Pro Kontra Bayi Dibedong, Ternyata Banyak Manfaatnya


  • Sering banget kita dengar pro kontra bayi dibedong. Memang sih membedong bayi sudah jadi tradisi turun temurun. Tapi ada juga ternyata yang tidak melakukan hal ini.

    Kalau menurut artikel Orami mengenai bayi dibedong, sebenarnya nggak apa-apa sih asal Moms memerhatikan syaratnya yaitu

    • Hindari membedong bayi terlalu ketat

    • Hindari jangan sampai bayi yang dibedong terguling atau tidur dalam posisi telungkup

    Dan ternyata sebenarnya membedong bayi punya manfaat, lho seperti:

    • Tidur lebih nyenyak

    • Risiko SIDS berkurang

    • Bayi tidur lebih lama

    • Membuat bayi tenang

    • Mengembangkan keterampilan motorik

    Kalau Moms sendiri gimana? Apakah membedong bayi Moms? Share dong pengalaman membedong bayi Moms.


  • Newborn

    Hallo Moms. Kalau aku pribadi sih membedong anakku hanya sampai 40 hari atau maksimal 2 bulan, karena anakku sudah nggak betah dibedong, baru 2 minggu aja, tangannya udah ke mana-mana. Hehhehe.

    Menurutku sih membedong anak asal nggak terlalu ketat dan keras bisa menghangatkan tubuhnya, biar si bayi masih ngerasain dipeluk ibunya atau seperti ada di dalam rahim, jadi dia juga nyaman dan tenang.

    Tapi balik lagi ke anaknya sih, aku nggak mau maksa kalau ada tanda-tandanya si kecil udah nggak betah pakai bedong. Alhasil bedongnya sekarang berubah fungsi jadi selimut.


  • @diradingdong Aku juga ngebedong anakku dari newborn sampai 2 bln. Efeknya bikin tidur dia lebih nyenyak san menghangatkan serasa masih dalam perut ibunya.. Tapi betul yang harus diperhatikan juga suhu ruangan jangan terlalu panas saat dibedong. Setelah anakku 2bln mereka udah ga betah tuh dibedong lg, posisi tidurnya mulai suka tengkurep jadi bedongannya dijadiin selimut aja deh..hehe


  • @candella-sardjito
    Wah sama mom candella. Anakku juga maunya dibedong sampai 40 hari saja, karena sudah berontak terus hahaha mungkin ngga betah kali yaa, kata mamaku anak zaman sekarang beda banget cepet gedenya. Yang pernah ku baca sebenarnya untuk membedong ngga masalah hanya saja jangan terlalu kencang dan posisi kaki bayi jangan terlalu lurus kaku.


  • @femfemyfemoy kalau saya, bedong anakku hanya sampai usia 2 mingguan aja mom. Soalnya waktu itu, pas jdwal kontrol ke DSA pake bedong & langsung di suruh lepas gak dibolehin lagi pake. Tapi emang sih waktu dibuka, anakku langsung ngulet2 stretching gitu seperti bebas πŸ˜‚


  • @iamarhena
    Iya memang mom ada beberapa dsa yang tidak memperbolehkan bedong. Kebetulan dsa ku membolehkan asal jangan terlalu kencang dan kaki bayi jangan terlalu lurus kaku jadi ttp masih bisa ngulet di dalam bedong heheheh aku waktu di rumah sakit diajarkan juga buat ngebedong yang baik untuk bayi sih hehehe


  • @femfemyfemoy iya ya mom tiap dsa memang beda-beda. Saya juga abis melahirkan di RS bayinya langsung dibedong, eh pas balik kontrol rutin malah disuruh lepas karena katanya udah cukup 2 minggu aja dibedongnya. Hahaa saya dulu waktu bedong anakku justru pengennya yang kencang mom, abisnya kalau tidak kencang suka bubar bedongnya karena anaknya gak bisa diem.


  • Dua anakku dibedong "asal syarat" aja, alias cuma bungkus nutupin kaki. Itupun enggak lama-lama, soalnya maklum bodinya gembul, suka gerah kalau diselimutin begitu hehehe.

    Membedong sih biasanya aku lakukan sehabis mandi, sambil lanjut nyusuin. Mungkin sekadar menghangatkan aja, ya.

    Selimut bedong akhirnya banyak enggak terpakai, malah ada yang aku kasihin aja, soalnya jumlahnya terlalu banyak dan jadi mubazir.


  • @diradingdong haii mom . . . kalau dulu sih anaku aku bedong mom , tapi hanya dimalam hari aja atau ketika suhu sangat dingin karena kebetulan baby ku lahir dipelosok perkampungan dan dimusim hujan pula,, pas balik ke kota, yang notaben panas, gak dibedong lagi... menurutku sih sah sah aja dibedong asal gak terlalu kuat dan gak terlalu sering sampai 24 jam harus dibedong terus.


  • Kalo dari pengalaman aku, deng dibedong bayi akan tidur lebih nyenyak dan gak kagetan emang bener @diradingdong tapi bayiku umur 8 hari udah gak mau lagi dibedong. Apalagi kalo tangannya ikut di masukin dalam bedong. Duh, bakalan nangis kuat itu. Jadi kalopun dibedong, cuma aku lilit doang dan tangannya juga aku keluarin dari bedong trus aku pakein sarung tangan. Karena kadang ada aja bekas cakarannya di muka. Trus kalo dibedong tu gendongnya juga jadi lebih nyaman. Tapi berhubung bayinya gak mau, aky ikutin aja maunya asal dia nyaman.


  • Mom @iamarhena aku bedong anakku secara full cuma sampe umur 8 hari. Abis itu cuma dililit doang di badannya. Pas umur 10 hari, dia miring sendiri ke kanan. Udah aku ganjel, masih miring aja terus. Bahkan makin hari makin lihai miringnya. Aku sendiri was was pas waktu itu. Secara masih bayi merah udah miring sendiri. Trus umur 3 bulan, dia udah bisa duduk tegak sendiri tanpa dibantu. Umur 6 bulan udah rambatan. Ngerambat di dinding dan jalan pake kursi plastik yang kayak mamang bakso. Duh saking aku was wasnya takut tulangnya kenapa-kenapa, sampe aku ajak ke dokter anak dan ortopedi mom. Alhamdulillaah gak papa. Kata dokter, tiap anak memang tumbuh kembangnya beda-beda. Sekarang anakku udah umur 7 tahun dan payudaranya udah mulai mom jadi udah aku pakein miniset. Haha. Mana badannya bongsor banget. Duuh koq cepet banget gede ya anakku. Rasanya belum puas aku peluk-peluk😒


  • Halo mom @agroinovasiindonesia salam kenal ya. Wow pinter banget anaknya mom. Anakku sih mulai tegak kepalanya pas usia 3 bulan, nah usia 4 bulan itu dia udah belajar duduk & berdiri. Alhamdulillah sekarang udah bisa duduk meski kadang suka oleng. Iya bener banget, gak berasa ya anak-anak makin gede makin gak mau dipeluk-peluk manja lagi huhuuu. Makanya saya sekarang puas-puasin gendong anak, meski di nyinyirin orang dengan kata-kata, β€œtar anaknya bau tangan loh!.”. Biarin aja


  • Salam kenal juga mom @iamarhena . Iya mom, seemenjak jadi emak2, kadang kita memang harus tutup kuping dengan komentar orang-orang sekitar. Menurut ku ya wajarlah kalo kita sering gendong anak kita. Terlebih kalo baru anak pertama. Nangis dikit, pasti udah langsung pengen gendong. Gak kerasa tau2 udah gede aja. Boro2 mau peluk2 manja dia, kadang kalo kita cium aja dia suka ngehindarπŸ˜‘ karena sibuk dengan aktivitasnya. Padahal kayanya ngerasa baruuu beberapa bulan lalu si kecil lahir, eh tau2 sekarang udah mau gadis ya Mom


  • Bener banget mom @agroinovasiindonesia kalau mau di dengerin semua omongan orang, bisa-bisa stress sendiri ya. Enggak apa-apa mom, memang waktunya seperti itu. Sekarang dia sedang asik-asiknya menikmati waktu dengan teman-temannya. Nanti juga ada saatnya dia butuh pelukan ibunya. Anak saya saja gak berasa udah usia 6 bulan lebih, padahal sepertinya baru kemarin ke RS teriak-teriak kesakitan mau melahirkan hahaha.


  • hai mbak @diradingdong iyaa aku termasuk ibu yang pro bayi dibedong. Selain karena nasihat-nasihat sesepuh juga, dan aku mikirnya oh iya benar juga sepertinya dengan dibedong itu memberikan kehangatan dan kenyamanan ya ketika bayi tidur.

    Kadang juga bayiku gak full seluruh badan kok dibedongnya, kadang cukup kaki sampai dada saja, atau cukup bedong satu tangan saja agar tangan yang satunya bebas. Pokoknya senyaman bayi saja.


  • Halo mom, anak saya juga dulu saya bedong waktu bayi tapi tidak bertahan lama karena anaknya tidak bisa diam, jadi tuh bedong lepas terus dari badannya. Manfaatnya sih anak jadi merasa nyaman yaa karena rasanya seperti dipeluk dan memudahkan saya untuk menyusui. Kalau tidak pakai bedong, agak susah disusui karena gerak-gerak terus dan jadi kurang mantep saja saya pegangnya hehehe.


  • @diradingdong hai bundaaa. Aku pribadi ngebedong anakku pas masih bayi, karena kalau kata orang tua bagus untuk kaki-nya tapi itu menurut orang tua, aku sendiri belum tau apa efeknya bener begitu.
    Anakku kebetulan dibedong tp cuma sampai 40 hari aja, karena setelah itu badannya jadi gemuk banget dan gak muat bedongnya.
    Apalagi sekarang udah banyak bedong praktis ya bun, jadi ga usah ribet ngelilit2in lagi hehehe


  • Newborn

    Halo mom @diradingdong ,
    Menurutku semakin berkembang zaman, semakin berkembang ilmu pengetahuan baru termasuk mengenai dunia perbedongan πŸ˜„
    DSA ku bilang anak bayi sekarang sudah tidak bisa dibedong lama-lama karena gerak bayi sekarang lebih aktif sehingga dibedongnya dapat mempengaruhi gerak bayi mending tidka usah di bedong.
    DSA ku menganjurkan membedong bayi hanya sampai 1 bulan paling lama.

    MUngkin bayi zaman sekarang dan bayi zaman dulu beda banget yaa mom. Sekarang bayi-bayi sudah lebih aktif geraknya saat Newborn (NB) ketimbang bayi (NB) zaman dulu. :")


  • owalah ada manfaatnya toh. kirain memang sebagai rutinitas saja. terima kasih bunda @Diradinda sangat bermanfaat


  • @diradingdong waktu baru lahir, anakku juga dibedong sampai sekitar usia seminggu. Kalau bedongnya longgar sedikit dia nangis jerit. Pas dikencengin lagi dia bobo pules lagi.
    Tapi lewat seminggu usianya dia udah gak mau lagi dibedong. Udah mulai gak nyaman kali ya gerak-geraknya hehehe.


Log in to reply
 

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.