Cloth Diaper


  • Newborn

    Halo mommies semua... Waktu anak saya masih usia sekitar 3 bulan, saya diwanti-wanti mertua untuk tidak memakaikan popok sekali pakai (pospak), karena khawatir akan beberapa hal. Akhirnya saya dapat rekomendasi dari teman untuk menggunakan cloth diaper yang mampu menahan cairan lebih banyak dibanding popok biasa.

    Saya punya beberapa pieces dengan berbagai macam merk lokal atau produk luar. Ada yang velcro ada yang snap. Dan juga berbagai insert, ada yang fold ada juga yang langsung menyatu dengan clodi.

    Keunggulan clodi dibandingkan pospak yaitu tentu saja hemat sampah yaa. Karena sifat clodi yang reusable, tinggal cuci jemur dan pakai lagi. Memang di awal-awal pembelian akan keluar lebih banyak dana, tapi kalau dirawat dengan baik clodi bisa awet bahkan sampai nanti lahir anak selanjutnya.

    To be honest saya hanya bertahan 2 minggu memakaian anak saya clodi. Karena tetap saja saya harus bolak balik mencuci insert yang sudah kotor. Ujung-ujungnya malah saya masuk angin karena kebanyakan nyuci clodi hehehe. Udah gitu clodi juga kan cocok-cocokan yaa ada yang cocok dengan bentuk tubuh anak ada yang tidak. Jadi sering juga sih mengalami bocor samping kalau tidak cocok. Akhirnya malah banyak yang harus dicuci (selain clodinya itu sendiri).

    Daya serap clodi juga nggak sebagus pospak kalo menurut saya. Cuma bertahan 2 jam udah harus ganti insert lagi. Jadi akhirnya saya kembali pada pospak demi kesehatan mental saya 😄.

    Sharing dong, disini ada nggak ibu-ibu yang berhasil pakaikan anaknya clodi? Boleh juga sharing tips dan trik merawat clodi... Siapa tau nanti anak kedua saya mau full saya pakaikan clodi.


  • @ikrimah-muzdalifah halo mom 🙂

    wah jujur nih mom aku gak kuat kalo haru spakaikan clodi ke anakku dulu, sama alasannya, aku capek banget ya nyucinya karena aku no nanny jugaa.. dengan intensitas bayi NB yang BAK dan BAB nya banyak. Aku angkat tangan pakai clodi, kupilih dengan mantab pospak! 😄

    Maaf yaa mom aku gak memberikan solusi malah curhat masalah clodi. Tapi kalo boleh kasih masukan mom, untuk masukanku juga sih mungkin nanti mom bisa pakaii clodi jika ada yang bantu mom seperti nanny mom.
    hehe semoga membantu yaa mom.


  • Halo mom @ikrimah-muzdalifah saya juga sama mom, tidak berhasil memakaikan anak cloth diaper karena malah luber kemana-mana. Entah karena tidak cocok dengan ukuran tubuh anak saya atau saya yang tidak tahu cara pemakaian yang benar. Yang jelas malah sia-sia padahal pengen banget pakai karena bisa menghemat biaya popok sekali pakai hehee


  • @vania-laksana-putri waaah iya mom ternyata problem kita sama persis yaa. Capek nyuci clodi apalagi nggak punya nanny/ART alias semua muanya dikerjain sendiri. Apalagi kan nyuci clodi juga tricky ya mom, ga boleh pakai detergent yang mengandung pemutih. Jadi susah susah gampang sih liat ingredient detergen nyari ada brightening agent nya apa endak hehehe.

    Oiya mom mulai pakaikan pospak ke baby nya pas kapan? Pas baru lahir atau tunggu beberapa minggu/bulan?

    Iya ya mom, mungkin nanti saya ajukan proposal dulu ke suami minta ART kalo udah ada anak kedua 😊.


  • @iamarhena iyaa mom saya ada beberapa merk clodi yang nggak cocok sama bentuk tubuh anak jadi sering bocor samping. Tapi memang clodi itu cocok cocokan sih mom.

    Saya juga dulu sempat searching di blog orang yang konsisten pakaikan clodi untuk anaknya, dia bisa hemat banget mom karena clodinya awet dan bisa dipakaikan ke si adik. Mengingat biaya pospak yang bagus juga sekarang lumayan yaa 😂

    Masih inget ga mom punya clodi merk apa saja?


  • @ikrimah-muzdalifah iyaa mom aku pakaikan clodi saat NB-1 bulanan dan aku langsung gak kuat, mungkin aku kecapean dan kaget juga waktu itu intensitas BAB bayi NB banyak banget kan 😂 akhirnya langsung ke pospak. Anakku juga gak langsung cocok pakai pospak mom.
    Banyak trial merek baru karena cocok-cocokan mom.

    Aku mau nanya ni mom. Menurut mom anak umur berapa.yaa yang cocok dipakaikan clodi? Soalnya waktu itu aku jadi mikir mom, apa pas umur anak 3-4 bulan mom aku pakeinnya biar gak capek nyuci 😂


  • Saya lupa mom @ikrimah-muzdalifah merk apa, tapi belinya online. Mom sendiri pakai merk apa?. Masaaaa, saya pengen nyoba lagi. Masih penasaran sih masa gak ada yang cocok. Sebenerny pengen beli di toko langsung sih mom, biar bisa dicoba dulu pas apa enggak di pant*t anak tapi sejauh ini saya belum nemu toko offline yang jual. Mom mungkin apa rekomendasi toko?


  • Mom @vania-laksana-putri waktu itu anaknya pakai clodi merk apa? Beli dimana?. Saya pengen nyoba lagi nih pakai clodi, soalnya usia anakku sudah 6 bulan jadi mungkin sudah lebih enak kalau pakai clodi sekarang. Kalau saya pernah nyoba terus berhenti, bukan karena capek nyuci tapi clodinya gak cocok jadi pas BAK atau BAB luber kemana-mana.


  • @iamarhena aku belinya online sih mom. Apa.ya mereknya saya lupa mom hehe, Jarang kann mom yang jual offline, paling ada yg jual offline itu di toko birds and bee mom. Di mall2 besar ada kok, mom. Hrganya beragam cuman enaknya kalo di toko offline bisa coba yahh 😁 coba aja mom pakai clodi lagi semoga cocok yaa mom. Semangat nyuciii jugaa yaa mom xixi 😘


  • Hai bunda @ikrimah-muzdalifah saya izin sharing pengalaman pakai clodi waktu anak pertama ya. Awal saya pakein clodi udah memasuki umur 2 bulan. Sempet nyesel juga kenapa gak sejak awal bulan pertama.. Tapi setelah dipikir lagi, ternyata keputusan pakai clodi di bulan kedua udah tepat karena udah mulai jarang p**p. Saya pakein clodi merk pempem jenis velcro (rekatan) dan snap (kancing). Awalnya saya beli 6 pcs yang velcro, dah dapet 1 insert litty (dengan bahan kombinasi bamboo & katun). Ngebaca review produknya seperti nya oke, daya serap bagus, dan covernya mengandung bahan PUL (biar pee ga tembus). Makanya saya langsung coba beli 6 pcs.

    Cara Perawatan Clodi:

    1. Clodi dilarang dicuci dengan disikat, cukup dikucek untuk bersihin sisa p**p setelah diguyur air.
    2. Clodi dilarang disetrika
    3. Clodi dilarang dicuci dengan deterjen yang mengandung pemutih dan pewangi (bisa merusak daya serap katanya.)

  • hai mommies @ikrimah-muzdalifah
    @unielvira @vania-laksana-putri @iamarhena

    sebagai ibu anak 3 aku banyak banget cerita hahaha
    anak pertama aku full make pospak, anak kedua aku full make clody, mulai dari pempem cluebebe babyland ecobum semua ak coba hehehe

    aku paling suka sih clubebe sama ecobum, gak tembus dan soft banget gak bulky juga

    aku make clodi karna anakku alergi parah sama pospak , make make merk apapun pasti alergi, yap emang alergian parah, sih sampe skrng kelas 1 sd juga masih parah

    anak ke tiga ak gak make clodi moms, ribet bingittt anaknya juga gak alegian, tapi clodi ini aku pake in lagi pas akhir2 ini udah mau belajar toilet training, beda dengan pospak, clodi masih ada sensasi basah nya
    jadi anak juga risih


  • Iya mom @vania-laksana-putri di online shop sih banyak cuma ya itu gak bisa di cobain dulu. Toko offline aku belum nemu mom, ohhh ada di birds and bee ya. Baiklah, tar kapan-kapan mau cek harga hihii. Kebetulan di rumah ada tukang cuci mom, makanya saya ngebet pengen nyoba hehee. Anw, terima kasih banyak ya mom atas info dan sharingnya.


  • Halo mom @niarsudibyo wow, saya perlu belajar banyak dengan mom. Terima kasih banyak atas sharingnya ya mom. Oh iya clodynya itu beli dimana ya mom? Ada toko offlinenya gak ya? Biar bisa di coba dulu sebelum beli. Soalnya saya pernah beli di online shop jadi gak kepake karena ternyata gak cocok ukuran dan bentuknya sama anakku.


  • @vania-laksana-putri berkata di Cloth Diaper:

    @ikrimah-muzdalifah iyaa mom aku pakaikan clodi saat NB-1 bulanan dan aku langsung gak kuat, mungkin aku kecapean dan kaget juga waktu itu intensitas BAB bayi NB banyak banget kan 😂 akhirnya langsung ke pospak. Anakku juga gak langsung cocok pakai pospak mom.
    Banyak trial merek baru karena cocok-cocokan mom.

    Aku mau nanya ni mom. Menurut mom anak umur berapa.yaa yang cocok dipakaikan clodi? Soalnya waktu itu aku jadi mikir mom, apa pas umur anak 3-4 bulan mom aku pakeinnya biar gak capek nyuci 😂

    Iyaa mom setau saya memang usia 3 atau 4 bulan ke atas ya mom usia dipakaikan clodi. Tapi ada juga sih yang dipakaikan sejak newborn. Karena clodi yang bentuknya agak bulky buat newborn jadi agak kasian aja. Kayaknya ada loh mom semacam clodi juga tapi buat newborn... Sek yo nanti aku searching lagi apa namanya aku lupa.


  • @iamarhena saya punya macem macem merknya mom. Jadi masing-masing saya beli 1 pcs buat dicoba dulu mana yang paling pas. Seinget saya dulu merknya GG, bebibum, cluebebe, NIFOkids, pempem, charlie banana. Waktu itu repeat order beli GG, cluebebe, sama charlie banana karena anakku cocok pakek itu. Tapiii ya gitu deh emaknya gak shanggup cuci cuci jadi menyerah pake clodi.

    Coba ajaa mom pakein clodi lagi. Lumayan banget lho mom bisa hemat beli pospak. Oiya mom @vania-laksana-putri aku baru inget, kalo awal-awal lahir itu ada produk clodi namanya prefold for newborn, jadi dia itu lebih tebel dari popok kain biasa mom.


  • Newborn

    Waaah terima kasih banyak sharingnya mom @unielvira dan mom @niarsudibyo. Ini aku catet baik-baik nih tips dan triknya hehehe. Mom niar keren banget berhasil anak keduanya full dipakein clodi, moga nanti saya juga bisa full pakein clodi anak kedua saya (belum tau sih kapan program punya anaknya hehehe).

    Mom @unielvira aku pernah baca juga, kalo clodi bagusnya dicuci pake eco ball wash kalo ga salah ya krn kalo pake detergent bikin dia tebal jd ga maksimal nyerap cairan. Mom pernah coba nggak?


  • @ikrimah-muzdalifah wahhh aku baru tau mom. makasih mom infonya😀. Makasih juga mom @unielvira infonya. Aku juga waktu itu sempet salah soalnya aku pakein pewangi dan softener pakaian kecampur sama baju-baju orang besar lainnya. Tapi alhamdulillah gak kenapa2 sih clodinya. Mungkin jika keseringan akan mengurangi daya serap ya..
    Oh iyaa mom kalau clodi aku pakaikan ke anakku yang berumur 15 bulan dia bakal betah gak ya? Karena selama ini udah kena pospak terus.


  • @vania-laksana-putri momm kalo beli clodi biasanya di kasih lembaran loh cara nyuci nya heheheh

    terus ada 1 waktu dia d cuci air bersih gak make apa apa sama sekali, berulang ulang sampe 3x yang di namakan proses stripping, jadi proses ini biar clodi awet dan gak bikin iritasi
    gunanya untuk membersihkan sisa sisa residu yang nempel di cloth diapers

    nah ini cocok juga buat clodi yang awal nya salah cuci moms


  • Wah terima kasih banyak ya mom @ikrimah-muzdalifah sudah saya save nama-nama clodinya nanti akan saya coba. Boleh juga idenya dicoba satu-satu dulu. Berarti dulu mom bukan gak cocok di anaknya ya tapi karena cucian hehee. Kalau saya justru gak cocok sama anaknya.


  • @niarsudibyo haha ketauan banget yaa aku gabaca manual nya :") tipikal males bacapetunjuk manualnya, hehe.
    makasih yaa mom sarannya. kalo anakku umur 15 bulan mau aku pakaikan clodi lagi bakal cocok gak ya mom ? karena selama ini aku pakai pospak terus. makasih yaa mom sebelumnya


Log in to reply
 

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.