mengatasi susah BAB saat hamil muda


  • Newborn

    Sembelit pada ibu hamil memang merupakan hal yang sering terjadi. Sekirar satu dari tiap dua ibu hamil mengalami sembelit dan hal ini bisa disebabkan oleh hormon progesteron maupun bayi yang menghimpit usus.

    Hormon progesteron pada ibu hamil bekerja untuk merelaksasi otot-otot halus di seluruh tubuh, termasuk di saluran pencernaan. Hal ini terjadi agar lebih banyak nutrisi yang terserap bagi Anda dan janin dengan melambatkan laju usus dan membuat ibu hamil mengalami sembelit.

    Mengejan sekuat-kuatnya seperti yang Anda lakukan sangat tidak dianjurkan karena selain tidak baik bagi janin Anda, hal ini juga bisa membuat Anda mengalami wasir atau ambeien. Pilihan terbaik ketika Anda sembelit, baik itu didalam atau diluar kehamilan adalah dengan:

    Konsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan
    Konsumsi banyak air putih
    Aktifitas fisik teratur seperti renang dan berjalan selama 20-30 menit setiap hari
    Kurangi zat besi
    Konsumsi probiotik seperti yang terdapat pada yoghurt
    Minum jus prem hangat

    Tentu saja bila cara-cara tersebut di atas tidak berhasil, konsultasikan keadaan Anda pada dokter kandungan. Yang jelas, memaksakan BAB dengan mengejan sekuat-kuatnya sangat tidak dianjurkan. Semoga kehamilan dan kelahiran anak Anda berjalan lancar.

    Sekian, semoga bermanfaat.


  • wah makasih banyak informasinya moms.. buat bekal nanti pas aku hamil mudah2n aamiiinnnn
    btw punya info promil gak moms ? bagi dong kalo ada soalnya aku setelah ke guguran belum hamil2 lagi sampe skg:(


  • @iindasimah ikut prihatin ya mom yg tabah..kalo boleh tau gara2 apa mom kegugurannya dan udh brp lama dr pasca keguguran blm hamil lg?


  • @iindasimah temen ku juga ada bahkan sampe 3x keguguran tp alhamdulilah skrg udh hamil 5bln. pengalaman dr dia si byk istirahat mkn makanan yg mengandung vitB sama berhubungan sama suami diwktu yg tepat dan berdoa aja mom ☺ semangat mom


  • @rini_1202 aku keguguran karena kecapean moms... oke moms makah banyak ya tips nyaah.. sekarang aku juga lagi cari2 referensi progmil alami tapi gamau minum obat hehehe kayak susu jus gitugitu lah aku promilnya maunya


  • @iindasimah ohh oke mom sama2, aku doakan agar segera dikasih karunianya Allah..aamiin


  • Toddler

    @rini_1202 duhh ini aku ngalamin banget mom sembelit pas usia kandungan masuk 7bln, dan sampe berdarah dulu huhuuu
    dokternya nyaranin makan buah yang ngandung air dan minum yg banyak terus rajin nongkrong aja tiap bangun pagi hahha


  • Rini_1202 berkata:

    Sembelit pada ibu hamil memang merupakan hal yang sering terjadi. Sekirar satu dari tiap dua ibu hamil mengalami sembelit dan hal ini bisa disebabkan oleh hormon progesteron maupun bayi yang menghimpit usus.

    Hormon progesteron pada ibu hamil bekerja untuk merelaksasi otot-otot halus di seluruh tubuh, termasuk di saluran pencernaan. Hal ini terjadi agar lebih banyak nutrisi yang terserap bagi Anda dan janin dengan melambatkan laju usus dan membuat ibu hamil mengalami sembelit.

    Mengejan sekuat-kuatnya seperti yang Anda lakukan sangat tidak dianjurkan karena selain tidak baik bagi janin Anda, hal ini juga bisa membuat Anda mengalami wasir atau ambeien. Pilihan terbaik ketika Anda sembelit, baik itu didalam atau diluar kehamilan adalah dengan:

    Konsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan
    Konsumsi banyak air putih
    Aktifitas fisik teratur seperti renang dan berjalan selama 20-30 menit setiap hari
    Kurangi zat besi
    Konsumsi probiotik seperti yang terdapat pada yoghurt
    Minum jus prem hangat

    Tentu saja bila cara-cara tersebut di atas tidak berhasil, konsultasikan keadaan Anda pada dokter kandungan. Yang jelas, memaksakan BAB dengan mengejan sekuat-kuatnya sangat tidak dianjurkan. Semoga kehamilan dan kelahiran anak Anda berjalan lancar.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    Makasih infonya mom ☺


  • @rini_1202 aamiin mom makasih banyak yah doanya
    btw punya saran program hamil gak ya mom ??


  • @rini_1202 bnr mom, aq suka sembelit , pas d paksa mengedan jdi sakit ya, mmg serat penting bgt buat pencernaan ya mom biar lancar bab nya..


  • Newborn

    @rini_1202 terimakasih infonya mom. Padahal ada loh mom katanya pas hamil muda gitu malah disuruh konsumsi zat besi dan asam folat mom. Kalo zat besi bikin sembelit, hm 🤔🤔


  • @iindasimah semangat mom, biasanya habis keguguran bisa promil lagi 3 bulan setelahnya. Yg penting kita tahu penyebab keguguran sebelumnya apa untuk diobati dan diantisipasi biar gak keulang lagi mom, jaga makanan dan kesehatan, cari bantuan dokter yg tepat plus berdoa. Semoga yg diinginkan segera datang mom 😊😊


  • Newborn

    @gigiww bingung ya mom klo begitu kan ga boleh ngeden, trs sembelit rasanya pgn nangis


  • @arfasrifantari sama sama mommy..


  • @iindasimah iyaa mom sama2.. waduh belom mom anak pertama aja blm ada setahun, rehat dulu. hehe


  • Newborn

    @sabriinna iyaa mom rajin mkn buah dn sayur..


  • Newborn

    @ibu-athar haha gmn tuh ya suruh konsumsi zat besi tp malah bikin sembelit.. mungkin ada kadarny untuk konsumsi zat besi ya biar asupan k bayi terpenuhi kita jg ga akan ngerasain sembelit


  • @rini_1202 iyaa momm


  • Newborn

    @rini_1202 hahha iya mom coz setahu ku juga susu susu bumil gitu pasti mengandung zat besi haha. Pengalamanku sembelit malah pas hamil tua mom, bukan pas hamil muda hahha


  • @ibu-athar iyaa mom.. makasih banyak ya mom atas semangat nyaaa
    sedih bgt si sebenernya cuma ya bener harus semangat dan pasrah sambil trs usaha program 🙂


Log in to reply
 

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.