Tips melahirkan dengan VBAC


  • Hai Mom @suvii

    Untuk tips keberhasilan VBAC, sebenarnya tidak ada yang khusus. Namun ada beberapa faktor yang perlu anda ketahui.

    Ketika anda menginginkan VBAC (persalinan normal setelah persalinan sesar), ada beberapa yang perlu anda perhatikan:

    • Indikasi sesar sebelumnya. Bila indikasi sesar sebelumnya karena indikasi berulang (seperti panggul sempit), maka tidak dianjurkan VBAC. Namun bila sesar sebelumnya karena indikasi TIDAK berulang (seperti sungsang, ari2 di bawah), maka anda masih dapat berharap untuk VBAC
    • Apakah selain persalinan sesar sebelumnya, anda pernah melahirkan normal. Bila anda perlah lahiran normal, kemungkinannya keberhasilan lebih tinggi.
    • Apakah anda mendapatkan komplikasi saat persalinan ataupun setelahnya
    • Tanyakan pada dokter anda terdahulu yang melakukan sesar yaitu mengenai jenis insisi di Rahim anda (vertikal atau horizontal). Pada umumnya yang dilakukan adalah horizontal. Pada jenis ini, anda masih bisa VBAC. Namun bila dilakukan vertikal, maka anda tidak disarankan VBAC

    Bagaimana peluang keberhasilan VBAC dan faktor apa yang pengaruhinya?

    • Bila pada persalinan sebelumnya, selain sesar anda juga pernah melahirkan normal.
    • Bila anda mendapatkan kontraksi alami (tanpa dilakukan induksi persalinan)
    • Bila indeks massa tubuh (berat badan/tinggi x tinggi) anda di awal kehamilan kurang dari 30

  • Toddler

    @bunda-adeka iya mom anak pertamaku sc krn sungsang.. Ini sdh msk usia 2 thn anakku jd mau mulai cari2 info soal vbac ini hehehe


  • @dr-radityakusuma hai dok, tq utk info2nya..

    Sy blm pernah melahirkan normal, anak pertama lahir SC krn sungsang, dgn sayatan horizontal, tdk ada keluhan sblm&sesudah sc, saat hamil jg indeks massa tubuh tdk mencapai 30.

    Apakah berarti peluang vbac ini masih tinggi yah dok? Utk jarak kehamilan sc utk bs vbac itu berapa lama yah dok rentangnya?


  • @suvii semangaattt mom..smoga next bs vbac mom.sepupuku dlu kmren niatnya vbac mom..jarak sm anak pertama 3tahunan,tp qadarullah ga bs vbac jg..gegara anaknya ga turun2 masuk panggul nyangkut kepalanya di bekas sc-an mom.alhasil sc lg..pdhal dy nya udah bukaan 3.hihiii..


  • Toddler

    @bunda-adeka yaaahh kok bacanya jd sedih..
    Nyangkut di bekas sesaran tuh mksdnya lokasi sc yg pertama itu stlh dijahit malah ruangnya menyempit atau gmn mom?


  • @suvii mksudnya ga bs turun kepanggul mom.jd posisi kepalanya masih diatas..diatas bekas garis sc-an qt.aku jg ga trlalu paham knp bs nyangkut gt anaknya ga turun mom..jdilah vbac nya gagal.


  • Toddler

    @bunda-adeka aku baru denger cerita yg begini nih.. Bisa nanti kutanya2 juga ke obgynku deh..
    Sbnrnya msh kepingin sih utk vbac nih aku..hehehe..


  • @suvii iyaa mom..bnyak faktor jg sih spertinya utk vbac bs lancar jayaa.semangaat mom..semoga next bs kesampean vbac nyaa mom 💕


  • Toddler

    @bunda-adeka amiinn mom hehehe...


  • @suvii semangattt teruss mom ❤🙏


Log in to reply
 

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.