Program Hamil

PROGRAM HAMIL
30 Maret 2019

3 Tips Tetap Sehat Bekerja Saat Hamil di Trimester Ketiga

Ada rambu-rambunya agar tetap sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Melahirkan dengan kondisi anak dan Moms sehat adalah keinginan semua Moms yang berada pada trimester ketiga kehamilan.

Saat hamil trimester ketiga banyak hal yang dipikirkan dan dipersiapkan oleh Moms dan pasangan. Tak jarang banyak Moms yang masih bekerja disaat moment itu.

Saat trimester ketiga semakin banyak hal yang membuat Moms sulit melakukan banyak hal, seperti kaki bengkak, sembelit, dan menurunnya penglihatan.

Dari situ kita tahu bagaimana seharusnya Moms melakukan hal yang aman. Di lain sisi banyak hal juga yang membuat Moms tetap bekerja karena banyak faktor dibelakang hal tersebut.

Baca Juga : Saat Trimester Tiga Mual Muntah, Perlukah Khawatir?

Jangan khawatir karena bekerja disaat trimester ketiga bisa kamu lakukan dengan baik asalkan menjaga beberapa hal untuk mendukung pekerjaan Moms di kantor.

Sekarang kita akan membahas apa saja yang harus Moms perhatikan disaat hamil trimester ketiga dan tetap harus bekerja.

Ini lima tips tetap sehat bekerja saat hamil di trimester ketiga, sebagaimana dikutiip dari lifehack.org dan healthline.com.

1. Makanan

ibu hamil kerja 01
Foto: Parents Magazine

Konsentrasi pada apa yang Moms konsumsi khususnya makanan saat hamil.

Banyak Moms berpikir harus makan dua kali lipat dari biasanya karena untuk porsi duaorang Moms dan janin. Moms cukup menambahkan 300kal tambahan pada porsi makan Moms.

Menurut Tracy Davis, MD, ibu hamil juga wajib memperhatikan makanan apa yang masuk ke dalam tubuh.

Sayuran hijau, ikan, karbohidrat, dan serat menjadi makanan yang wajib Moms santap selama trimester ketiga bahkan sebelumnya.

Proses juga menjadi penting mulai dari lokasi pembelian untuk menjamin kesegaran bahan makanan yang akan dikonsumsi, cara pencucian makanan sebelum disantap atau dimasak.

Proses pemasakan yang diwajibkan Moms mengkonsumsi makanan yang matang sempurna, hingga tempat penyimpanan setelah Moms mengkonsumsi makanan tersebut.

Moms bisa memulai membiasakan diri dengan makan dalam porsi kecil dan sering.

Proses makan yang baik adalah dengan mengunyah makanan sebanyak 30 kali dan minuman agar tercampur dengan baik dan mengurangi pekerjaan saluran pencernaan Moms dan air bisa diserap tubuh dengan baik.

Cara lain adalah Moms bisa makan di luar meja makan. Hal ini baik untuk mengurangi stres dan membuat Moms lebih sadar akan makanan.

2. Minuman

5 cara menjaga hubungan tetap hangat meski sudah menikah lama 3
Foto:Baby Center

Moms wajib mengkonsumsi minuman dengan cukup seharinya. Mulai saat hamil hingga trimester ketiga khususnya Moms harus banyak mengkonsumsi air putih.

Memang ini membuat Moms lebih sering keluar masuk toilet. Di luar itu banyak manfaat yang Moms dapatkan seperti membantu aliran limfatik.

Aliran ini berfungsi menghilangkan racun dan hal lain yang membuat tersumbat dan menyebabkan bengkak.

Baca Juga : 5 Risiko yang Dapat Terjadi Jika Ibu Hamil Nekat Naik Pesawat di Trimester Tiga

3. Pergerakan Tubuh

ibu hamil kerja 03
Foto: Hufft Post

Bergerak saat hamil adalah hal yang wajib dilakukan karena bisa membuat Moms lebih sehat dan mengontrol berat badan.

Terlebih olahraga, saat ini kita akan membahas bagaimana posisi yang Moms pilih sangat berpengaruh. Posisi yang Moms pilih juga berpengaruh kepada pola pernapasan.

Saat bekerja Moms bisa meminta bangku yang suportif saat sedang hamil. Ini wajib dilakukan untuk menjaga Moms tetap rileks dan tidak stres saat bekerja.

Tarik napas dalam dan biarkan bahu dalam posisi rileks, tahan selama 4 detik lalu lepaskan.

Kegiatan ini akan membuat detak jantung kembali berdetak normal dan membuat Moms nyaman kembali. Diafragma akan berkontribusi terhadap keseimbangan postural.

Nah, apakah Moms punya pengalaman bekerja saat trimester ketiga?

(GSA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait