Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Food Trend | May 17, 2018

3 Kandungan Wajib dalam Makanan Berbuka Puasa

Bagikan


Selama bulan puasa, sangatlah penting untuk mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka agar terhindar dari berbagai serangan penyakit dan juga menurunnya daya tahan tubuh.

Suatu sajian dikategorikan sebagai makanan sehat apabila memiliki kandungan zat-zat yang baik untuk tubuh, misalnya vitamin, mineral, protein, dan juga serat. Saat berbuka, Moms membutuhkan makanan sehat dengan kandungan tertentu yang mempu mengembalikan energi setelah berpuasa seharian.

Nah, ingin tahu kandungan apa saja yang wajib ada dalam makanan berbuka puasa? Yuk, simak penjelasannya berikut!

1. Karbohidrat

foto: myfooddiary.com

Zat yang satu ini merupakan sumber energi yang wajib ada dalam sajian berbuka karena ampuh meningkatkan stamina setelah seharian berpuasa.

Selain nasi, Moms bisa mendapatkan karbohidrat dari makanan lainnya seperti roti gandum, beras merah, pasta, dan juga sereal.

Untuk memperoleh asupan karbohidrat dari sayuran, pilihlah bayam, kol, brokoli, dan juga buncis untuk diolah menjadi makanan sehat yang mempu mengembalikan energi.

Moms juga bisa mengolah buah pisang, apel, dan beri-berian menjadi makanan sehat yang kaya akan karbohidrat dan cocok dikonsumsi sebagai hidangan penutup saat berbuka.

Baca juga: Apa Sumber Karbohidrat yang Baik untuk Anak Selain Nasi?

2. Protein

foto: desiretoeat.com

Kandungan wajib dalam makanan berbuka puasa berkitnya adalah protein.

Protein memiliki begitu banyak manfaat penting untuk tubuh dan mampu menggantikan energi yang telah terpakai untuk beraktivitas seharian.

Ada begitu banyak sumber protein yang bisa diolah menjadi makanan sehat, misalnya daging sapi, ayam, ikan, dan juga telur.

Apabila Moms ingin menyantap makanan sehat dan kaya protein yang terbuat dari bahan nabati, tahu dan tempe merupakan pilihan yang tepat.

Agar lebih sehat, hindari mengolah tahu dan tempe dengan cara digoreng dan beralihlah ke metode masak seperti misalnya mengukus atau memanggang.

3. Serat

foto: foodguyadventures.com

Selain memiliki peran penting untuk menghasilkan energi dalam tubuh, serat juga dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Serat bisa didapatkan dari berbagai sayuran seperti jagung, kacang hitam, edamame, dan juga brokoli.

Variasikan bahan makanan tersebut dengan sumber protein seperti daging atau ikan sebagai sajian berbuka untuk disantap keluarga tercinta selama bulan Ramadan.

Moms juga bisa memperoleh kandungan serat dari buah avokad, pir, dan juga apel.

Akan tetapi, pastikan Moms mengonsumsi buah-buahan tersebut dalam keadaan segar dan tidak mencampurnya dengan terlalu banyak sirup atau gula karena dapat memicu risiko diabetes dan juga obesitas.

Mulai saat ini, pastikan tiga kandungan tersebut ada dalam menu berbuka yang Moms nikmati bersama keluarga.

Agar manfaat yang didapatkan dari makanan sehat menjadi lebih optimal, hindari menggoreng dan merebus bahan makanan terlalu lama karena bisa menghilangkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

(BILNA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.