Balita dan Anak

10 April 2020

3 Hal Ini Jadi Penyebab Utama Radang Amandel Anak

Si Kecil mengalami radang amandel? Ketahui penyebab utama radang amandel anak dengan baik agar tak lagi terjadi padanya di lain hari.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ketika Si Kecil terlihat merasa kesakitan di bagian tenggoran dan disertai susah menelan makanan, Moms harus waspada. Mungkin saja Si Kecil terserang radang amandel.

Kalau dibiarkan dan tidak ditangani dengan benar, hal tersebut bisa menyebabkan tumbuh kembangnya terganggu. Yuk, cari tahu penyebab utama radang amandel anak dan segera berikan penanganan tepat.

Apa Itu Radang Amandel?

penyebab utama radang amandel anak

Foto: ILS Learning Corner

Amandel adalah kelenjar di bagian belakang tenggorokan yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dan bertugas membantu melawan kuman di mulut.

Infeksi yang terjadi di amandel disebut radang amandel atau tonsilitis. Ketika terjadi radang, maka bagian leher Si Kecil akan terasa sakit dan membuatnya merasa tidak nyaman.

Baca Juga: Mengenal Radang Amandel

Gejala Radang Amandel Pada Anak

penyebab utama radang amandel anak

Foto: Healthy Matters

Dilansir Patient, dokter Colin Tidy, Dokter Umum dan Penulis Medis Patient, mengungkapkan bahwa ada beberapa tanda umum radang amandel.

Mulai dari nyeri di tenggorokan yang terkadang parah dan bisa bertahan lebih dari 48 jam, bersama dengan rasa sakit saat menelan, rasa nyeri yang menusuk telinga, sakit perut, sakit kepala, dan kehilangan suara atau perubahan suara.

Penyebab Radang Amandel

penyebab utama radang amandel anak

Foto: Mount Elizabeth

Ternyata ada 3 penyebab utama radang amandel anak yang harus Moms waspadai. Alanna Levine, seorang dokter anak di Boston Children's Health Physicians mengungkapkan pentingnya Moms mengetahui penyebab radang amandel pada si kecil.

"Penting untuk mengetahui tanda dan gejala berbeda yang disebabkan oleh virus atau infeksi bakteri untuk mendapatkan perawatan yang tepat," jelasnya.

Baca Juga: 4 Tanda Amandel Anak Bengkak, Waspada!

1. Virus

Virus adalah penyebab paling umum dari tonsilitis. Virus yang menyebabkan pilek sering menjadi sumber radang amandel, tetapi virus lain juga dapat menyebabkannya. Beberapa jenis virus yang bisa jadi penyebab utama radang amandel anak adalah Adenovirus, Rhinovirus, dan virus Parainfluenza.

2. Bakteri

Radang amandel juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Salah satu bakteri yang menyebabkan kondisi ini adalah Streptococcus, yakni bakteri yang juga menjadi penyebab radang tenggorokan.

"Radang tenggorokan adalah penyebab umum dari tonsilitis atau radang amandel, tetapi itu bukan satu-satunya penyebab," ungkap Kara Meister, seorang ahli bedah kepala dan leher dari Stanford Children's Health, dikutp dari TODAY.

3. Penyebaran Lewat Kontak

Hindari Si Kecil berdekatan dengan orang yang sedang menderita batuk, pilek, atau radang. Droplet atau percikan air liurnya bisa menempel di dekat tubuh Si Kecil dan menularinya.

Ajari juga Si Kecil kebiasaan cuci tangan sebelum makan atau memegang wajahnya, terutama mulut, hidung, dan mata.

Baca Juga: 3 Penyebab Radang Amandel pada Bayi, Jangan Dibiarkan ya Moms!

Cara Penanganan Radang Amandel

Si Kecil tidak perlu sampai dirawat di rumah sakit saat menderita penyakit ini. Setelah bertemu dokter dan diberi obat, Moms bisa melakukan perawatan di rumah yang aman dan dijamin bisa membuatnya lebih merasa nyaman.

  • Pastikan Si Kecil istirahat maksimal. Tidur siang dan tidur malamnya harus tepat waktu untuk proses penyembuhan terbaik
  • Bantu ia memenuhi cairan dalam tubuhnya untuk mencegah dehidrasi
  • Hindari memberikan makanan yang keras dan sulit ditelan
  • Si Kecil harus tinggal di rumah sampai demamnya hilang dan mereka dapat menelan lagi. Ini biasanya tiga sampai empat hari
  • Minta anak berkumur dengan air garam hangat. Berkumur dapat membantu mengurangi rasa sakit tenggorokannya.

Cari tahu penyebab utama radang amandel anak supaya Moms bisa melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Semuanya demi kesehatan dan kenyamanan Si Kecil.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait