Untuk bayi 1 tahun lebih baik UHT atau susu formula ya?


  • Newborn

    Moms, anak saya sekarang sudah menginjak 1 tahun, mengenai susunya, rasanya saya memerlukan susu tambahan untuk urgent, semisal saya belum sempat pumping, atau saya pergi tanpa membawa bayi, kira-kira lebih baik UHT atau susu formula ya?


  • @intan89 Hi, Mom! Kalau untuk susu tambahan perdana, aku milih susu pasteurisasi atau UHT tanpa gula buat anak. Susu pasteurisasi yang fresh milk pilihnya, emang sih minusnya harus segera diminum atau simpan kulkas, Kalau untuk traveling, susu UHT plain lebih praktis buat dibawa. Tapi kalau masih bisa disusuin ASI, mending susuin aja Mom. UHT pun aku masih batasi untuk anak enggak lebih dari 500 ml sehari.


  • Hi mom intan, salam kenal mom @intan89 . Kalo anakku, karena sempat alergi sama susu sapi, jadi aku kasih susu UHT yang kedelai. Tapi sesekali aku kasih juga susu kedelai plain buatan UKM deket rumah. Aku sengaja gak kasih sufor ke analku kalo gak yang darurat banget. Karena beberapa produsen sufor itu memiliki rasa produk yang terlalu manis. Jadi walaupun diiming-imingi dengan tambahan vitamin bla bla, omega bla bla, kalsium, mineral dan lain2, aku ngerasanya komposisi dari berbagai mineral tersebut masih belum mencukupi kebutuhan gizi anak. Karena itu aku lebih pressure di makanan dan cemilannya. Aku rela ribet eksperimen buat MPASI yang bervariasi dan bergizi, supaya si kecil lahap makan dan dapet gizi yang cukup. Karena kebetulan anakku masih ASI sampe umur 2 tahun lebih. Hihi. Udah coba berbagai cara menyapih, ternyata masih betah aja nenen. Jadi minum susu UHT pun hanya selingan.


  • @intan89 hai mom anakku meminum susu tambahan setelah 1 tahun keatas pertama aku kasi susu formula tapi anakku gak suka dan beralih ke susu UHT sampai sekarang. Susu UHTnya disarankan yang plain ya bun untuk menghindari rusaknya gigi akibat rasa manis yang terkandung dalam susunya. Aku sih lebih menyarankan ke susu UHT disampin lebih murah dan gak ribet untuk dibawa-bawa (praktis) jadi gak perlu di seduh-seduh hehe


  • @intan89
    Hi mom, dari yang pernah aku dapat di beberapa forum ibu-ibu, mostly memberikan anaknya susu UHT / fresh milk di satu tahun pertamanya. Kalau aku kebetulan anak sudah campur susu formula dari umur 4 bulan, tetapi ketika 1 tahun aku sudah berikan UHT juga. Bagusnya yang plain yaa tapi anakku sukanya yang coklat. Jadi setelah minum UHT dianjurkan minum air putih yang cukup banyak agak gigi tidak karies.


  • @intan89 halo mom.. kebetulan anakku gak konsumsi susu formula sampai usianya kira-kira 2 tahun lebih. Jadi sejak 1 tahun aku coba kenalin dengan UHT atau pasteurisasi. Ternyata anakku gak bisa langsung doyan dengan susu sapi. Cukup lama loh baru dia mau minum susu UHT atau pasteurisasi.

    Kalau kondisi urgent harus menitipkan anak memang paling gampang ya UHT sih mom, biar yg dititipkan juga gak salah-salah meracik susu formulanya. Tapi menghindari resiko kaya anakku yang gak langsung mau susu sapi, coba aja diperkenalkan dulu sedikit-sedikit dari sekarang.


  • @intan89 Anakku minum UHT juga di usia 1 thn mom. Karena dia full ASI jadi tidak terlalu doyan minum susu UHT ini. Sehari paling 1 kotak yang ukuran 125ml. Itupun minumnya dicicil gak langsung habis. Gak masalah si asal gak lebih dari 12 jam dan dimasukkan ke kulkas atas saran DSA ku. Benar untuk pemberian pertama kali sebaiknya rasa yg plain karena kalo sudah kenal rasa cokelat dan strawberry kandungan gulanya lebih tinggi bs merusak gigi.


  • Newborn

    @windareds oke moms noted susu UHT ya moms, iya nih pengennya asi aja hehe tapi kayanya agak sulit mengingat situasinya kadang saya ada perlu keluar sedangkan stok susu belum ada lagi aka sudah malas pumping hehe kebetulan sudah beli nih UHT plain tapi mau coba-coba nya belum berani, sebetulnya sudah mulai bisa dicoba ya moms dari sekarang?

    sekarang pasteurisasi juga ada kemasan yang 125ml ya mom? mestinya bisa langsung habis dan kalau tidak habis diminum masih bisa simpan kulkas ya moms?


  • @agroinovasiindonesia memang katanya agak susah yaa menyapih huhuhuu saya masih 1 tahun lagi nih mom perjuangan menyusuinya hehehe

    iyaaa kalau sufor lebih manis yaaa, mungkin UHT si anak jadi lebih gampang adaptasi dengan rasanya ya, ooh anak mom alergi susu sapi ya? bisa tahu dia alergi gimana caranya mom?

    iyaa kemarin tanya dsa juga dia bilang pokoknya porsi banyakin di makanan/cemilan ketimbang susu.


  • Newborn

    @debieocto @femfemyfemoy @MamaCheri @viladev iyaa yah katanya kalau UHT cokelat atau strawberry baiknya di atas 2 tahun yaa karena takut si anak sudah doyan dengan rasa itu.

    jadi disarankan plain ya moms?
    kalau dari merk nya bebas ya susu uht apa aja?

    baiklah moms makasih yaa saran-sarannya, deg-degan nih mau cobain UHT semoga anak ku mau yaaa, paling ga susu UHT ini diminum kalau saya pergi tanpa bawa dia, artinya cadangan aja tapi akan lebih dominan asi (selama masih ada)


  • @intan89 haii mom. . . sebetulnya aku belum ada pengalaman tentang susu tambahan karena anakku dulu full ASI dan aku juga bukan wanita karier. . . tapi pernah baca di sebuah majalah baby,,, lebih baik susu UHT yang tanpa gula . . . nutrisinya lebih bagus daripada susu bubuk yang sudah melalui proses pengeringan . . . dan tentu susu UHT lebih praktis kan, meskipun sekali buka harus langsung dihabiskan tapi kan banyak sekarang kemasan mini dipasaran...

    sekedar info juga, karena anaku alergi casein jadi sebagai pengganti susu aku kasih rice milk, kalo bahasa eyang-eyang "air tajin"...


  • Salam kenal Mom @intan89... wah sama banget nih, suka galau kalau anak pengen kita tinggal pergi-pergi ya, semacam me-time gitu hehee.

    Dulu aku pernah kasih UHT plain (full cream) mulai anakku umur 14 bulan-an. Karena dulu aku maish kerja dan stok asip ku udah kejar-kejaran, jadi aku nambah susu uht itu. Awalnya sih agak nolak tapi lama-lama mau alhamdulillah. Dan memang baiknya kalau mau kasih UHT untuk anak dibawah 2 tahun sih jangan yang ada rasa dulu biar ga ketagihan.

    Nah, baru menjelang anakku usia 2 tahun aku mulai kenalin UHT yang ada rasanya, itupun aku pilih rasa vanilla karena yang kandungan gulanya paling sedikit. Selain rasa vanilla kandungan gulanya terlalu banyak, dan rasanya juga terlalu manis menurutku.. Semoga membantu ya Mom 🙂


  • @debieocto duh sama banget nih Mom! Anakku juga loh, aku coba kasih mulai umur 14 bulan itu pun aku pertama kali kasih yang plain (full cream). Awalnya dia nolak gitu, tapi untungnya sih lama-lama mau. Sampai akhirnya menjelang usia 2 tahun aku mulai ganti UHT yang ada rasanya (vanilla), eeh kok ya tetep aja sehari tuh 1 kotak ga habis-habis minumnya di cicil gitu..

    Tapi kalau sekarang mah jangan ditanya, kita ga nawarin dia juga udah bisa ambil sendiri di lemari hahahaa. Btw, sekarang anaknya masih minum UHT Mom? Sehari berapa kali?


  • @intan89 Susu UHT plain-nya udah bisa dicoba kok Mom, beli kemasan kecil saja, ukuran 125 ml. Kalau pasteurisasi yang dijual di supermarket, paling kecil setahuku ukuran 200 ml. Misalnya pilih yang seperti ini, aku kasih 100-125 ml ke anak, sisanya aku yang habisin hehehe. Aku juga tipe yang mengharuskan susu yang sudah dibuka harus langsung habis diminum, bukan disimpan ke kulkas lagi, kecuali untuk kemasan besar. Apalagi kalau susu kecil yang udah telanjur kena air liur, walah wajib habis dalam waktu kurang dari 2 jam.

    Semoga si dedek icip-icip susu tambahannya sukses ya! Kalau di keluargamu gimana, Mom? Pada doyan minum susu enggak?


  • Newborn

    @windareds naahhh aku sudah beli 4 yang 125ml hahahhaa oke deh nanti aku coba ke dia, semoga langsung suka yaa, katanya anak asi agak susah dikasih susu pengganti yaaa

    oiyaa bener 200ml yang paling kecil aku liat, dan itu gak semua merk ada yaa, aku cuma liat greenf**lds aja, cmiiw
    berarti harus dituang/ dipisah dulu ya sebelum dikasih ke anak

    aamiin makasih ya moms, wah kalau susu sih di keluarga pada doyan, tapi aku sendiri minum susunya biasa aja gak yang harus tiap hari ada susu hehe


  • @intan89
    Iya bunda dianjurkan sih yang plain. Untuk merk nya bebas sih bunda. Kalau susu UHT si anak ngga doyan lebih gampang bunda habiskannya hehe kalau sufor anak ngga doyan mau ngga mau dibuang kan bun.

    Saya juga waktu kasih sufor dan UHT hanya pengganti asi saja kalau lagi pergi bun. Yang diutamakan tetap asi.

    Selamat mencoba yaa bunda.


  • @ratihkf Hai mom Ratih! Sama juga ya ternyata bocah-bocah pecinta ASI ini permasalahannya. Sekarang minum UHT udah berbagai rasa nih yang plain mah gak disentuh sama dia. Tapi aku jatahin sehari cuma boleh 1 kotak. Soalnya aku lagi nambahin asupan makannya dan tambahan susu formula yang tinggi kalori. Duh punya anak yang super aktif jadi makannya susah jadi daging BB nya segitu-gitu aja. Jadi saran DSA dikurangin susu UHTnya karena kandungan gulanya tinggi dan kalorinya rendah. Kalo mom anaknya berapa kali minum UHT sehari? Di batasin gitu gak apa sesukanya aja?


  • @intan89 iya mom yang plain lebih baihnya. Untuk merk UHT yang bagus aku direkomendasi sama DSAku itu greenfield fresh milk mom. Aku sesekali kasih anakku itu karna harganya lumayan mahal jadi aku selingin sama ultra mimi plain harganya ekonomis. Iya sebaiknya asi tetap nomer 1 sampai usia anak 2 tahun. UHT aku kasih karena alasan untuk dongkrak BB anakku yang susah naiknya huhu oiya jangan lebih dari 500ml ya mom untuk pemberian susu UHTnya.


  • @debieocto berkata di Untuk bayi 1 tahun lebih baik UHT atau susu formula ya?:

    @ratihkf Hai mom Ratih! Sama juga ya ternyata bocah-bocah pecinta ASI ini permasalahannya. Sekarang minum UHT udah berbagai rasa nih yang plain mah gak disentuh sama dia. Tapi aku jatahin sehari cuma boleh 1 kotak. Soalnya aku lagi nambahin asupan makannya dan tambahan susu formula yang tinggi kalori. Duh punya anak yang super aktif jadi makannya susah jadi daging BB nya segitu-gitu aja. Jadi saran DSA dikurangin susu UHTnya karena kandungan gulanya tinggi dan kalorinya rendah. Kalo mom anaknya berapa kali minum UHT sehari? Di batasin gitu gak apa sesukanya aja?

    @debieocto iya yah, karena mungkin rasa asi kan agak sedikit semu manis juga (aku pernah ngicipin soalnya hehee)..

    Oh gitu.. iya yah, sejak udah bisa jalan dan lari udah deh namanya BB jalan di tempat rasanya, padahal makan dan ngemil mah doyan yah..
    Aku pun gitu Mom, aku batesin sih sehari maks. 2 kotak aja. Soalnya kan udah bisa ambil sendiri di lemari, itu kalau dibiarin suka sering aja gitu kalo inget susu langsung ambil sendiri padahal belum makan nasi. Yaa selebihnya kasih dia buah atau cemilan homemade aja. Aku pribadi sih belum kasih sufor.


  • Banned

    Jangan bu, mending ASI dulu selama 2 tahun


Log in to reply
 

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.