Kesehatan

KESEHATAN
26 Oktober 2020

10 Manfaat Buah Merah Papua, Sudah Pernah Makan Moms?

Buah merah yang banyak ditemukan di Papua ini ternyata bermanfaat untuk kesehatan, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, pernah mendengar tentang buah merah Papua? Ya, seperti namanya buah satu ini berwarna merah dan banyak ditemukan di bagian pegunungan Papua, Indonesia.

Jika dilihat dari bentuknya, buah merah ini seperti wortel raksasa. Buah merah Papua bisa tumbuh besar dengan ukuran panjang sekitar 100 cm, diameter 18 cm, dan beratnya sekitar 7,5 kg.

Buah merah Papua memiliki ujung tumpul dan bentuk yang silinder. Hal yang menarik, buah merah Papua ini sudah diyakini menjadi suplemen alami yang baik untuk tubuh.

Ternyata, kandungan nutrisi dalam buah merah Papua tidak bisa dipandang sebelah mata.

Manfaat Buah Merah Papua yang Perlu Diketahui

Nah, berikut ini manfaat buah merah Papua yang bisa Moms ketahui.

1. Mengandung Beta Karoten

mengandung beta-karoten

Foto: healthbenetiftimes.com

Studi yang diungkap dalam Biodiversitas Journal of Biological Diversity menunjukkan bahwa buah merah Papua mengandung beta-karoten yang sebenarnya bisa terlihat dari penampilan fisiknya, seperti daging buah berwarna merah dan panjang buah. Lantas, apa manfaatnya beta-karoten untuk kesehatan seseorang?

Di dalam tubuh, beta-karoten dapat diubah menjadi vitamin A, yang akhirnya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan lebih baik, menjaga sistem kekebalan tubuh semakin kuat, serta baik untuk kesehatan kulit. Buah merah Papua juga bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini.

Ya, manfaat beta-karoten sama halnya bisa Moms dapatkan dari wortel. Selain itu, beta-karoten juga dipercaya mampu mengobati penyakit mata degenerasi makula. Penasaran bagaimana cara mengonsumsi buah merah Papua? Masih menurut studi di atas, biasanya penduduk Papua, khususnya yang tinggal di sekitar pegunungan Arfak dan Wamena, mengonsumsi buah merah dengan cara dikonsumsi langsung atau dijadikan sambal sagu dan ubi. Menarik, bukan?

Baca Juga: 6 Makanan Mengandung Beta-Karoten yang Baik untuk Ibu Hamil

2. Membantu Atasi Hipertensi

membantu atasi hipertensi

Foto: Orami Photo Stock

Penelitian yang diulas dalam Journal of Ethnopharmacology mengungkapkan, minyak buah merah Papua sudah diuji pada tikus dan memberikan hasil yang signifikan. Minyak ini mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang berguna sebagai vasodilator yang mampu menurunkan tekanan darah.

Tak berhenti sampai di situ, minyak buah merah Papua juga mampu menurunkan tekanan darah dan protein dalam urine saat hamil. Hal ini akhirnya mampu mencegah terjadinya preeklamsia atau komplikasi berbahaya yang terjadi ibu hamil alami tekanan darah tinggi.

3. Mengontrol Kolesterol yang Tinggi

mengontrol kolesterol yang tinggi

Foto: Orami Photo Stock

Setiap orang memiliki kadar kolesterolnya masing-masing dalam darah. Namun, hati-hati ketika kadar kolesterol sudah semakin tinggi, terutama trigliserida dan high density lipoprotein (HDL). Kondisi ini bisa menyebabkan pengapuran dan penipisan pembuluh darah di jantung, otak, serta ginjal. Salah satu pemicu kolesterol tinggi adalah mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh berlebih. Nah, cobalah untuk rutin mengonsumsi jus buah merah Papua untuk membantu mengontrol kadar kolesterol agar tidak semakin tinggi.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Osteoporosis, Hindari Sekarang!

4. Mencegah Terjadinya Osteoporosis

mencegah osteoporosis, manfaat buah merah papua

Foto: en.netralnews.com

Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah hal yang mengerikan bagi seorang wanita. Seiring bertambahnya usia, kepadatang tulang juga akan berkurang. Tulang wanita juga cenderung lebih tipis dibandingkan pria. Hal ini yang membuat wanita rentan mengalami osteoporosis dibandingkan pria.

Nah, cara mencegahnya bisa dengan menerapkan pola makan yang sehat sejak usia masih muda. Buah merah Papua bisa menjadi pilihan yang tepat karena terdiri dari jumlah kalsium dan mineral penting lainnya.

Hal ini membantu dalam menjaga kekuatan tulang dan menghindari risiko osteoporosis. Ternyata, sebesar 55mg buah merah terdapat 100 gram kalsium. Jadi, tidak ada salahnya Moms untuk mencoba buah merah untuk meningkatkan kesehatan tulang.

5. Mencegah Risiko Pertumbuhan Kanker

mencegah risiko pertumbuhan kanker

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari laman Cancer Chemoprevention Research dari Farmasi Universitas Gadjah Mada, buah merah Papua memiliki efek antikanker pada sel kanker ovarium, payudara, dan sel kanker usus besar. Namun, perlu diketahui bahwa efeknya terhadap sel kanker ovarium dan sel kanker usus besar jauh lebih besar dari sel kanker payudara.

Aktivitas antikanker dalam jus buah merah Papua ini lebih besar dibandingkan dengan agen kemoterapi doxorubicin. Selain itu, buah merah Papua juga mengandung omega-3 yang dapat digunakan dalam pemulihan sel dan jaringan yang rusak terutama untuk seseorang yang mengidap kanker.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol, Nikmat tanpa Digoreng

6. Membantu Mencegah Stroke

mencegah stroke

Foto: Orami Photo Stock

Pada poin sebelumnya, buah merah Papua disebut mampu mengatasi hipertensi. Secara tidak langsung, buah merah Papua juga membantu mencegah stroke. Stroke adalah salah satu penyakit yang bisa berakibat fatal dan umumnya disebabkan oleh hipertensi.

Nah, buah merah Papua membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh untuk memastikan oksigen dalam darah jumlahnya konstan. Buah satu ini juga membantu jantung agar memompa dengan baik sehingga membuat aliran darah terhindar dari pembekuan dan akhirnya mampu mencegah stroke.

7. Mengandung Antioksidan

mengandung antioksidan

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari International Food Research Journal, ekstrak buah merah Papua memiliki sifat antioksidan yang tinggi sehingga mampu mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Hal ini berguna untuk menghambat kerusakan sel dalam tubuh.

Hasilnya, imunitas tubuh akan semakin kuat dan tidak rentan terserang penyakit. Ekstrak buah merah Papua juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan dari bakteri pada mulut. Hal ini mampu mencegah kerusakan pada gigi, seperti karies gigi.

Minyak dalam buah merah Papua juga disebut mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini membuktikan setiap bagian dari buah satu ini memiliki manfaatnya masing-masing, ya.

Baca Juga: 13 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

8. Meningkatkan Fungsi Otak

meningkatkan fungsi otak

Foto: Orami Photo Stock

Buah merah Papua mengandung omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan seseorang. Untuk itu, buah ini tidak hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa melainkan juga anak-anak.

Buah merah Papua dipercaya membantu dalam meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Hal ini juga meningkatkan pengiriman sinyal dari indra lain ke otak sehingga meningkatkan respons tubuh. Nah, ingin tahu makanan lainnya yang mampu meningkatkan fungsi otak?

Moms bisa mencoba kacang-kacangan yang memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang baik. Kacang dikenal tinggi lemak, protein, dan serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan kognitif.

9. Baik untuk Pengidap Diabetes

baik untuk pengidap diabetes

Foto: Orami Photo Stock

Bagi yang mengidap diabetes atau ingin mencegah penyakit ini, Moms bisa mencoba makan buah merah Papua. Mengapa demikian? Tokoferol yang terdalam buah merah membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang menawarkan insulin dalam jumlah yang cukup.

Tokoferol ini juga mampu meningkatkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Dengan begitum kadar glukosa darah menjadi normal. Namun, tentunya hal ini juga dibarengi dengan pola makan yang tepat dan diabetes yang teratur. Beberapa pengidap diabetes juga biasanya menerima suntikan insulin.

Baca Juga: Inilah 6 Manfaat Kesehatan Buah Ceri, Termasuk Jaga Kesehatan Jantung!

10. Mengatasi Gondok

mengatasi gondok

Foto: Orami Photo Stock

Studi dari Jurnal Sain Veteriner mengungkapkan ekstrak buah merah Papua dapat mengatasi gejala dari kekurangan yodium secara signifikan bila digabungkan dengan garam yang mengandung yodium. Nah, salah satu penyakit yang disebabkan karena kekurangan yodium adalah gondok. Jadi, makan buah merah Papua bisa mampu mengatasi penyakit gondok.

Itulah beberapa manfaat dari buah merah Papua yang bisa Moms ketahui. Tertarik untuk mencobanya?

Artikel Terkait