Mengeluarkan riak pada tenggorokan anak


  • Newborn

    Dok, anak saya baru saja terkena flu. sekarang sudah sembuh tp masih tersisa sedikit batuk yg ada dahaknya. terkadang riak di tenggorokan menggangu anak saya saat tidur... mengganggu pernafasannya gitu dok. gimana ya cara mengeluarkan riak anak dok? apa harus diuap?


  • @dona-h batuk pada anak bisa disebabkan oleh beberapa hal mom.. Pada anak yang menderita flu batuk bisa disebabkan karena adanya ingus dari hidung yang jatuh ke belakang tenggorok atau bisa juga berasal dari infeksi di tenggorok. Selain itu batuk juga bisa disebabkan adanya infeksi di paru-paru.

    Untuk memudahkan mengeluarkan dahak umumnya dokter akan memberikan semprot hidung yang berisi cairan fisiologis atau obat yang mengandung mukolitik untuk mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan saat anak batuk. Namun, hal yang tidak kalah penting mom bisa memastikan bahwa asupan air putih si kecil cukup karena banyak minum air putih juga dapat membantu.

    Jika riak sangat banyak dan membuat anak sulit bernapas mom boleh membawanya ke dokter untuk dipertimbangkan apakah perlu pemberian terapi inhalasi atau uap.


  • @dr-natashasupartono baik dok. terima kasih untuk penjelasannya, jadi pertolongan pertama beri air putih dulu ya...


Login untuk membalas
 

Koneksi kamu ke Forum terputus, mohon tunggu.