Perbedaan Kondisi Hamil Anak Perempuan dan Laki-laki


  • Banned

    Bagi kamu yang baru melangsungkan indahnya momen pernikahan, pasti saat ini sedang menunggu momen kelahiran si buah hati, dong.

    Moms, tapi tahu nggak, kalau ada perbedaan kondisi kehamilan antara sedang mengandung bayi perempuan dan laki-laki? Mau tahu bedanya?

    1. Ukuran dan bentuk tonjolan pada perut

    Moms bia cek ukuran perut saat sedang mengandung. Kalau ukuran perut tidak terlalu besar, bisa jadi moms sedang mengandung anak perempuan, lho.

    Terus, bagaimana mencirikan sedang mengandung anak laki-laki? Nah, perut dengan kondisi yang menonjol ke bagian bawah bisa jadi tanda sedang mengandung anak laki-laki, tuh.

    1. Sering mual dan sakit kepala

    Selain menjadi ciri ciri hamil muda, gejala yang lebih dikenal dengan istilah morning sickness ini juga bisa menjadi tanda kalau moms sedang mengandung anak perempuan, lho.

    Bukannya tanpa alasan, sejumlah peneliti menemukan bumil akan memproduksi lebih banyak hCG yang membuat sering merasa mual jika sedang mengandung janin perempuan dibandingkan dengan janin laki-laki.

    1. Kondisi tekanan darah

    Moms tahu nggak, sejumlah peneliti menyebutkan kalau perbedaan hamil anak perempuan dan laki-laki bisa dilihat dari kondisi tekanan darah moms, lho.

    Kalau moms mengalami tekanan darah yang lebih rendah, bisa jadi itu bisa jadi tanda awal kehamilan anak perempuan, lho.

    Selain itu, kalau moms lebih sering ngidam makanan manis dibandingan dengan makanan asin, bersiap untuk menyambut putri baru dalam keluarga, ya!

    Nah, itu dia beberapa perbedaan gejala kehamilan antara anak perempuan dan laki-laki yang bisa moms rasakan. Tapi, kalau mau lebih pasti, moms juga bisa cek USG ketika usia kehamilan menginjak bulan ke-3, lho!


  • Karena aku belum pernah hamil bayi laki-laki jadi aku gak tau perbandingannya. Tapi aku benar mengalami mual dan muntah yang cukup parah saat kehamilan bayi perempuan. Iya katanya karena hormon hcg yg diproduksi lebih tinggi ya saat hamil anak perempuan dibanding saat hamil anak laki-laki. Saking parahnya kondisi mual dan muntahku, aku jd sedikit khawatir nih untuk hamil lagi hehehehe.


  • Kalau perbedaan saat hamil perempuan dan bayi yang aku tau konon katanya dari tingkah laku ibunya dan bentuk perut. Hamil anak laki-laki perut akan terlihat mancung dan bila hamil perempuan perutnya akan terlihat bulat. Itu yang aku tau karena saat aku hamil anak laki-laki perut memang mancung tidak seperti kakak ipar yang hamil perempuan perutnya terlihat bulat. Dan tingkah laku ibunya juga bisa dilihat kalau anak laki, ibunya akan merasa malas,kucel,kumel (itu yang aku rasakan) dan kalau anaknya perempuan ibunya akan terlihat rajin suka berdandan


  • @viladev
    Wah betul banget nih mom. Saya waktu hamil juga kelihatan kucel dan kumel, aneh banget padahal tetap merawat diri tapi menurut orang-orang itu wajar karena hamil anak laki-laki. Lebih anehnya lagi saya waktu hamil ada bercak-bercak hitam disekitar leher kayak belom mandi heheehe padahal tiap mandi aku gosokin ngga ilang juga. Setelah lahiran masa langsung ilang entah kemana tuh bercaknya.


  • @femfemyfemoy wah sama denganku ya mom. Memang kalau hamil anak laki-laki itu ibunya pasti seperti tidak terawat alias asal-asalan. Bercak hitam kalau aku ada diarea kaki dan sekitar aerola payudara jadi lebih menghitam banget warnanya. Sampai suami bilang "gak keurus banget saat hamil begini" bawaan bayi mungkin ya mom. Iyaa setelah melahirkan ajaib bisa hilang dengan sendirinya. Tapi untuk stretch mark sampai sekarang susah hilangnya 😢


  • @viladev
    Kalau aku malah sering ngeluh sama suami “aduh kok aku jadi jelek yaa” dan suami terus kasih semangat biar gak down hahahaha. Iya betul aerola juga terlihat sangaaaat hitam. Tapi setelah melahirkan balik lagi yaa warnanya. Aku sampai pernah naik taksi online, baru masuk drivernya langsung ngomong “ibu hamil anak laki yaa” karena katanya aku terlalu laki banget penampilannya huhuhuhh


  • Tetiba flashback 2 tahun lalu inget2 lagi dulu gw kucel gak ya..? Haha iyaa jg sih kulit jd kusam selama hamil trus bagian leher hitam semua bagian wajah bengkak. Tapi ada yang bilang kalo hamil anak cowok males dandan kan ya, nah aku denial karena tau kucel tetep centil kalo pergi harus mekup on haha.. Nah tapi ada nih sepupuku yg hamilnya kebo gtu gak ngerasain mual dan lainnya itu kira2 jenis kelamin anaknya apa yaa?


  • Newborn

    @viladev @MamaCheri @debieocto @femfemyfemoy moms kalau aku hamil anak laki-laki ku ini banyak yan bilang wajahnya cerah hahaha, seneng banget deh, dan memang aku merasa wajahnya jadi super bersih, dan cerah (pede banget ini), taoi memang kalau bentuk perut mancung, dan beberapa area seperti ketiak, leher, dan di paha itu menghitam, tapi ini setelah 40 hari lahiran hilang. Dan untungnya mualnya itu masih taraf wajar.

    kakak iparku bilang begitu, kalau hamil cewek malah jadi jerawatan hidung megar, mual muntah yang parah.


  • @maysafitri aku sih baru ngalamin hamil anak perempuan ya..

    Dulu morning sickness ga begitu sering dan ga parah.. jadi belum kebayang nih kelaminnya apa.
    Terus tekanan darah juga sering rendah, suka pusing2, tapi ini memang aku biasa alamin dari sebelum hamil sih.. dan ga tau kalau dari tekanan darah bisa prediksi jenis kelamin.
    Lalu yang paling yakin saat masuk TM akhir.. duuh, rasanya ga PD keluar rumah kalau ga dandan, wajib banget yang namanya pakai eyeliner! Biar ga make lipstik yang penting riasan mata ciamik hahaa. Dari sini udah banyak yang nebak deh kalau anakku bakal cewe, selain perutku juga ga terlalu besar kondisinya hehee


  • @intan89 waah ini sih mungkin memang pengaruh aura bumilnya yang udah cantik nan kinclong yaaa 😍 Enak ya Mom, kalau hamil muka kita ga kusam dan keliatan bersinar, jadi bawaannya lebih PD aja gitu, ga minderan..

    Ohya? Aku dulu hamil anak cewe, ga begitu parah sih kulitnya syukurnya.. paling sedikit kusam aja, karena sama sekali ga perawatan dan ga pakai skincare.. makanya kalo aku ditutup dengan riasan eyeliner ala cat eye biar keliatan segerrr dan ga kusam! 😂


  • @intan89 wah mungkin mom emang udah cantik dari sananya kali ya hehehehe. Hamil gak hamil ya cerah. Aku pas hamil anak perempuanku jg ngerasa kulit wajah less oily, bersih ga ada jerawat, rambut lebih tebal. Pas melahirkan rambut rontok banyak, minyak wajah balik seperti semula hahahahhaa. Masa harus hamil terus biar wajahnya gak berminyak hahaha


  • Newborn

    @ratihkf hahahhaa ini sih pede bener moms *maapphhh iyaa aku waktu hamil 1-5 bulan muka ga pake apa” karena ga berani, facial washnya mungkin bagus dan cocok jadi wajah juga bersih.

    pas 5 ke atas udah mulai ganjen nih bawaan orok *alibi, hahaha mulai deh cari skincare yang aman, dan kalau keluar rumah maunya dandan hihiihi centil emang.

    bener ya moms yang penting riasan mata ON hehhee aku juga mata dan haliissssssss tsaahhh


  • Newborn

    Waah, malah, waktu aku hamil anak perempuanku, yang merupakan anak kedua, aku jarang mual dan pusing. Cuma emang jadi ga suka aja sama aroma daun bawang di sayur sop atau sayur bening gitu. Cuma, satu hal yang kerasa itu, waktu hamil anak laki-laki, mukaku jerawatannya parah, mana bruntusan pula. Jelek banget deh. Pas hamil anak perempuan, aku rajin banget mandi, ga betah lengket dikit, dan harus selalu wangi. Oiya, bawaannya pas hamil anak laki-laki, aku senengnya nontonin seleb cowo, kalau pas hamil anak perempuan, kebalikannya, senengnya liatin seleb perempuan gituu.

    Ternyata kaya gitu juga pengaruh hormon ya?


  • Newborn

    @mamacheri iyaah sama moms aku juga kayanya pas hamil kondisi wajah malah membaik, masa kita harus hamil terus ya ahahahha

    nahh kayanya problema ibu menyusui rontok rambutnya banyak ya mom, aku sekarang tiap sisiran kayanya segenggam berlian *eh rambuuttt semuaaa ituu yang rontok setangan.

    sedih liatnyaa tapi juga ga botak-botak ini kepala hahahaha tetep tebel pake apa yaa biar ga rontok?


  • @intan89 Duh enak banget ya klo hamil bisa kinclong gitu. Akupun mauu... Tapi iya nih masalah rambut rontok kayaknya gak kelar-kelar deh. Aku pikir ini masalah hormonal pasca melahirkan tapi sampe anakku usia 2thn rontoknya masih banyak juga. Baru sebulan ini rajin lagi pakai hair tonic merk NR belum terlihat sih hasilnya. Sama pengen coba konsultasi ke dokter karena takut kebotakan dini kalo gini terus. Buibuk kalo ada rekomendasi dokter untuk masalah kulit rambut boleh dibisikin ya..


  • Newborn

    @debieocto yaa nih moms g tau bawaannya kemarin hamil begitu deh hahaha seneng bangett, udah gitu kan lebih gemuk yaaa jadi seketika keliatan fresh seger ketimbang biasanya (kekurusan), semiga nanti kita hamil selanjutnya bisa keliatan kinclong yaaa moms hehehe

    oh pake NR lumayan ngaruh yaa? aku baru pake yang mustika ratu penyubur rambut ituu, belum tau sih ngaruh apa gak karna ga pakai tiap hari, tapi bagian depan (poni) anak rambutnya jadi banyak hihihii

    kalau dokter katanya di dr wong bisa ya? tapi yaaaahh muahiill hihi


  • @debieocto @Intan89 aduhh masalah rambut rontok sih itu masalah akuu bangeet! Masa-masa rambut tidak rontok itu cuma saat hamil aja. Aku pernah tuh pakai hair loss serum rudy hadisuwar** bener ampuh untuk menyuburkan rambut. Banyak anak rambut yang tumbuh. Tapi gak 100% mengatasi kerontokan. Tapi banyak berkuranglah rontoknya. Untung ditanya masalah ini aku jadi inget lagi dan mau beli lagi deh.

    Kalau dokter mungkin bisa coba ke erha? Kalau gak mau konsultasi, bisa kok beli di counternya sampo, conditioner untuk rambut rontok. Gosip-gosip sih bagus. Disana ada treatment redlight therapy jg klo gak salah untuk masalah rontok dan kebotakan.


  • Newborn

    @mamacheri eh iyaaa lupa tadi bilang, anak rambut pada tumbuh tapi rontok masih ajeeeee, huhuhuu intinta si rontok gak ilang, sama aja banyak rontoknya.

    nah kan jadi keinget lagi ya moms hahahaha problema banget ini kayanya, noted, hair loss serumnya oke yaa, jadiin wishlist dulu deh.

    oiyaa lalu yang erha bisa beli di apotek erhanya ya tanpa konsul, good idea, next mau coba ke erhanya untuk liat-liat samponya. Kisaran harganya berapa ya moms tau ga?

    kalau treatment redlight itu mungkin tetep harus lewat konsul dokter kan ya?


  • @intan89 yup betul mom bisa beli langsung di apoteknya. Banyak juga kan di mall ya erha apothecary. Kalau harga tertera di webnya mom. Bisa sekalian lihat-lihat dulu dan pilih-pilih.

    Iya kalau untuk treatment redlight harus konsul dokter dulu. Kalau biaya konsul itu aku di erha depok 175rb per kunjungan. Biasanya beda cabang beda harga. Tp sekitar segitu lah mom.


  • @maysafitri hai mom, sebelumnya salam kenal yaa...
    wah nice info banget nih mom. yang no 1 bener banget mom, anak pertama saya laki-laki dan waktu hamil perut memang nonjol-nonjol gitu,, saya pikir ini hanya mitos belaka hehehe. . .
    mom untuk no 2 ini, rasa mual dan pusing dirasakan di awal-awal kehamilan saja kah atau seterusnya, selama hamil?


Log in to reply
 

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.