Anak-anak mudah sakit? Mungkin karena ini!


  • Ibu-ibu, cuaca sekarang ini gak menentu, ya? Kadang-kadang panas dari pagi sampai sore. Kadang-kadang juga hujan seharian dari pagi. Udah gitu, anginnya kenceng-kenceng pula. Gak heran deh kalau anak-anak kita jadinya gampang sakit. Dari yang cuma pilek, batuk-batuk, demam, hingga flu serius. Kasian jadinya. Dan ini akhirnya berdampak pada anak yang gak masuk sekolah.

    Ngomong-ngomong soal anak yang gampang sakit, cuaca memang cukup berperan. Tapi gak cuma itu aja sebenernya. Daya tahan tubuh anak justru yang paling menentukan. Sebab kalau daya tahan tubuh anak bagus, mau sejelek apa pun cuaca, anak pasti tetap sehat.

    Dalam upaya membuat anak tetap sehat dan daya tahan tubuhnya kuat, apa sih yang biasanya ibu-ibu lakukan? Ngasih makanan bergizi? Ngasih multivitamin tambahan? Ngasih susu? Pasti ya. Karena makanan sehat bergizi seimbang sangat mendukung terbentuknya daya tahan tubuh yang kuat.

    Tapi ada yang sering luput dari perhatian kita. DHA! Ya, zat yang satu ini ternyata berperan besar di dalam daya tahan tubuh anak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan guru besar IPB, yang tertulis di British Journal of Nutrition 2016 yang berjudul 'Intake of essential fatty acids in Indonesia children: secondary analysis of data from a nationally representative survey', bahkan disebutkan bahwa anak Indonesia kekurangan DHA. Selain menjadi gampang sakit, mereka juga terancam mengalami penurunan prestasi di sekolahnya.

    Anak-anak kita sering sakit? Jangan dulu nyalahin cuaca. Mungkin saja mereka kekurangan DHA. So, mulai dari sekarang, yuk kita perhatikan asupan DHA-nya. Jangan sampai ya anak-anak yang kita cintai, yang kita harafkan bisa sukses di masa depan, malah sakit-sakitan dan terancam mengalami penurunan prestasi di sekolahnya.

    #DaruratDHA


  • @niaharyanto kapan hari pernah baca quote ttg sakit flu. "Jangan sebut lagi musim, flu bukan musim. Flu adalah kegagalan tubuh beradaptasi dg berkurangnya sinar matahari dan berbagai faktor lainnya." Jadi mikir gini, jangan2 daya adaptasi kita melemah ya krn kurang asupan tertentu ya. Dan emang sih #DaruratDHA ini bikin Kita kudu Makin waspada.


  • Saking pengin memahami soal DHA ini, saya sampai download Jurnal British hasil penelitian Profesor Ahmad DKK ini


  • Newborn

    DHA itu emg sumber nutrisi terpenting buat tumbuh kembang anak ya


Login untuk membalas
 

Koneksi kamu ke Forum terputus, mohon tunggu.