Perlukah memberikan makanan bebas gluten untuk bayi?


  • Dok, saya sedang baca-baca mengenai makanan gluten free (bebas gluten) di internet. Saya ada beberapa pertanyaan sebelum menerapkannya ke anak saya sendiri. Sebagain informasi anak saya tidak mengidap alergi atau penyakit tertentu.

    • Apakah pola makan bebas gluten ini bisa diterapkan sejak masih bayi?

    • Pola makan bebas gluten ini apakah hanya untuk anak yang mengidap penyakit tertentu?

    • Apa kelebihan dan kekurangan menerapkan makanan bebas gluten sejak dini?

    Terima kasih


  • @karina-mustika Hai Mom, tepat sekali Mom mencari info dahulu sebelum menerapkan kepada si Kecil. Diet bebas gluten tidak direkomendasikan diberikan secara rutin kepada bayi/anak tanpa indikasi. Makanan bebas gluten hanya diberikan kepada bayi/anak yang memang terbukti alergi atau menderita celiac disease.
    Kekurangan dan kelebihan tentu saja berkaitan dengan sesuai atau tidak indikasi. Bila diberikan kepada bayi/anak yg tidak memerlukan diet bebas gluten, kekurangannya yaitu berisiko kekurangan zat gizi penting seperti karbohidrat, vitamin, mineral, serat yang terkandung dalam bahan makanan mengandung gluten sehingga harus mencari sumber dari bahan makanan lainnya atau konsumsi makanan berlabel gluten-free yang umumnya relatif mahal dan sulit terjangkau.
    Namun, jika diet bebas gluten diberikan sesuai indikasi, kelebihannya tentu saja gejala tanda intoleransi/alergi terhadap gluten, dapat diminimalisir.
    Semoga sharing ini dapat bermanfaat ya Moms.


Login untuk membalas
 

Koneksi kamu ke Forum terputus, mohon tunggu.