2-3 tahun

27 April 2019

3 Ide Merenovasi Halaman Rumah agar Jadi Lebih Menyenangkan untuk Balita

Aktivitas seru dan edukatif juga bisa dilakukan di halaman rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

https://www.shutterstock.com/image-photo/picture-woman-childs-hands-painting-on-333857033?src=Un5mCwrmwxHu0wKQpFT6eg-1-17

https://www.shutterstock.com/image-photo/little-girl-colorful-balloons-running-towards-1251822370?src=eKxuRZLeNRD8pnffemqhyA-1-33

Moms, pernahkah terpikirkan untuk menyulap halaman rumah menjadi tempat bermain edukatif untuk mendukung tumbuh kembang balita?

Seperti dikatakan psikolog anak Danae Lund Ph.D. pada Sanford Health News, bermain di halaman atau luar ruangan dapat memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang dan kesehatan balita.

Mulai dari mendorong balita untuk bergerak aktif, mendukung perkembangan kognitif dan sosial emosional, meningkatkan kemampuan sensori, memperpanjang rentang perhatian, sampai meningkatkan kekebalan tubuh dan mood.

Baik berukuran besar atau kecil, halaman rumah untuk balita selalu bisa Moms sulap dengan berbagai fasilitas yang bersifat edukatif dan menyenangkan.

Yuk, lihat dulu beberapa ide menyulap halaman rumah untuk balita yang seru tapi tetap ramah di kantong Moms.

1. Permukaan Vertikal untuk Menggambar

3 ide menyulap halaman rumah jadi lebih menyenangkan untuk balita 1

Foto: parents.com

Tahukah Moms, ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapatkan bila balita rutin beraktivitas di permukaan vertikal seperti dinding atau kanvas, seperti:

- Mengasah kesadaran dan pemahaman spasial.

- Melatih koordinasi mata dan tangan.

- Memperbaiki postur dan jangkauan tubuh.

- Memperkuat genggaman jari.

Nah, mengecat sebagian dinding dengan cat papan tulis atau melapisinya dengan papan tulis putih bisa Moms coba untuk menyulap halaman rumah jadi tempat balita berkreasi dan belajar.

Jangan lupa sediakan tempat spidol atau kapur dalam tempat tahan air di dekat permukaan vertikal agar Si kecil bisa menggambar kapanpun dia mau.

Baca Juga: Viral Ibu Kasar Memberi Makan Anak, Ini Dia 5 Tips Memberi Makan Anak yang Baik

2. Papan Keseimbangan

3 ide menyulap halaman rumah jadi lebih menyenangkan untuk balita 2

Foto: icanteachmychild.com

Saat menyulap halaman rumah untuk balita, jangan lupa lengkapi dengan aktivitas atau permainan untuk melatih keseimbangan ya, Moms.

Selain penting untuk perkembangan motorik optimal, keseimbangan yang baik juga penting untuk mendukung pembelajaran dan tumbuh kembang balita secara menyeluruh.

Moms bisa membuat papan keseimbangan dari kayu tebal sepanjang 1 meter, yang di setiap ujungnya diganjal dengan balok kayu setebal 5 cm.

Supaya lebih aman, pastikan setiap ujung papan dipaku dengan kuat dan ditaruh di area datar sehingga tidak mudah bergoyang.

Baca Juga: Supaya Tidak Kram, Ajarkan Anak 5 Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang

3. Dinding Air

3 ide menyulap halaman rumah jadi lebih menyenangkan untuk balita 3

Foto: upcyclecrc.org

Menurut Dr. Suzy Green, psikolog klinis dan pendiri The Positivity Institute, bermain air adalah aktivitas tidak terstruktur yang baik untuk melatih kekuatan tubuh, mengenalkan konsep matematika dan sains, juga menenangkan.

Supaya tidak bosan hanya bermain air dari kolam atau ember, Moms bisa menyulap halaman rumah untuk balita dengan menambahkan dinding air sebagai aktivitas permukaan vertikal.

Tidak sulit membuatnya kok Moms. Susun botol plastik, gelas plastik, selang, atau berbagai wadah lain yang sudah dibolongi satu ujungnya secara vertikal, agar air yang dimasukkan dari atas bisa mengalir ke bawah dan masuk kembali ke ember.

Baca Juga: Ajarkan 4 Prinsip Dasar Ini Agar Si Kecil Dapat Tumbuh Sopan

Sebagai variasi, dinding air juga bisa dimainkan dengan pasir, mobil-mobilan, atau garam berwarna.

Seru sekali ya, Moms? Apa Moms punya ide lain untuk merenovasi halaman rumah menjadi lebih seru dan edukatif untuk balita?

(WA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait