Inilah Kegiatan Anak di Rumah yang Mampu Melatih Kreativitas


  • Di zaman yang semakin canggih ini, kemajuan teknologi sangatlah pesat. Kegiatan anak di rumah, seringkali terpaku pada gawai saja. Sebagai orang tua, tentu Mum ingin yang terbaik untuk buah hatinya. Maka dari itu, Mum harus membuat jadwal aktivitas untuk anak-anak di rumah. Dengan begitu, anak bisa beralih dari gawainya.

    Seringkali anak merasa bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja. Maka dari itu, Mum harus bisa membuat [kegiatan anak di rumah dengan sangat menarik, sehingga anak akan antusias ketika bermain. Dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana, Mum bisa membuatnya menjadi sesuatu yang menarik.

    Melakukan aktivitas atau kegiatan anak di rumah tidak harus mengeluarkan biaya. Mum bisa mengajak anak bekerja sama dalam melakukan segala aktivitas di rumah. Nah, berikut ini ada beberapa kegiatan dan aktivitas anak yang mampu melatih kreativitasnya di rumah, di antaranya adalah:

    Membuat kemah-kemahan
    Mum bisa mengajak anak bermain kemah-kemahan. Jika tidak memiliki tenda untuk berkemah, Mum bisa membuat dari meja makan, kemudian gunakan kain besar atau sprei sebagai penutupnya. Anak bisa bermain kemah-kemahan di bawah meja makan yang telah diubah menjadi tenda besar.

    Bermain masak-masakan dari bahan alami
    Mum bisa mengajak anak bermain di halaman rumah. Mengajak anak bermain masak-masakan dengan bahan-bahan alami menggunakan tanah, daun-daunan, dan sebagainya. Biarkan anak bebas bereksplorasi dengan aktivitasnya. Tak usah khawatir jika anak bermain kotor-kotoran. Dengan begitu, justru daya tahan tubuh anak akan semakin kuat.

    Bermain peran bersama anggota keluarga
    Di segala aktivitas anak, biasakan orang tua ikut terlibat. Hal ini akan membuat anak menjadi semakin dekat dengan orang tua. Ajak anak bermain peran dengan tema yang mereka inginkan, biarkan anak mengeluarkan ide dan pemikirannya dalam menentukan pilihannya. Hal ini akan membuat anak semakin berani untuk mengeluarkan pendapat serta ide-idenya.

    Membuat outbound mini
    Jika mendengar kata outbound, yang terbayang adalah kegiatan yang dilakukan di luar ruangan. Sekarang, Mum bisa membuat outbound sederhana di rumah dengan berbagai tantangannya. Mulai dari kursi, meja, dan perlengkapan lainnya yang bisa dibuat tantangan. Kegiatan ini tentunya akan membuat anak sangat antusias ketika bermain.

    Memasak bersama
    Siapa bilang anak tidak bisa diajak memasak? Mum bisa libatkan anak-anak untuk memasak. Sebelumnya, sepakati kepada anak akan membuat makanan apa. Lalu, ajak anak belanja ke toko swalayan atau pun pasar tradisional. Libatkan anak untuk berinteraksi ketika melakukan transaksi jual beli dengan pedagang. Ketika memasak, biarkan anak berkreasi dengan menunya, namun tetap dalam pengawasan Mum.

    Membuat prakarya
    Ajak anak untuk membuat prakarya sederhana dari barang-barang yang sudah tak terpakai. Misalnya, membuat tempat pensil dari kardus susu, membuat celengan dari kaleng biskuit, membuat pesawat terbang, dan lain sebagainya.

    Anak yang aktif tentu saja akan menciptakan fisik yang kuat. Demi menjaga daya tahan tubuhnya, Mum jangan lupa berikan Friso Gold untuk buat hati. Makan makanan yang bergizi juga sangat penting untuk anak. Tetap berikan yang terbaik untuk anak demi menunjang kesehatannya.

    Itulah beberapa aktivitas yang bisa Mum lakukan bersama anak di rumah. Dengan perlengkapan sederhana, kegiatan anak di rumah menjadi semakin menyenangkan dan menarik. Jangan biarkan anak terus-menerus asyik dengan gawai-nya. Mum selalu bisa alihkan perhatian anak dengan terus mengajaknya bermain serta bereksplorasi dan berkreasi. Selamat mencoba Mum.


  • Terima kasih moms atas informasinya, 🤗 sangat membantu sekali, jujur kalo d rumah kadang bingung juga mau ngapain sama si kecil. 😂


  • Newborn

    @kinarig thanks mom infonya. Kayaknya lebih cocok buat diatas 2 th ya mom kayak kemah kemahan dan masak masakan


  • @ibu-athar hi mom, ikutan nimbrung.

    main kemah-kemahan di dalam rumah bisa dari anak umur 1 tahun loh. terus main masak-masakan juga anakku belum 2 tahun udah aku kasih, dia bisa kayak pura2 nuang air dan minum gitu.

    seru loh


  • @kinarig bIsa jadi kegiatan yang menyenangkan nih. Makasih infonya mom, anak g bosan mak juga g bosan ya. Hehe


  • @kinarig Waah makasih banyak niih mom saran nyaa. kayanya seru niih main outbound di dalem rumah berbekal barang yg ada hhe.
    terus main masak-masakan dari bahan alam juga kyanya seru banget, jadi ikutan nostalgia sama masa kecil dulu deeh hhe


  • @indahsiauw wah iya ya mom haha berarti aku yg belum coba aja nih ajak anak main kemah kemahan. Padahal dia seneng klo main dibawah selimut gitu becanda2 😂😂


  • @ibu-athar ga usah takut mencoba. banyak banget mainan-mainan yang labelnya 3y+. kalo mau lihat, hampir semua mainan kayak lego, playdoh, buku, boneka, selalunya ada tulisan usia 3y+. itu sebenernya untuk mencegah terjadinya choking hazard alias tersedak benda-benda kecil yang terdapat pada mainan tersebut. Jadi, sebagai orang tua, baiknya memang awasi terus untuk anak-anak di bawah 3 tahun dalam bermain. kalau ada mainan yang sekiranya mudah tertelan anak, seperti benda bulat kecil-kecil, sebaiknya sangat diawasi sekali ya, ga boleh meleng.


  • @indahsiauw nah iya mom khawatirnya itu sih takut dimakan dan tersedak untuk anakku yg dibawah 3 th. Kayak lego lego gitu udh aku siapin tp tetep kalau main harus sama aku.


  • @ibu-athar yup. tapi kalo ga dikasih kan telat banget apa-apa serba umur 3 tahun baru boleh main. lebih baik dikenalin aja dari sekarang, tapi selalu awasi jangan sampai meleng ada yang masuk mulut.


  • @indahsiauw yes mom. Pengawasan rule number one.


  • @ibu-athar yup. nanti lama kelamaan juga paham kok mana yang boleh di makan mana yang gak boleh.


  • @kinarig thanks infonya moms..


  • Toddler

    @KinariG wah info yang menarik nih, mantap buat dicoba. Thanks mom


  • @indahsiauw usia berapa nih mom kira kira anak bisa paham ya? Diatas 2 th?


  • Toddler

    @kinarig thankyouu mom buat sharingnya.. Ide baru nih buat bikin tenda2an rasanya anakku bakal hepi banget deh hehehe..


  • @kinarig bnr ya mom boleh d coba main sama anak d rumah hehehe


  • @kinarig makasih ya mom sharing nya... kegiatan2 itu juga manfaat nya bs ngurangin gadget time ya mom, jadi anak ga melulu liat TV/HP..


  • @ibu-athar sebelum usia 2 tahun sih udah paham kok. sampe masa oralnya hilang. anakku belum 2 tahun udah bisa bedain sih mana yang bisa di makan mana yang enggak.


  • @indahsiauw wah sebelum 2 th udah bisa ya. Ok pantau terus nih anakku bisa juga gak ya 😂😂


Log in to reply
 

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.