Kakek Nenek / Orang tua di keluarga suka mengajarkan hal berbahaya


  • Dok, sering kali saat kami berkunjung ke rumah saudara2 kami yg sudah berumur, mereka mengajarkan anak saya untuk memanjat2 dengan alasan 'anak cowo harus kuat' padahal saya mengajarkan nilai kehati-hatian kepada anak saya, sejauh ini anak saya bisa memahami, tapi kalo keterusan saya khawatir anak saya menganggap hal berbahaya itu boleh dilakukan.


  • Hi Mom @NaiHawari

    Anak sedang mengalami masa pertumbuhan, maka pada dasarnya mereka memiliki energi yang besar. Tidak heran jika mereka mencari permainan yang seru, menarik dan merangsang respon dari stimulus yang tersedia, dapat melalui contoh (teman sebaya di lingkungan) atau tokoh tertentu di media, ataupun figur orang tua.

    Nah, permainan yang dibutuhkan oleh anak, baik untuk anak lelaki dan perempuan ialah permainan yang sesuai dengan tahap perkembangan serta menstimulasi perkembangan fisik, kognitif, sosial dan emosi anak.

    Pada kasus “memanjat” ini, dalam pengembangan dan fisik motorik adalah untuk melatih keterampilan fisik terutama melatih motorik kasar, motorik halus sehingga anak dapat meloncat, memanjat, dan lain sebagainya, disamping ia juga dapat bermain musik, menari bahkan dapat membuat kerajinan tangan.

    Memanjat bisa menjadi suatu bentuk permainan dengan tema, bermain dengan cara tersebut memiliki beberapa keuntungan bagi perkembangan kognitif dan sosial anak. Hanya saja sebagai orang tua, tentu diharapkan untuk memberikan pengarahan mengenai fungsi dan tujuan permainan tersebut, serta mengarahkan faktor resiko yang terjadi, hingga memberikan anak ruang untuk memahami keputusannya.


Log in to reply
 

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.