Bayi 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap Bukanlah Pertanda Buruk


  • Sangat bisa dipahami ketika Bunda panik jika bayi 4 bulan belum bisa tengkurap. Pasalnya, kebanyakan bayi yang sudah mencapai usia 4 bulan sudah bisa tengkurap.

    Akan tetapi, ada satu berita baik. Menurut dokter, bayi 4 bulan yang belum bisa tengkurap itu bukan berarti memiliki keterlambatan dalam perkembangan. Bayi dikatakan mengalami keterlambatan tumbuh kembang ketika usia 6 bulan masih belum tengkurap. Maka dari itu, jika bayi bunda berusia 4 bulan tapi belum bisa tengkurap, masih ada waktu buat bunda untuk melakukan sesuatu. Bunda harus tahu bagaimana menstimulasi bayi 4 bulan agar bisa tengkurap.

    0_1527409900417_tengkurap 1.jpg

    Mengapa Bayi 4 Bulan Belum Tengkurap

    Sebelum lebih jauh membahas tentang bagaimana cara menstimulasi bayi 4 bulan agar bisa tengkurap, bunda harus tahu hal penting mengenai perkembangan bayi 4 bulan. Sebenarnya, ini tidak hanya tentang tumbuh kembang bayi usia 4 bulan saja tapi tumbuh kembang bayi dan juga balita secara umum.

    Banyak yang mengira setiap bayi itu tumbuh sama. Artinya, bayi usia 4 bulan pasti sudah bisa tengkurap. Jika tidak, itu artinya ada masalah dengan tumbuh kembangnya. Begitu juga dengan balita 1 tahun. Balita sudah bisa berdiri bahkan berjalan. Padahal, tidak semua balita usia 1 tahun bisa berdiri dan berjalan.

    Harus dipahami tahap perkembangan bayi itu berbeda-beda. Ada yang cepat tapi ada juga yang mengalami sedikit keterlambatan. Asalkan tidak begitu lambat, bunda sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir.

    Dalam masalah bayi 4 bulan belum bisa tengkurap, ini biasanya disebabkan oleh faktor eksternal, bukan internal. Pasalnya, banyak bayi yang sudah mendapatkan ASI eksklusif tapi belum bisa tengkurap diusianya yang ke 4 bulan. Dan ternyata, ini disebabkan tidak ada stimulasi yang diberikan oleh orang tua. Bisa saja orang tua acuh dan menganggap bayi bisa berkembang dengan sendiri. Tentu saja anggapan itu tidak salah. Hanya saja, jika ingin tumbuh kembang bayi lebih optimal, bunda sebagai orang seharusnya membantu sang buah hati dengan cara memberikan stimulasi yang tepat.

    Stimulasi Agar Bayi 4 Bulan Bisa Tengkurap

    Mulai sekarang, bunda harus meluangkan waktu lebih banyak untuk bersama dengan sang buah hati. Lupakan dulu lembur di rumah jika bunda seorang karyawan. Kerjakan pekerjaan ketika di kantor. Biarkan seluruh waktu di rumah hanya untuk sang buah hati. Ini kunci utama jika bunda ingin melihat perkembangan bayi 4 bulan baik.

    Tentu bunda tidak hanya harus memberikan waktu saja. Bunda harus memberikan stimulus yang tepat. Berikut ini apa yang bisa bunda lakukan.

    • Tengkurapkan si Kecil
      Jangan khawatir. Bayi usia 4 bulan sudah memiliki struktur yang kuat. Jadi, tidak masalah jika bunda membantu si Kecil tengkurap. Namun, perlu juga diperhatikan jangan sampai si Kecil terlalu tengkurap. Bisa saja ia capai sehingga ia merasa tidak nyaman atau bahkan sakit dan akhirnya justru malah menangis.

    • Ajak Bermain
      Ketika sudah dalam posisi tengkurap, ajak si Kecil bermain. Buat bayi mengangkat kepala. Ini juga akan membuat anak mengangkat badannya dengan menggunakan kedua tangannya sehingga menstimulasi gerak tubuhnya juga.

    • Berikan Mainan
      Mainan menjadi stimulus yang tepat untuk membuat bayi 4 bulan belajar tengkurap. Taruh mainan di tempat yang cukup jauh. Biarkan anak tengkurap dan meraih mainan tersebut. Dengan sendirinya, bayi akan mencoba untuk menggerakkan tubuhnya dengan cara berguling, tengkurap, kemudian kembali lagi terlentang.

    Jadi, siapkah Bunda untuk memberikan seluruh waktu untuk membantu sang buah hati? Itu kunci utama jika Bunda memiliki bayi 4 bulan belum bisa tengkurap.


  • Newborn

    @laurenfrans waah informative sekali mom.. Dan betul banget, aku pun mengalami nya sendiri. Anakku umur 3 bulan belum tengkurep, paling berhasil satu kali. Sisanya dia kayak males tengkurep gitu. Tapi aku tengkurepin terus aja. Eh 5 bulan dia udah bisa tengkurep bolak-balik langsung duduk, ga lama langsung merayap terus merangkak. Intinya banyak-banyak stimulasi aja, ga usah khawatir karena tiap anak itu berbeda-beda.


  • rararaa berkata:

    @laurenfrans waah informative sekali mom.. Dan betul banget, aku pun mengalami nya sendiri. Anakku umur 3 bulan belum tengkurep, paling berhasil satu kali. Sisanya dia kayak males tengkurep gitu. Tapi aku tengkurepin terus aja. Eh 5 bulan dia udah bisa tengkurep bolak-balik langsung duduk, ga lama langsung merayap terus merangkak. Intinya banyak-banyak stimulasi aja, ga usah khawatir karena tiap anak itu berbeda-beda.

    @rararaa Iya mom, perkembangan anak memang berbeda-beda tapi kalau tidak diberikan stimulasi bukan tidak mungkin pertumbuhan si anak jadi terhambat. Kan kasihan kalau begitu hihihi 😉


  • Pada usia ke-2 kehamiln misalnya, janin masih berukuran kecil namun perkembangannya cukup pesar dibandingkan bulan sebelumnya. penyebab bayi terlambat tengkurap

    test tool


Log in to reply
 

Looks like your connection to Forum was lost, please wait while we try to reconnect.