Anak-anak mudah sakit? Mungkin karena ini!


  • Ibu-ibu, cuaca sekarang ini gak menentu, ya? Kadang-kadang panas dari pagi sampai sore. Kadang-kadang juga hujan seharian dari pagi. Udah gitu, anginnya kenceng-kenceng pula. Gak heran deh kalau anak-anak kita jadinya gampang sakit. Dari yang cuma pilek, batuk-batuk, demam, hingga flu serius. Kasian jadinya. Dan ini akhirnya berdampak pada anak yang gak masuk sekolah.

    Ngomong-ngomong soal anak yang gampang sakit, cuaca memang cukup berperan. Tapi gak cuma itu aja sebenernya. Daya tahan tubuh anak justru yang paling menentukan. Sebab kalau daya tahan tubuh anak bagus, mau sejelek apa pun cuaca, anak pasti tetap sehat.

    Dalam upaya membuat anak tetap sehat dan daya tahan tubuhnya kuat, apa sih yang biasanya ibu-ibu lakukan? Ngasih makanan bergizi? Ngasih multivitamin tambahan? Ngasih susu? Pasti ya. Karena makanan sehat bergizi seimbang sangat mendukung terbentuknya daya tahan tubuh yang kuat.

    Tapi ada yang sering luput dari perhatian kita. DHA! Ya, zat yang satu ini ternyata berperan besar di dalam daya tahan tubuh anak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan guru besar IPB, yang tertulis di British Journal of Nutrition 2016 yang berjudul 'Intake of essential fatty acids in Indonesia children: secondary analysis of data from a nationally representative survey', bahkan disebutkan bahwa anak Indonesia kekurangan DHA. Selain menjadi gampang sakit, mereka juga terancam mengalami penurunan prestasi di sekolahnya.

    Anak-anak kita sering sakit? Jangan dulu nyalahin cuaca. Mungkin saja mereka kekurangan DHA. So, mulai dari sekarang, yuk kita perhatikan asupan DHA-nya. Jangan sampai ya anak-anak yang kita cintai, yang kita harafkan bisa sukses di masa depan, malah sakit-sakitan dan terancam mengalami penurunan prestasi di sekolahnya.

    #DaruratDHA


  • @niaharyanto kapan hari pernah baca quote ttg sakit flu. "Jangan sebut lagi musim, flu bukan musim. Flu adalah kegagalan tubuh beradaptasi dg berkurangnya sinar matahari dan berbagai faktor lainnya." Jadi mikir gini, jangan2 daya adaptasi kita melemah ya krn kurang asupan tertentu ya. Dan emang sih #DaruratDHA ini bikin Kita kudu Makin waspada.


  • Saking pengin memahami soal DHA ini, saya sampai download Jurnal British hasil penelitian Profesor Ahmad DKK ini


  • Newborn

    DHA itu emg sumber nutrisi terpenting buat tumbuh kembang anak ya


  • Masukan apapun tentang kesehatan anak membantu banget ya mba buat meningkatkan kecerdasan dan daya tahan anak, apalagi cuaca lagi bersahabat, gizi mereka harus lebih ditingkatkan


  • Yuk mulai sekarang penuhi kebutuhan DHA anak-anak kita, agar otak mereka berkembang dengan baik, sehingga mereka tumbuh kembang secara optimal dan memiliki daya tangkap yang baik dalam belajar.


  • Cuacanya bikin gampang sakit ya apalagi buat anak.Sekarang aku lebih memperhatikan asupan DHA dan Omega 3 di setiap menu yg aku siapkan sehari hari, agar tumbuh kembangnya maksimal


  • @widyanti bnr bgt mom biasanya cuaca yg suka d salahin..padahal bkn krn cuaca ya, krn nutrisi yg hrsnya kita perhatiin buat si kecil..


  • @niaharyanto memang fungsi DHA iti untuk pertumbuhan sel-sel otak, termasuk bagian otak untuk mengendalikan sistem imunologi tubuh. Dan sistem imunologi ini yang bekerja mencegah anak dari penyakit.


  • Wah saya baru tahu nih kalau ternyata penyebab anak gampang sakit itu bisa jadi karena kurang DHA. Kalau nutrisinya cukup, tubuhnya pasti sehat ya dan sistem imunnya bagus untuk menghalau virus penyakit. Berarti saya harus lebih memperhatikan asupan nutrisi untuk anak nih.


  • Cuaca ekstrim begini memang membuat ibu cenat-cenut ya kalau anak sakit. Ternyata kekebalan tubuh yang menurun karena kurangnya asupan DHA mengakibatkan kesehatan anak gampang drop ya. Jadi kasihan lihat anak-anak mudah-mudahan DHA dapat terpenuhi melalui minum susu dan mengkonsumsi ikan-ikanan ya.


  • @tikasamosir07 iya mom.. anakku juga lagi sakit mom... mmg asupanya lgi ga kaya biasanya, yg biasanya makan bisa 3kli ini jd sekali atau dua kli,sayur lagi gmw bgt, mw nya kering2an mknya


  • @niaharyanto sepakat. Jangan selalu menyalahkan musim jika kita atau anak-anak sakit. Pasti itu karena daya tahan tubuhnya lemah. Untuk anak-anak, makanan yang mengandung DHA dan Omega 3 bisa menjaga daya tahan tubuh mereka agar senantiasa fit di setiap kondisi.


  • @niaharyanto kita harus lebih kroscek lagi yah mba, ternyata bukan faktor cuaca yang gak bisa di prediksi

    Bisa jadi dari nutrisi yang kurang untuk data tahan tubuh anak yah mba


  • Bener mba, daya tahan tubuh anak emang hal yang perlu kita perhatikan sebagai emak.
    Itulah kenapa kita mesti belajar dan mengerti bagaimana memenuhi asupan nutrisi agar mereka tumbuh sehat dan kuat juga dapat beradaptasi di manapun.


  • @ungatawwa iya bnr ya mom.. hrs mentingin bgt nurtisi untuk anak2 ya, mumpung msh kecil msh tumbuh dan berkembang ya mom, apalagi buat kecerdasaan otak ya..


  • iya nih mb musim pancaroba gini emang bikin anak sakit. Saya sendiri sedia susu, dan multivitamin agar anak anak tetap sehat.


  • Iya yaaa... ternyata DHA selain untuk nutrisi otak juga sangat mendukung ketahanan daya tubuh anak. Makin giat deh nih saya buat memerhatikan asupan DHA anak2.


  • Nah menjaga daya tahan tubuh anak ini termasuk susah-susah gampang yaa, apalagi kalau anaknya picky eater. Harus usaha extra atur menunya biar tercukupi nutrisinya termasuk DHA juga


  • Karena dapat informasi mengenai hal ini, aku jadi mencari tahu lebih tentang DHA ini Mba, ternyata dampaknya cukup besar ya buat pertumbuhan dan perkembangan anak2 ya Mba.


Log in to reply
 

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.