Newborn

30 Desember 2020

1000 Hari Pertama Kehidupan Anak, Ini 3 Hal yang Harus Orang Tua Perhatikan

Moms harus penuhi kebutuhan asuh, asih, dan asah anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mencapai kesehatan mental dan fisik adalah upaya seumur hidup. Tetapi tahukah Moms bahwa 1000 Hari Pertama Kehidupan, yang terjadi hingga anak berusia dua tahun, adalah yang paling penting untuk perkembangan otak, tubuh, metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh Si Kecil?

Sebuah jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, menyebutkan bahwa 1000 hari pertama kehidupan, yang meliputi masa kehamilan dan dua tahun pertama kehidupan, merupakan masa yang rentan dalam perkembangan manusia ketika gizi buruk dapat berdampak jangka pendek dan jangka panjang pada kesehatan dan fungsi anak.

Malnutrisi pada anak selama ini dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari obesitas hingga pertumbuhan yang terhambat.

Baca Juga: Supaya Makin Pintar, Ini Nutrisi dan VItamin Otak untuk Anak 7 Tahun

"Kalau ada sesuatu yang kurang benar dari segi apapun di 1000 Hari Pertama Kehidupan ini, misalnya nutrisi, stimulasi, dan lainnya, maka kerusakannya bersifat irreversible, alias tidak bisa diubah lagi,” jelas dr. Miza Afrizal, dokter spesialis anak dalam Virtual Press Conference Zwitsal 1000 Hari Pertama Si Kecil, Kamis, 17 Desember 2020.

Menurutnya sebisa mungkin, orang tua harus menjaga anak sebaik-baiknya dari mulai di dalam kandungan sampai usia 2 tahun.

Jadi apa saja hal-hal penting yang harus para orang tua perhatikan dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan anak? Yuk kita simak di bawah ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan, orang tua memiliki peran penting dalam menentukan kesehatan gizi si buah hati. Namun selain gizi, ada hal lainnya yang perlu juga diperhatikan.

Menurut dr. Miza, dikatakan bahwa aspek 1000 Hari Pertama Kehidupan itu terbagi menjadi 3 faktor, yaitu asuh, asih, dan asah. Apakah itu? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Asuh

1000 hari pertama kehidupan anak

Foto: Orami Photo Stock

Hal pertama yang perlu diperhatikan pada 1000 Hari Pertama Kehidupan adalah asuh. Apa yang dimaksud dengan asuh? Asuh adalah semua kebutuhan biologis anak, dimulai dari yang paling penting yaitu nutrisi.

“Sejak ibu hamil, nutrisi harus dijaga dengan baik. Kemudian ketika lahir harus IMD, kemudian diberi ASI, sampai MPASI di usia 6 bulan,” tutur dr. Miza.

Bayi membutuhkan kalori, protein, dan nutrisi yang cukup, baik dalam kandungan maupun masa kanak-kanak untuk mendukung kesehatan yang optimal.

Baca Juga: 10 Manfaat Seledri untuk Kesehatan Bayi, dengan Resep MPASI!

Tidak hanya itu saja, saat bayi sudah lahir, memenuhi kebutuhan imunisasi anak juga penting. Jadi jangan sampai Si Kecil nantinya sakit-sakitan. Moms juga diminta untuk membarengi hal ini dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar anak untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembangnya.

2. Asih

1000 hari pertama kehidupan anak

Foto: mother.ly

Hal pertama yang perlu diperhatikan pada 1000 Hari Pertama Kehidupan adalah asih. Selanjutnya adalah asih, yaitu kebutuhan Si Kecil akan kasih sayang, perhatian, pujian, dan sebagainya.

Ini penting diperhatikan, untuk menimbulkan rasa aman (emotional security) dengan kontak fisik dan psikis sedini mungkin antara Si Kecil dengan ibunya. Kebutuhan anak akan kasih sayang, diperhatikan dan dihargai, pengalaman baru, pujian, tanggung jawab untuk kemandirian sangatlah penting untuk diberikan.

Jadi jangan hanya memperhatikan kebutuhan nutrisi anak saya ya, Moms.

3. Asah

1000 hari pertama kehidupan anak

Foto: todaysparent.com

Hal pertama yang perlu diperhatikan pada 1000 Hari Pertama Kehidupan adalah asah. Mungkin bisa ditebak, asah yang dimaksud di sini adalah mengasah kemampuan Si Kecil sejak dini.

Baca Juga: 5 Aktivitas Untuk Mengasah Keterampilan Lokomotor Anak

"Asah itu stimulasi. Kalau asih dan asuh semua sudah bagus, tidak akan ada artinya jika anak tidak terstimulasi dengan baik," ujar dr. Miza.

Asah ini adalah dasar dari proses pembelajaran, pendidikan dan pelatihan yang diberikan sedini dan sesuai mungkin. Terutama di usia 4 – 5 tahun pertama anak (golden year) sehingga anak akan tumbuh dengan etika, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, dan produktivitas yang baik.

Itu dia Moms hal-hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil. Jangan sampai diabaikan, karena ini berpengaruh pada kehidupan anak kelak ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait