Kehamilan

3 Juni 2020

3 Seafood yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil, Apa Saja?

Tak semua jenis seafood terutama ikan aman untuk ibu hamil.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie
Disunting oleh Dina Vionetta

Seafood merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Food and Drug Administration (FDA), Environmental Protection Agency (EPA), dan Pedoman Diet Amerika 2015-2020 merekomendasikan wanita hamil mengonsumsi berbagai jenis makanan laut yang rendah merkuri, setidaknya 340 gram dalam seminggu.

Dalam makanan laut, terdapat banyak nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin dalam kandungan.

Jenis Seafood yang Aman untuk Ibu Hamil

Dilansir dari Hello Motherhood, seorang wanita hamil tetap harus berhati-hati dalam memilih makanan laut termasuk ikan untuk menghindari kontaminasi berbahaya seperti merkuri.

Berikut ini jenis seafood yang aman untuk ibu hamil.

Baca Juga: Berapa Usia Tepat untuk Mengenalkan Balita Pada Seafood?

1. Simping

Seafood yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil 2.jpg

Foto: cooktasteeat.com

Simping merupakan jenis seafood yang aman untuk hamil.

Simping atau memiliki asam lemak omega 3 dan merupakan sumber protein yang akan mengoptimalkan perkembangan otak, sistem indera, dan sistem saraf pada janin.

Kerang simping dengan rasanya yang gurih dengan teksturnya yang kenyal dan khas sering dianggap sebagai makanan yang berbahaya bagi kehamilan karena memiliki sifat yang dapat menyerap logam berat serta limbah di habitatnya.

Namun, Moms perlu mengetahui bahwa mengonsumsi kerang simping saat hamil tidak semengerikan itu.

Selain mengandung omega 3, kerang mengandung omega 6, zinc, yodium, tembaga, zat besi, selenium, vitamin A, vitamin E, dan vitamin B kompleks.

Sumber nutrisi yang berlimpah pada kerang akan membantu memenuhi kecukupan nutrisi dan gizi Moms serta janin dalam kandungan, sehingga kualitas kesehatan terus meningkat.

Namun, Moms perlu memperhatikan cara memakan kerang yang baik saat hamil. Hindari mengonsumsi kerang dalam keadaan setengah matang atau mentah.

Baca Juga: Kaya DHA dan Omega-3, Ini Panduan Konsumsi Seafood saat Hamil

2. Udang

Seafood yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil 3.jpg

Foto: flo.health

Menurut American Pregnancy Association (APA), udang merupakan salah satu jenis seafood yang aman untuk ibu hamil.

Udang merupakan salah satu jenis seafood yang tinggi protein, mengandung merkuri dan kadar lemak yang rendah, sehingga menjadi salah satu jenis seafood yang direkomendasikan untuk ibu hamil.

Kadar lemak yang rendah membuat Moms tidak perlu mengkhawatirkan kenaikan badan atau tingkat lemak yang tidak baik bagi kesehatan.

Protein dalam udang dapat membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.

Zat besi dalam udang akan mengurangi risiko anemia dan membantu dalam memberikan pasokan darah ke janin, serta mengurangi risiko bayi lahir prematur.

Tidak hanya sampai itu saja, udang memiliki kandungan omega 3 yang membantu dalam perkembangan sistem saraf dan mata bayi, mengandung eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA) yang dapat melahirkan bayi dengan keterampilan kognitif yang baik.

Udang juga mengandung kalium, natrium, kalium, magnesium, vitamin A, D, E, B3, dan B12 yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Baca Juga: Enaknya Makan Lepas Tarawih dengan Resep Udang Masak Tauco Super Gurih

3. Ikan Salmon

Seafood yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil 1.jpg

Foto: questionjapan.com

Jenis seafood yang aman untuk ibu hamil selanjutnya adalah ikan salmon.

Ikan salmon mengandung lemak omega 3 yang baik dikonsumsi ibu hamil.

Kandungan ini akan membantu meningkatkan visual dan perkembangan otak janin, anti peradangan.

Nutrisi yang terkandung dalam ikan salmon akan meminimalisir risiko kelahiran prematur serta menurunkan tekanan darah tinggi selama kehamilan.

Sementara protein dan vitamin dalam ikan salmon membantu pertumbuhan otot janin dan mengatur sistem metabolisme dalam tubuh janin.

Bagi Moms, ikan salmon akan memberikan sumber energi dan mengatur pertumbuhan hormon selama kehamilan.

Ikan salmon mengandung pula vitamin A yang meningkatkan kesehatan mata, vitamin D mencegah osteoporosis, dan vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit.

Itu dia aneka seafood yang aman dikonsumsi ibu hamil. Jangan lupa juga perhatikan kesegarannya.

Tidak semua seafood dapat dikonsumsi selama kehamilan, karena beberapa di antaranya memiliki kandungan merkuri dan zat berbahaya lainnya yang dapat mengancam kesehatan ibu dan janin.

Moms perlu pintar memilih serta mengetahui cara aman mengonsumsi seafood.

Baca Juga: Apakah Anak Boleh Diberikan Bubur Instan?

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait