mengatasi anak sulit makan


  • Newborn

    Di usia 6 bulan, anak sudah siap untuk menerima asupan baru berupa MPASI atau makanan pendamping ASI. Diusia ini kebutuhan tubuh akan nutrisi tidak bisa hanya dipenuhi dari ASI saja, namun harus sudah mulai mendapat tambahan asupan nutrisi dari MPASI. Nutrisi yang dibutuhkan oleh anak untuk tumbuh dan berkembang sangat banyak sekali, yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein hewani, protein nabati, sayuran, vitamin, dan mineral. Buah pada dasarnya hanya merupakan makanan selingan dalam daftar MPASI, karena buah hanya mengandung vitamin serta mineral, dan tidak mengandung kalori yang dibutuhkan oleh anak. Sedangkan kalori hanya akan diperoleh jika anak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak maupun protein. Oleh karena itu, sebaiknya pemberian buah - buahan pun bukan diwaktu makan besar anak, namun diberikan diantara 2 waktu makan besar anak (makan pagi - buah - makan siang - buah - makan sore). Saat waktu makan besar, anak tetap harus diberikan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein dan sayuran. Jadi tidak diperkenankan jika anda hanya memberikan anak buah saja tanpa disertai dengan makanan berat lainnya. Jika anak tidak mau makan dan menyebabkan kekurangan nutrisi, dapat menimbulkan beberapa akibat seperti :
    Gangguan tumbuh kembang anak
    Gangguan perkembangan dan kecerdasan otak
    Penurunan daya tahan tubuh
    dll
    Oleh karena itu, kita sebagai ibu harus semangat dan kreatif dalam menyusun menu makan anak agar anak mau, lahap dan menghabiskan makanannya. Sebenarnya jika anak tidak mau makan, kesalahan bukan terdapat pada anak, namun terletak pada orang tuanya.
    Berilah anak makanan yang enak, mungkin anak anda tidak mau memakan bubur karena tidak cocok dengan rasa bubur yang anda berikan. Prinsip pemberian makan pada anak adalah jika anda merasa makanan tersebut tidak enak, pasti anak anda pun akan tidak suka dengan makanan tersebut. Sebelumnya yang ingin saya tanyakan, bubur apakah yang anda berikan kepada buah hati ? aapakah bubur instan atau bubur mpasi buatan sendiri ? Menu bubur apa saja yang telah anda berikan kepada anak ? variasi menu apa saja yang telah anda coba berikan ?

    Jika bubur yang anda berikan adalah bubur instan, maka rubahlah kebiasaan memberikan bubur instan dengan membuat bubur saring sendiri dengan bahan - bahan alami. Jika yang anda berikan sudah bubur buatan sendiri (bukan bubur instan), mungkin menu makanan yang anda buat kurang menarik atau kurang enak sehingga anak tidak suka dan tidak mau makan. Buatlah menu makan MPASI yang beraneka ragam, diusia 6 bulan anak dapat mulai dikenalkan dengan puree (puree kentang, kabocha, butter nut pumpkin, beras merah , beras putih, kacang merah, edamame, tahu, tofu, tempe dll) , kemudian bertahap anak diajarkan untuk makan makanan MPASI bintang 2 (terdiri dari karbohidrat dan protein nabati/hewani atau karbohidrat dan lemak) atau MPASI bintang 3 (terdiri dari karbohidrat + protein nabati/hewani + sayuran atau karbohidrat + lemak + sayuran), yang teruuuss berkembang hingga anak dapat makan MPASI bintang 5 atau 6.Selain itu, anda dapat menggunakan air kaldu daging (beefbroot) atau kaldu ayam yang dibuat sendiri sebagai air untuk membuat bubur. Jika anda kesulitan mencari ide menu MPASI, saat ini sudah banyak aplikasi maupun buku resep masak MPASI yang banyak dijual bebas dipasaran untuk membantu anda.

    Semoga informasi ini bermanfaat :')


  • Newborn

    @rini_1202 terima kasih mom infonya.. Kena banget nih statementnya "Sebenarnya jika anak tidak mau makan, kesalahan bukan terdapat pada anak, namun terletak pada orang tuany" huhuhu


  • Newborn

    @ibu-athar iya mom sama2,, jd jgn pernah emosi atau marah sama anak klo dia gamau mkn harus pinter2 kita dan kreatif buat mknn biar sikecil doyan mkn trs


  • Newborn

    @rini_1202 setuju mom, aku juga kalo anak udh mulai gak mau makan makanan yg aku bikin gak aku paksa karena pasti itu tandanya gak enak wkwkw. Jadi buru buru ganti yg lain 😂


  • Newborn

    @ibu-athar iyaa dan itu pR kita bgt mom, mudah2an sih anak kita ga yg picky eater bgt ya mom


  • Newborn

    @rini_1202 aamiin mom.. Pusing banget deh pasti mom kalo anak picky eater. Tetanggaku sampe ganti ganti pengasuh seringggggg banget. Kebanyakan karna gak kuat ngadapin anaknya yg picky eater 😅


  • Newborn

    @ibu-athar waduhh..kalo kaya gtu kasian ke anaknya ya mom..tp ga bisa salahin anak jg knp pilih2 mknn


  • Newborn

    @rini_1202 iya mom jujur kasian banget ke anaknya, harus ganti org baru lagi.. Baru lagi.. Gimana mau nyaman kan. Buat makan juga kalo aku yg jadi anak nya pasti juga gak selera. Huhu


  • Newborn

    @ibu-athar iyaa si mom tp apa daya ya mom


Log in to reply
 

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.