3-5 tahun

3-5 TAHUN
13 April 2020

3 Rekomendasi Buku Parenting untuk Orang Tua Zaman Now

Rekomendasi buku parenting orang tua dalam membesarkan anak di era digital
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, tengok rekomendasi buku parenting di sini.

Di era sekarang, yang banyak disebut dengan zaman now, orang tua memiliki kemewahan dalam hal informasi mengenai parenting atau pengasuhan anak. Ada begitu banyak rekomendasi buku parenting yang dapat Moms dan Dads pilih untuk membantu mengasuh si Kecil.

Baca Juga: Agar Siap, Baca 4 Rekomendasi Buku Persiapan Melahirkan Ini!

Rekomendasi Buku Parenting

Komunikasi, kemandirian, dan teknologi, merupakan tiga hal penting yang tak boleh diabaikan dalam mengasuh anak.

Rekomendasi buku parenting berikut menawarkan wawasan yang dapat membantu Moms dan Dads mendalami ketiga hal tersebut dalam mengasuh si Kecil.

1. How to Deal with Your Child

Penulis: Hanlie Muliani, M. Psi, Psi.

ID_EMK2016MTH02HTDWYC_B.jpg

Foto: ebooks.gramedia.com

Rekomendasi buku parenting How to Deal with Your Child ini ingin mengingatkan Moms dan Dads bahwa hubungan antara orang tua dan anak akan selalu berubah atau berkembang.

Namun, terkadang orang tua terlalu fokus pada hal lain, seperti prestasi atau pencapaian anak, dan tidak melakukan upaya khusus untuk menjaga kedekatan dengan anak.

Buku ini menawarkan sejumlah cara yang dapat orang tua lakukan untuk menjaga hubungan yang baik dengan anak sampai ia dewasa kelak.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Bayi dan Balita dengan Cerita yang Menarik

2. How to Raise Successful People

Penulis: Esther Wojcicki

howtoraise.png

Foto: raisesuccessfulpeople.com

Penulis buku ini adalah ibu dari tiga perempuan yang memiliki karier cemerlang di bidangnya masing-masing, yaitu Susan (CEO YouTube), Anne (CEO 23andMe), and Janet (peneliti bidang antropologi dan epidemiologi dan dosen di University of California San Francisco).

Buku How to Raise Successful People ini memaparkan pola pengasuhan yang penulis praktikkan kepada ketiga putrinya sejak mereka kecil yang ia sebut TRICK, yaitu singkatan dari Trust, Respect, Independence, Collaboration, and Kindness.

Secara umum,TRICK berlawanan dengan gaya pengasuhan helicopter parenting. Moms dan Dads yang ingin tahu cara mendidik anak agar mandiri sejak balita dan saat dewasa berani mengejar passion-nya dapat mencoba gaya pengasuhan TRICK yang dipaparkan di buku parenting orang tua ini.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih, Perhatikan 7 Hal Ini Saat Mencari Buku Cerita Anak

3. The Big Disconnect: Protecting Childhood and Family Relationships in the Digital Age

Penulis: Catherine Steiner-Adair EdD. dan Teresa H. Barker

x510.jpg

Foto: harpercollins.com

Di era digital ini, teknologi, terutama gawai dan Internet, menjadi salah satu faktor yang menghalangi kedekatan orang tua dan anak. Namun, tidak semua keluarga – termasuk orang tua – menyadari hal itu.

Padahal, orang tua adalah sosok penting yang dapat memberikan interaksi mendalam dan bermakna kepada anak – kualitas hubungan yang tidak bisa ia dapatkan dari gawai maupun Internet.

Rekomendasi buku parenting The Big Disconnect: Protecting Childhood and Family Relationships in the Digital Age ini menawarkan pandangan untuk membantu orang tua memahami secara tepat dan bijaksana cara menyikapi keterlibatan teknologi dalam keluarga.

Nah, itulah aneka rekomendasi buku parenting untuk Moms dan Dads baca. Adakah yang sudah membacanya di sini?

Artikel Terkait