Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Tips Cepat Hamil | Mar 8, 2019

2 Kebiasaan Tidur Ini Ternyata Mempengaruhi Kesuburan!

Bagikan


kebiasaan tidur mempengaruhi kesuburan

Salah satu hal yang penting diperhatikan saat Moms sedang berusaha hamil adalah pola tidur sehari-hari. Mulai dari jumlah waktu tidur hingga kebiasaan tidur.

Moms yang sering begadang misalnya, cenderung mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur dan masalah pada berat badan. Mens yang tidak teratur merupakan salah satu pertanda infertilitas.

Yuk, simak kebiasaan tidur yang kurang baik untuk kesuburan ini.

1. Tidur dengan Lampu Menyala

kebiasaan tidur

Foto: pexels.com

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Fertility and Sterility menyebutkan bahwa tidur dalam keadaan gelap memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan reproduksi perempuan, serta bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Saat Moms tidur, tubuh akan memproduksi hormon melatonin. Hormon ini bertugas mengatur siklus sirkadian atau jam biologis manusia, yaitu kapan waktunya tidur (malam) dan kapan waktunya bangun (siang).

Keadaan gelap akan merangsang tubuh agar memproduksi lebih banyak melatonin dan mengirim sinyal ke otak supaya siap tidur.

Sementara, bila Moms tidur dalam keadaan terang, tubuh akan mengira waktu sudah siang dan mengirim sinyal ke otak agar bangun.

Ternyata, melatonin yang diproduksi oleh kelenjar pineal di otak manusia mempunyai fungsi lain yang berkaitan dengan kesuburan.

Baca Juga: Posisi Tidur Mencerminkan Kepribadian Anda!

Menurut Russel J. Reiter, guru besar bidang biologi seluler di University of Texas Health Science Center di San Antonio, melatonin juga berfungsi melindungi sel telur dari stres oksidatif.

Tidur dalam keadaan terang akan menurunkan produksi melatonin. Oleh karena itu, Reiter menyarankan setiap perempuan yang sedang menjalani program hamil agar mempraktikkan kebiasaan tidur yang sehat.

Di antaranya adalah tidur minimal 8 jam setiap malam, tidur di waktu yang sama setiap hari, dan tidur dalam keadaan gelap.

Riset juga menunjukkan bahwa perempuan yang bekerja dengan sistem shift lebih sulit hamil karena jam biologisnya tidak berjalan dengan normal.

Selain itu, kebiasaan terjaga sepanjang malam juga cenderung mendorong produksi kortisol atau hormon pemicu stres.

Baca Juga: Susah Tidur? Hadirkan 5 Tanaman Ini Di Kamar Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

2. Menonton Tayangan di Gawai

kebiasaan tidur

Foto: dingo.care2.com

Kebiasaan tidur lain yang kurang baik bagi kesuburan adalah menonton televisi atau tayangan lain di gawai.

Pancaran sinar dari televisi ataupun gawai seperti ponsel pintar dan tablet juga dapat membuat bingung jam biologis tubuh dan mengganggu produksi melatonin.

Jadi, mulai sekarang stop begadang untuk lembur atau sekadar menonton film atau serial favorit ya, Moms. Faktanya, kebiasaan tidur pengaruhi kesuburan.

Baca Juga: 5 Sebab Tidur Tak Berkualitas

Upaya memiliki momongan menjadi kurang maksimal bila sehari-hari Moms belum bisa memenuhi kebutuhan tidur minimal 8 jam.

(AN)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.