Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Food Trend | Mar 7, 2018

10 Makanan Khas Indonesia yang Tak Boleh Dilewatkan

Bagikan


Kalau membicarakan tentang Indonesia, pasti makanan menjadi salah satu yang wajib disebutkan. Indonesia kaya akan makanan dengan rasa yang kuat karena berbagai rempah-rempahnya. Berikut 10 makanan khas Indonesia yang tak boleh kita lewatkan!

1. Indomie

Salah satu merek mie instan Indonesia ini jadi makanan yang tak boleh dilewatkan. Bahkan karena popularitasnya, mie ini sampai menjadi menu favorit YouTubers dari luar Indonesia.

Dengan berbagai rasa khas Indonesia, seperti rasa sambal matah, rendang, iga penyet, dan sambal rica, membuat mie ini tidak membosankan!

2. Sambal

Makan nasi tanpa sambal itu bagi sebagian warga Indonesia bagai sayur tanpa garam. Bahkan varian sambal tidak hanya melulu sambal bawang atau sambal terasi saja. Ada sambal tomat, sambak kecap, sambal cabai hijau, sambal mangga muda, juga sambal teri. Wah semuanya enak!

Baca juga: 6 Macam Nasi yang Cuma Ada di Indonesia, Sudah Coba Semua?

3. Mie ayam

Panganan ini merupakan mie dengan topping ayam yang dimasak manis beserta sayur sawi, daun bawang, dan sambal. Seringnya, mie ayam ini juga ditemani oleh semangkuk kecil kuah kaldu dengan bakso atau pangsit rebus. Cocok dimakan saat hangout bersama teman-teman dengan segelas es teh manis.

4. Gorengan

Kalau gorengan ini jadi pengganjal perut favorit masyarakat Indonesia. Banyak jenis gorengan yang bisa Moms coba, mulai dari tempe, tahu isi, tahu goreng, bakwan, ubi goreng, singkong goreng, cireng dan lainnya. Kemudian yang menarik adalah menggigit cabai rawit bersama gorengan. Sensasi pedas dan asinnya membuat ketagihan!

5. Bakso

Siapa yang tak suka bakso? Olahan daging berbentuk bulat dengan kuah kaldu ini merupakan makanan yang sangat mudah dicari. Biasanya pelengkapnya berupa bihun dan mie kuning, serta sayur dan tak lupa sambal.

Bakso pun kini bervariasi, tak lagi hanya bulat namun juga memiliki isi berupa potongan urat, telur, keju, dan cabai. Makin mantap kalau disantap di saat hujan.

Baca juga: 7 Masakan Mie Khas Negara di Asia yang Paling Enak, Sudah Coba Semua?

6. Soto

Setiap daerah di Indonesia memiliki hidangan soto khasnya masing-masing. Misalnya,i soto banjar yang merupakan soto berisi daging ayam suwir, lontong, perkedel dan rebusan telur. Serupa dengan soto ayam atau soto lamongan.

Lain lagi dengan soto padang yang menggunakan kuah kaldu daging dengan bihun, perkedel serta potongan daging atau paru yang digoreng garing.

7. Nasi padang

Menu yang satu ini memang menjadi andalan dikala lapar. Nasi panas yang dibungkus dengan daun pisang beserta sambal cabai hijau, daun singkong rebus serta siraman beberapa jenis kuah. Tak lupa, pilihan lauk yang beragam mulai dari rendang, dendeng, ikan bakar, ayam bakar, cincang, gulai tunjang, hingga gulai otak.

8. Nasi goreng

Nasi goreng dipilih sebagai salah satu makanan terenak didunia. Tak heran, modifikasi makanan ini pun sangat beragam bergantung pada daerah dan tentu saja isi kulkas Moms. Isiannya pun beragam mulai dari seafood, daging, ayam, sayur, aneka bakso, dan sosis.

Baca juga: 10 Jenis Sambal Pemikat Lidah, Mana Favorit Anda?

9. Bubur ayam

Menu ini kerap menjadi menu sarapan yang mengenyangkan. Nasi yang dimasak dengan kaldu ayam terasa gurih. Kenikmatannya semakin bertambah dengan adanya berbagai jenis topping seperti ayam suwir, kacang kedelai goreng, sate usus, sate ati ampela, cakwe, kerupuk dan tentu saja sambal.

10. Lontong sayur

Banyak daerah yang menjadikan lontong sayur sebagai makanan khasnya seperti Minang. Lontong sayur biasanya menggunakan nangka atau daun pakis atau labu siam yang dimasak dengan santan dan berbagai bumbu serta rempah. Tak lupa tambahan potongan daging dan telor rebus sebagai pelengkap.

Moms sudah coba yang mana saja?

(DNY)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.