Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | May 18, 2018

10 Museum di Jakarta untuk Ajari Anak Pengetahuan

Bagikan



Belajar tidak harus selalu di ruang kelas saja, lho. Belajar juga bisa dilakukan di tempat lain dengan cara yang mengasyikan. Salah satunya di museum.

Jakarta punya banyak sekali museum yang bisa dikunjungi oleh Moms dan Si Kecil ketika libur sekolah. Si Kecil pasti akan suka melihat beragam benda sejarah yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Beberapa museum juga punya kegiatan khusus untuk Si Kecil. Si Kecil pasti suka dan semakin bersemangat untuk belajar. Berikut ini 10 musem yang bisa Moms kunjungi bersama Si Kecil.

1. Museum Nasional

Museum Nasional atau yang lebih dikenal dengan Museum Gajah memiliki lebih dari 140.000 benda bersejarah. Inilah museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Museum ini semakin menarik dengan adanya Kid’s Corner di dalam area museum yang membuat anak-anak betah. Berada di lantai paling bawah museum, Kid’s Corner menghadirkan pengenalan budaya Indonesia dengan cara unik dan menyenangkan untuk si kecil.

Di sini anak-anak dapat belajar banyak hal mulai dari membatik, melukis kendi, atau mencoba langsung alat musik tradisional seperti angklung.

Ada juga permainan tradisional dan sudut membaca lengkap dengan buku-buku cerita anak. Anak-anak juga bisa berfoto dengan berbagai pilihan baju tradisional yang sudah disediakan di sini.

2. Museum MACAN

Ketimbang museum lainnya, Museum MACAN ini terbilang baru. Museum ini menghadirkan ruang pameran yang menyimpan berbagai karya seni modern dan kontemporer di Nusantara, ada banyak hal yang dapat familygoers temukan di sini.

“Seni Berubah. Dunia Berubah.” Itulah tema yang diusung oleh Museum MACAN dengan sekitar 90 karya seniman baik dari Indonesia maupun internasional.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak bisa juga menikmati berkunjung ke sini dengan adanya Children’s Art Space atau Ruang Seni Anak untuk mengenalkan kepada mereka dunia seni. Di sini anak-anak dapat mewarnai kertas untuk kemudian dijadikan mahkota yang dapat dipakai langsung.

Ada juga Children’s Museum Guide yang bisa didapat dengan gratis untuk memudahkan Si Kecil mengeksplorasi pameran. Tidak hanya berkeliling dan melihat-lihat pameran yang ada, Si Kecil akan diberikan ruang untuk eksplorasi kreativitas mereka sekaligus wisata edukasi menyenangkan.

Baca Juga : 6 Museum Seru di Dunia Ini Cocok Untuk Destinasi Liburan Anak

3. Museum POLRI

museum polri, museum di jakarta,, museum untuk anak belajar

jakarta.panduanwisata.id

Pasti seru jika Si Kecil bisa berpura-pura jadi polisi dan menangkap penjahat. Di Musem POLRI, hal itu mungkin dilakukan. Di sana, anak bisa bermain peran menjadi polisi sekaligus belajar tentang tugas-tugas polisi.

Di museum ini juga ada area kids corner yang menyenangkan. Anak-anak dapat melakukan banyak kegiatan interaktif untuk mengenalkan tugas polisi dengan cara yang asyik.

Untuk Si Kecil yang senang memecahkan teka-teki atau memiliki rasa penasaran yang besar, bermain menjadi detektif adalah pilihan menarik yang tidak boleh dilewatkan. Anak-anak akan diajak berpikir dan melacak kasus pencurian dalam permainan edukatif yang tertera di dinding.

Setelah berkeliling dan bermain, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk berfoto menggunakan seragam polisi berukuran kecil, menaiki mobil polisi, atau berfoto di patung polisi dengan bagian muka berlubang yang bisa diganti dengan muka si kecil dan melihat ke dalam helikopter polisi yang ada di depan museum ini.

4. Museum Fatahillah

Saat mengunjungi kawasan Kota Tua, jangan lewatkan Museum Fatahillah. Museum yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia itu menyajikan beragam benda sejarah Jakarta. Dari masa prasejarah hingga berdirinya kota Jayakarta pada 1527.

Koleksi-koleksi yang ada di Museum Fatahillah seperti Prasasti Ciaruteun, Meriam Jagur, mebel-mebel antik dari abad ke-17 hingga 19 yang merupakan perpaduan gaya Eropa, Tiongkok, dan Indonesia.

5. Museum Seni Rupa dan Keramik

Untuk yang ingin belajar seni rupa dan keramik, museum ini pas banget untuk dikunjungi Moms. Museum yang masih berada di kawasan Kota Tua ini memajang keramik lokal dari berbagai daerah di Tanah Air, dari era Kerajaan Majapahit abad ke-14, dan dari berbagai negara di dunia.

Gedung yang dibangun pada 12 Januari 1870 itu awalnya digunakan oleh Pemerintah Hindia-Belanda untuk Kantor Dewan Kehakiman pada Benteng Batavia (Ordinaris Raad van Justitie Binnen Het Kasteel Batavia).

Saat pendudukan Jepang dan perjuangan kemerdekaan sekitar tahun 1944, tempat itu dimanfaatkan oleh tentara KNIL dan selanjutnya untuk asrama militer TNI.

Selain belajar sejarah lewat keramik, Moms dan Si Kecil juga bisa belajar membuat gerabah di sini. Menyenangkan lho!

6. Museum Wayang

museum wayang, museum tempat anak belajar

sportourism.id

Mengajak Si Kecil berwisata sejarah rasanya kurang jika tidak mampir ke Museum Wayang. Museum yang masih berlokasi di kawasan Kota Tua ini menampilkan berbagai jenis wayang dari dalam dan luar negeri. Jumlahnya mencapai 5.000 wayang. Mulai dari wayang kulit, golek, seng, dan yang lainnya.

Selain wayang, terdapat juga boneka-boneka baik dari Indonesia maupun luar negeri di museum ini. Boneka terkenal dari Indonesia yang dipajang di museum ini adalah boneka seri Si Unyil. Satu set boneka si Unyil ini adalah set asli dan yang pertama digunakan saat disiarkan di stasiun TVRI pada 1970.

7. Museum Layang-Layang

Museum Layang-Layang tidak kalah menarik lho Moms. Museum ini menyimpan berbagi koleksi layang-layang yang berjumlah hingga ratusan buah. Ada layang-layang tradisional, kreasi, olahraga, dan berbagai layang-layang dari mancanegara.

Puas melihat berbagai macam layang-layang dengan segala bentuk dan warna, ajak si kecil mengikuti banyak kegiatan seru di sini. Bisa melukis dan menghias layang-layang bersama. Selain layang-layang, Si Kecil juga bisa membuat keramik, melukis keramik, melukis wayang, membatik, dan melukis payung.

Aktivitas ini tidak hanya bisa dilakukan untuk anak-anak, tetapi juga orang tua. Menerbangkan layang-layang di halaman museum yang cukup luas juga menjadi hal menarik yang patut dicoba. Kalau sedang beruntung, angin bertiup cukup kencang dan layang-layang pun terbang.

8. Museum Transportasi

Untuk mengenalkan anak tentang transportasi sambil menjajal naik ke atas moda transportasi jaman dahulu, Moms bisa mengajak anak-anak ke Museum Transportasi. Tempat ini pasti akan membuat Si Kecil senang. Selain bisa merasakan naik ke atas kereta, pesawat dan mobil, anak-anak juga bisa berpura-pura menjadi masinis maupun pilot.

Moms dan Si Kecil juga bisa melihat segala jenis kendaraan masa lampau yang kaya akan nilai sejarah terutama memiliki kontribusi bagi perjuangan bangsa.

Moda transportasi yang tersimpan di museum ini merupakan barang antik yang tidak akan dapat dilihat di jalan-jalan perkotaan pada umumnya.

9. Museum Bahari

museum bahari, museum bahari jakarta

nativeindonesia.com

Jika ingin melihat koleksi benda-benda yang terkait dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke, datanglah ke Museum Bahari. Di museum ini ada koleksi-koleksi seperti jangkar, teropong, koleksi perahu asli, dan juga miniatur.

10. Museum Bank Indonesia (BI)

Moms yang sedang mulai mengenalkan uang kepada Si Kecil bisa berkunjung ke Museum Bank Indonesia.

Museum ini menyajikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa yang dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara hingga terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953 dan kebijakan-kebijakan Bank Indonesia, meliputi pula latar belakang dan dampak kebijakan Bank Indonesia bagi masyarakat sampai dengan tahun 2005.

Penyajiannya dikemas sedemikian rupa dengan memanfaatkan teknologi modern dan multimedia. Seperti display elektronik, panel statik, televisi plasma, dan diorama sehingga menciptakan kenyamanan pengunjung dalam menikmati Museum Bank Indonesia.

Selain itu terdapat pula fakta dan koleksi benda bersejarah pada masa sebelum terbentuknya Bank Indonesia, seperti pada masa kerajaan-kerajaan Nusantara, antara lain berupa koleksi uang numismatik yang ditampilkan juga secara menarik.

Itulah museum-museum yang menarik untuk dikunjungi Si Kecil. Selain bisa dapat ilmu baru, Si Kecil juga bisa punya kesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan mengasyikan di museum. Seru kan Moms?

Museum mana yang paling menarik? Share yuk!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.