Kesehatan

KESEHATAN
14 Oktober 2020

Ini Manfaat Infused Water Lemon, Serta Cara Membuat dan Resepnya!

Buat tubuh jadi lebih segar dengan resep infused water lemon ini, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Infused water sudah populer sejak beberapa tahun lalu karena memiliki banyak sekali khasiat. Banyak restoran menyajikannya secara rutin, dan beberapa orang memulai hari mereka dengan air lemon sebagai pengganti kopi atau teh.

Infused water lemon terbuat dari jus lemon yang dicampur dengan air. Kita bisa juga menambahkan potongan lemon segar di dalamnya. Jumlah jus lemon dalam air lemon tergantung pada preferensi orang masing-masing. Kita bisa meminumnya dingin atau panas.

Lalu, seperti apa manfaat infused water lemon dan bagaimana cara membuatnya?

Beberapa orang juga memilih menambahkan kulit lemon, daun mint, madu, kunyit, atau bahan lainnya. Lemon memang enak, tetapi apakah menambahkannya ke air membuat kita lebih sehat?

Infused water dinilai bisa mendetoksifikasi dan memperlancar metabolisme tubuh, anti-aging, serta menurunkan berat badan. Untuk itu, tak ada salahnya untuk tetap mengonsumsi infused water walau kini sudah tidak sepopuler dulu.

Banyak bukti yang mendukung manfaat kesehatan air lemon bersifat anekdot. Sedikit penelitian ilmiah telah dilakukan secara khusus pada air lemon, tetapi penelitian tentang manfaat lemon dan air secara terpisah ada.

Untuk melihat manfaat infused water lemon lebih lajut, kita simak yuk.

Baca Juga: Resep Salad Buah Lemon Keju, Segar!

Manfaat Infused Water Lemon

manfaat infused water lemon

Foto: Orami Photo Stock

Berikut ini adalah manfaat yang bisa kita dapatkan untuk tubuh dari infused water lemon.

1. Akan Meningkatkan Hidrasi

Menurut Food and Nutrition Board, pedoman umum mengatakan bahwa wanita harus mendapatkan setidaknya 91 ons per hari dan pria harus mendapatkan setidaknya 125 ons. Ini termasuk air dari makanan dan minuman.

Air adalah minuman terbaik untuk hidrasi, tetapi beberapa orang tidak menyukai rasanya sendiri. Menambahkan lemon meningkatkan rasa air, yang dapat membantu kita minum lebih banyak.

Manfaat infused water lemon di pagi hari adalah cara yang bagus untuk memulai hari kita, dan menikmatinya sepanjang hari membantu kita tetap terhidrasi.

Cobalah menukar minuman yang dimaniskan dengan gula dengan air lemon dan tambahkan lemon segar ke minuman sehat seperti teh herbal.

2. Merupakan Sumber Vitamin C yang Baik

Buah jeruk seperti lemon kaya akan vitamin C, antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari radikal bebas yang merusak. Moms mungkin pernah mendengar bahwa vitamin C dapat membantu mencegah atau membatasi durasi flu biasa pada beberapa orang.

Vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, serta menurunkan tekanan darah. Ini menjadi manfaat infused water lemon lain.

Meskipun lemon tidak termasuk dalam daftar buah jeruk tinggi vitamin C, lemon masih merupakan sumber yang baik.

Menurut United States Department of Agriculture, jus satu lemon menyediakan sekitar 18,6 miligram vitamin C.Jumlah harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 65 hingga 90 miligram.

3. Mendukung Penurunan Berat Badan

Manfaat infused water lemon juga dapat mendukung penurunan berat badan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon secara signifikan mengurangi penambahan berat badan pada tikus yang diberi makan berlebihan untuk memicu obesitas.

Dalam studi tikus ini, senyawa antioksidan juga mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin, dua faktor utama dalam perkembangan diabetes tipe 2.

Meski hasil yang sama perlu dibuktikan pada manusia, bukti anekdot kuat bahwa air lemon mendukung penurunan berat badan. Apakah ini karena orang yang hanya minum lebih banyak air dan merasa kenyang atau jus lemon itu sendiri masih belum jelas.

Baca Juga: 4 Menu Sarapan Untuk Turunkan Berat Badan

4. Mengobati Batu Ginjal

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat infused water lemon dapat membantu mengobati batu ginjal. Tampaknya paling efektif bersama terapi konvensional, tetapi mungkin juga merupakan pengobatan alternatif yang bermanfaat.

Batu ginjal adalah penumpukan mineral yang terkumpul di ginjal. Mereka biasanya terdiri dari kalsium oksat. Perawatan yang paling umum adalah senyawa yang disebut sitrat.

Meningkatkan jumlah sitrat dalam tubuh mencegah pembentukan batu ginjal dengan menghentikan kalsium dari ikatan dengan senyawa lain. Manfaat infused water lemon mengandung sitrat dalam jumlah tinggi.

Menurut penelitian dalam U.S. National Library of Medicine, banyak penelitian telah menemukan bahwa buah jeruk, termasuk lemon, dapat meningkatkan kadar sitrat urin, yang dapat membantu mengobati batu ginjal.

Kekurangan air dalam tubuh adalah penyebab umum batu ginjal. Karena itu, minum lebih banyak air dapat membantu mencegah batu ginjal, terlepas dari ada atau tidaknya lemon di dalamnya.

5. Meningkatkan Kualitas Kulit Kita

Vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan akibat sinar matahari.

Bagaimana air memperbaiki kulit masih kontroversial, tetapi satu hal yang pasti, jika kulit kita kehilangan kelembapan, maka kulit menjadi kering dan rentan keriput.

Dalam jurnal Antioxidant and Anti-ageing Activities of Citrus-based Juice Mixture, menunjukkan bahwa minuman berbasis jeruk membantu mencegah perkembangan keriput pada tikus yang tidak berbulu.

Manfaat infused water lemon dapat membantu meningkatkan kualitas kulit.

6. Membantu Memperlancar Pencernaan

Beberapa orang minum air lemon sebagai pencahar pagi hari untuk membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat atau panas saat bangun tidur dapat membantu sistem pencernaan kita bergerak.

Pengobatan tradisional mengatakan rasa asam lemon membantu merangsang "agni" kita. Dalam pengobatan, agni yang kuat memulai sistem pencernaan, memungkinkan kita mencerna makanan dengan lebih mudah dan membantu mencegah penumpukan racun.

Baca Juga: 5 Makanan Berserat untuk Lancarkan Pencernaan, Patut Dikonsumsi Lebih Banyak

7. Membantu Menyegarkan Napas

Pernahkah Moms mengoleskan lemon pada tangan untuk menghilangkan bau bawang putih atau bau menyengat lainnya?

Obat tradisional yang sama mungkin berlaku untuk bau mulut yang disebabkan oleh makan makanan dengan bau yang kuat seperti bawang putih, bawang merah, atau ikan.

Moms dapat menghindari bau mulut dengan meminum segelas air lemon setelah makan dan di pagi hari. Lemon dianggap merangsang air liur dan air juga membantu mencegah mulut kering, yang bisa memicu bau mulut akibat bakteri.

Ini tentunya menjadi manfaat infused water lemon yang tak kalah hebat.

8. Meningkatkan Tekanan Darah Yang Sehat

Kebiasaan minum infused water lemon setiap hari dapat membantu menjaga tekanan darah tetap sehat, kata para peneliti dari sebuah penelitian yang muncul di Journal of Nutrition and Metabolism pada tahun 2014.

Wanita paruh baya yang menambahkan lemon ke dalam rutinitas harian mereka, bersama dengan berjalan kaki, mengalami hal yang signifikan, yaitu penurunan tekanan darah, menurut hasil penelitian.

Terlebih lagi, jumlah asupan lemon berkorelasi dengan penurunan tekanan darah. Semakin banyak lemon yang dikonsumsi wanita, semakin rendah tekanan darah mereka.

Semua lebih banyak alasan untuk memasukkan lemon sebagai bagian dari makanan sehat dan merasakan manfaat infused water lemon.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Peppermint untuk Rambut

Cara Membuat Infused Water Lemon

manfaat infused water lemon

Foto: Orami Photo Stock

Untuk mendapatkan manfaat infused water lemon, Moms perlu meminumnya secara konsisten, dan kita membutuhkan lebih dari satu irisan lemon di cangkir kita.

Saat membuat air lemon, selalu gunakan lemon segar daripada lemon buatan dari botol.

Untuk membuat air lemon, peras setengah buah lemon ke dalam 250 ml air hangat atau dingin. Untuk membuat minuman ini sesehat mungkin, gunakan air yang telah disaring dan lemon organik.

Tambahkan lebih banyak rasa atau tambahkan bahan kesehatan ke air lemon dengan menambahkan:

  • beberapa daun mint
  • satu sendok teh sirup maple atau madu mentah
  • seiris jahe segar
  • sejumput kayu manis
  • taburan kunyit

Moms juga bisa menambahkan irisan buah jeruk segar lainnya seperti jeruk nipis dan jeruk, atau irisan ketimun. Selalu cuci produk dengan baik sebelum mengiris dan menggunakan.

Membuat es batu lemon adalah cara yang bagus untuk menambahkan lemon ke dalam air dengan cepat. Cukup peras jus lemon segar ke dalam cetakan es batu dan bekukan. Jatuhkan beberapa kubus ke dalam segelas air dingin atau panas sesuai kebutuhan.

Moms bisa memulai pagi dengan secangkir air lemon hangat, dan menyimpan sebotol air yang diisi dengan beberapa irisan lemon di lemari es untuk diminum sepanjang hari.

Resep Infused Water Lemon

Jika Moms ingin berkreasi dan merasakan manfaat infused water lemon, coba beberapa resep di bawah ini, yuk.

1. Infused Water Stroberi, Lemon, dan Basil

stroberi

Bahan:

  • 5 buah stroberi, potong-potong
  • 1/2 buah lemon, iris
  • Segelintir kecil daun basil
  • 1 liter air dan es batu

Cara Membuat:

  1. Isi tempat minum kita dengan es batu dan buahnya
  2. Remas sedikit daun basil agar mengeluarkan rasa dan tuang air dingin
  3. Simpan infused water di kulkas selama satu jam

2. Infused Water Blueberry dan Lemon

blueberry

Bahan:

  • 2 buah jeruk mandarin, potong-potong
  • 1 genggam buah blueberry
  • 1 liter air dan es batu

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan dalam pitcher dan masukkan ke kulkas selama 2-24 jam agar air ter-infused.

Baca Juga: 8 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

3. Infused Water Stroberi, Lemon, Timun dan Daun Mint

cucumber

Bahan:

  • 5 buah stroberi, potong-potong
  • 1/2 buah lemon, iris
  • 1/2 timun, iris
  • sedikit daun mint
  • 1 liter air dan es batu

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan dalam pitcher dan tunggu selama 10 menit. Enjoy!

Itu dia Moms manfaat infused water lemon yang bisa kita dapatkan. Apakah Moms tertarik mencobanya?

Artikel Terkait