Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Food Trend | Apr 27, 2018

12 Bumbu Masak Khas Indonesia yang Moms Wajib Tahu

Bagikan


 

Siapa tak suka rendang? Kelezatan daging sapi sarat bumbu masak khas Indonesia ini bahkan sudah terdengar hingga mancanegara. Racikan aneka bumbu dan cara masak yang khas, membuat masakan asli Padang ini terkenal dan disukai dimana-mana. Ya, itulah ciri khas hampir semua masakan Indonesia: sarat bumbu.

Bumbu masak khas Indonesia memang yang menjadikan masakan terasa lebih lezat, gurih, dan menggugah selera. Negeri Indonesia  memang kaya aneka rempah dan bumbu, tinggal menunggu tangan-tangan terampil untuk meracik dan mengolahnya. Apakah Moms sudah mengerti dan mencoba menggunakan beberapa bumbu masak khas Indonesia di bawah ini?

  1. Asam Jawa

Daging dan kulit buahnya berwarna cokelat dengan rasa sangat asam. Asam jawa sering digunakan dalam bentuk segar atau olahan, dengan cara memasukkan langsung daging buah ke dalam masakan, misalnya pada sayur asam. Bisa juga buah yang sudah matang dilarutkan ke dalam air dan airnya digunakan untuk memberikan rasa asam pada masakan. 

  1. Terasi

Inilah andalan para ibu dalam membuat sambal. Terasi berbentuk pasta (atau padatan) berwarna hitam kecokelatan, yang terbuat dari ikan atau udang yang difermentasikan. Selain digunakan untuk membuat sambal, terasi juga bisa ditambahkan ke dalam masakan, seperti tumis sayuran.  

  1. Kemangi

Daun berbau wangi ini sering ditambahkan ke dalam bubur Manado, aneka pepes atau karedok, sejenis gado-gado yang berisi aneka sayuran mentah. Selain ditambahkan ke dalam masakan, daun kemangi juga bisa dimakan mentah sebagai lalap. Kemangi harus disimpan dengan benar agar tidak busuk. Daya tahan daun kemangi hanya 2 hari pada suhu ruangan, jadi sebaiknya simpan pada lemari es untuk menjaganya agar tetap segar

  1. Daun Salam

Rasanya, hampir semua masakan khas Indonesia menggunakan daun ini. Fungsinya untuk memberi rasa gurih. Daun salam yang digunakan bisa berbentuk segar ataupun kering. Sebaiknya Moms menggunakan daun salam yang masih muda agar tidak pahit dalam masakan. Untuk menggunakannya, Moms bisa meremasnya terlebih dahulu untuk menambah aroma pada masakan. 

  1. Temu kunci

Rempah yang satu ini banyak digunakan dalam masakan asli Jawa dan Sumatera, seperti sayur bening, hidangan ikan, atau urap. Temu kunci membuat masakan memiliki aroma khas. 

  1. Jintan

Rasanya kuat dan pedas, sering digunakan dalam aneka masakan seperti opor, kari, atau gulai. Sebelum digunakan, jintan sebaiknya disangrai terlebih dahulu dan dihaluskan bersama bumbu lainnya.

  1. Kemiri

Kandungan minyaknya membuat segala jenis masakan yang ditambahkan kemiri menjadi lebih gurih. Sangrai terlebih dahulu sebelum digunakan, kemudian dihaluskan bersama bumbu lainnya.

  1. Pala

Rempah ini sering digunakan untuk membuat semur untuk menambah aroma khas pada hidangan. Biasanya, hidangan yang berasal dari Belanda juga sering menggunakan pala sebagai penguat rasa, seperti saat kita membuat macaroni schootel. Cara penggunaannya adalah dengan menaburkan bubuk pala di atas masakan. Tidak perlu banyak-banyak, karena pala memberikan aroma yang cukup tajam.

  1. Merica

Ada dua jenis merica, yaitu merica hitam dan merica putih. Merica hitam adalah merica muda yang tidak dikupas lalu dikeringkan. Sedangkan merica putih merupakan merica tua yang dikupas kemudian dikeringkan. Merica hitam lebih pedas, dan banyak digunakan pada masakan Bali dan Aceh, sedangkan masakan nusantara lainnya, lebih banyak menggunakan merica putih.

  1. Kunyit

Paling sering digunakan untuk membuat opor, gulai, atau makanan lain untuk memberi warna kuning. Kunyit juga berfungsi menghilangkan bau amis pada masakan. 

  1. Jahe

Aromanya cukup tajam, dan harus dimemarkan dahulu sebelum digunakan. Selain ke dalam masakan, jahe juga banyak digunakan dalam minuman tradisional untuk memberi rasa hangat.

  1. Lengkuas

Bentuknya mirip jahe, hanya saja lebih keras dan kulitnya terang kemerahan. Biasa digunakan untuk memasak ayam goreng, nasi uduk, dan masih banyak lagi. 

Foto: Shutterstock

<VAN>

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.