, maka biarkan anak melakukannya. Namun, setelah itu orangtua / pengasuh wajib mengulang proses sikat gigi sekaligus memastikan gigi anak telah bersih. Lakukan hal ini terus-menerus hingga anak berusia kira-kira 8 tahun karena sikat gigi merupakan keterampilan motorik halus yang baru akan berkembang dengan baik pada usia tersebut.


  • Toddler

    @drg-cynthiam oh harus sejak 6 bulan ya dok. Anak saya belum pernah ke drg sih, cuma sikat gigi rutin 2x sehari. Nanti saya coba unk konsul ke drg. Makasih atas sarannya ya dok.


  • @drg-cynthiam wah lengkap sekali dok penjelasan nya, terima kasih dok 🙂


Log in to reply
 

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.