Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
2 Desember 2019

3 Langkah Mengatasi Folikulitis Pada Anak

Segera atasi supaya tidak bertambah parah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Folikulitis atau peradangan folikel rambut bisa terjadi di bagian tubuh anak mana pun yang memiliki rambut, termasuk juga kulit kepala.

Menurut American Association of Family Physician, folikulitis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, iritasi bahan kimia, ataupun cedera fisik. Namun folikulitis pada kulit kepala anak juga bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti:

  • Sering mengikat rambut dengan kencang.
  • Sering menarik atau memuntir rambut.
  • Sering memakai topi atau helm.
  • Sering menggaruk atau menggosok kepala.
  • Keramas tidak bersih sehingga banyak sisa shampoo menumpuk di kulit kepala.

Baca Juga: Waspada Tinea Captitis, Infeksi Jamur di Kulit Kepala Anak

Folikulitis pada kulit kepala anak biasanya dimulai dari garis rambut. Jadi kalau Moms melihat gejala seperti sekelompok bentol kecil berujung putih yang terasa gatal dan sakit, segera lakukan beberapa langkah mengatasi folikulitis pada anak berikut ini:

Ubah Gaya Rambut

mengatasi folikulitis pada anak

Foto: 2bstronger.com

Anak perempuan yang punya rambut panjang biasanya merasa lebih nyaman beraktivitas dengan rambut diikat atau dikepang dengan kencang ya, Moms?

Sebagai langkah pertama untuk mengatasi folikulitis pada anak, sebaiknya mulai biasakan anak menggerai rambut atau mencoba gaya rambut lain yang tidak menyebabkan trauma pada folikel rambut.

Jangan lupa, selalu jaga kebersihan topi dan helm yang sering digunakan anak. Supaya bekas keringat serta kotoran tidak menumpuk dan jadi sarang bakteri.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Kulit Kepala Korengan

Gunakan Shampoo Anti Ketombe

mengatasi folikulitis pada anak

Foto: naturesaid.ca

Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala sangat penting dalam mengatasi folikulitis pada anak lho, Moms.

Folikulitis yang ada di area garis rambut bisa dibersihkan dengan sabun anti bakteri sebanyak dua kali, pada pagi dan malam hari. Bersihkan perlahan dan setelahnya keringkan dengan handuk kering.

Seperti dikutip dari situs healthline.com, keramas dengan shampo yang mengandung zat anti jamur seperti ketoconazole, ciclopirox, atau tea tree oil .

Hindari keramas dengan air panas karena dapat membuat folikulitis semakin teriritasi. Lebih baik gunakan air hangat suam kuku dan pastikan rambut dibilas sampai bersih ya, Moms.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mudah Kenali Jenis Kulit Kepala?

Kompres Hangat

mengatasi folikulitis pada anak

Foto: moneycrashers.com

Nah, ini dia cara andalan untuk mengatasi folikulitis pada anak di bagian tubuh manapun. Selain meredakan rasa gatal, memberikan kompres hangat juga membantu mempercepat hilangnya bentol akibat folikulitis.

Caranya mudah kok, Moms. Cukup rendam handuk atau kain bersih di dalam air hangat, peras hingga tidak ada air menetes, lalu letakkan di area kulit kepala yang bermasalah.

Jangan segan berkonsultasi ke dokter kalau Moms sudah melakukan langkah mengatasi folikulitis pada anak di atas, tapi gejalanya tidak kunjung hilang, bentol bertambah merah dan membesar, atau Si Kecil jadi demam.

Bagaimana Moms, sudahkah mengajarkan Si Kecil cara menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala agar terhindar dari folikulitis?

WA

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait