KUBIS Jakarta - Baby Blues Ibu Baru Penyebab dan Cara Mengatasinya


  • Halo Bunda aku @pinamulianaa dari Komunitas KUBIS Jakarta mau sedikit sharing mengenai baby blues syndrome,
    Melahirkan adalah moment bahagia dan berharga bagi para ibu, tapi tantangan dan tanggung jawab besar sedang menanti. Sehingga tidak sedikit ibu yg mengalami baby blues syndrome ini. Penyebab baby blues ini salah satunya adalah kelelahan dan hormon dalam tubuh ibu yg berubah setelah melahirkan. Baby blues syndrome ini terjadi sekitar 14-21 hari.

    Apa sih baby blues ini? Baby blues adalah kondisi ibu setelah melahiran yang mengalami perasaan cemas, gelisah, khawatir berlebihan, emosional dan lainnya yg mengakibatkan stress pada ibu baru. Sekita 50-80% ibu baru biasanya mengalami baby blues dan ini normal terjadi.

    Ciri ibu yg mengalami baby blues adalah sering merasa sedih, kesepian, mudah tersinggung, gampang menangis, selalu merasa kelelahan, mudah marah, dan sulit untuk beristirahat.

    Banyak dampak dari baby blues ini. Salah satunya sang ibu menjadi stress, tidak mau mengurus bayi, tidak mau melihat sang bayi, menangis terus menerus tanpa sebab.

    Bagaimana cara mengatasi baby blues syndrome ini?

    1. Luangkan waktu untuk “me time”
    2. Minta bantuan dan mencurahkan perasaan kepada pasangan / orang tua / saudara
    3. Makan makanan bergizi cukup
    4. Istirahat sebanyak mungkin
    5. Jika memungkinkan, lakukan hobi yg membuat hati senang
    6. Menerima keadaan

    Sekian sharing mengenai baby blues syndrome secara singkat, semoga sedikit banyak dapat membantu para ibu baru. Happy parents life.


Log in to reply
 

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.