Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Anak | May 28, 2018

3 Tips Sehat Membantu Anak Tumbuh Lebih Tinggi

Bagikan


Tinggi badan anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti genetis, nutrisi sehari-hari, dan aktivitas anak.

Meskipun gen merupakan faktor terbesar yang memengaruhi tinggi badan seseorang, bukan berarti tidak ada tips sehat yang bisa diikuti untuk menambah tinggi badan anak yang di bawah normal.

Memberikan nutrisi seimbang dan latihan fisik teratur merupakan salah satu tips sehat mendapatkan tinggi badan yang proporsional.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini tips sehat untuk membantu anak tumbuh lebih tinggi.

1. Menjaga pola makan

Pertumbuhan tulang dan otot yang seimbang dapat membantu anak-anak tumbuh lebih tinggi.

Beberapa mineral dan vitamin dibutuhkan dalam mendukung pertumbuhan tersebut, misalnya kalsium yang berperan aktif dalam pertumbuhan tulang, zinc membantu pertumbuhan badan anak secara keseluruhan, sedangkan vitamin D membantu pertumbuhan tulang dan otot.

Beberapa makanan yang perlu dikonsumsi anak-anak adalah sayur bayam, wortel, kedelai, labu, kacang-kacangan, jamur, gandum, susu, yogurt, daging kambing, kerang, kepiting, ikan laut, dan telur.

Tambahkan makanan tersebut pada menu harian buah hati untuk membantunya tumbuh lebih tinggi.

2. Rutin melakukan aktivitas fisik

Tips sehat berikutnya adalah membantu anak tetap aktif bergerak. Selain menghindari diam dan duduk terlalu lama menonton televisi, anak perlu melakukan olahraga tertentu yang dapat merangsang pertumbuhan tulang dan ototnya.

Mengawali kebiasaan rajin berolahraga tentunya tidak mudah. Jangankan anak-anak, orang dewasa saja sulit untuk membiasakan diri, bukan? Karena itu orang tua perlu menggunakan setiap peluang yang ada.

Kita bisa mengikutsertakan anak ke dalam kegiatan olahraga yang diselenggarakan oleh sekolah berupa kegiatan ekstrakurikuler atau klub olahraga.

Kegiatan ini memerlukan jadwal yang teratur sehingga mau atau tidak mau, anak akan diajak berolahraga sesuai jadwal yang ditentukan.

Tips sehat ini mampu membantu menumbuhkan minat berolahraga dalam diri anak meskipun mereka sedang tidak berada di sekolah.

Peran aktif orang tua juga sangat diperlukan dalam mendukung buah hati berolahraga. Moms tidak bisa menyuruh anak bangun pagi sementara Moms dan Dads sendiri masih di balik selimut, kan?

Demikian juga dengan kebiasaan berolahraga, ajaklah mereka bergerak aktif dengan memberikan contoh yang nyata. Bersepeda bersama di pagi hari, jalan-jalan di taman kota, atau pergi ke gym berdua akan sangat menyenangkan dan menyehatkan.

Baca juga: 6 Nutrisi Penting Untuk Anak Tumbuh Tinggi 

3. Istirahat yang cukup

Anak-anak memang perlu bergerak aktif dalam kesehariannya, namun jangan lupakan jam istirahat.

Jam istirahat bisa diambil siang hari setelah pulang sekolah, dan tentunya malam hari sebelum keesokan paginya kembali beraktivitas.

Tidur yang cukup tidak hanya diperlukan untuk mengistirahatkan tubuh yang kelelahan dan menumbuhkan energi yang baru lagi.

Dalam keadaan tidur, ada beberapa hormon dalam tubuh yang sedang bekerja untuk meningkatkan pertumbuhan fisik sehingga istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk membantu anak tumbuh lebih tinggi.

Dengan rajin menerapkan tips sehat di atas, Moms dapat mendukung pertumbuhan anak supaya lebih tinggi.

Tips di atas tidak hanya diperlukan saat ingin memiliki bentuk tubuh yang proporsional saja, namun juga mendukung kesehatannya dari waktu ke waktu.

Selamat mencoba bersama Si Kecil!

(BILNA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.