Fashion & Beauty

16 Desember 2020

9+ Cara Membuat Wajah Tirus Tanpa Operasi, Yuk Coba!

Selalu mengeluh jika wajah Anda tampak bulat saat selfie? Contek makeup look  yang satu ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Lemak pipi bisa membuat wajah kita terlihat sedikit kembung. Menemukan sudut yang tepat untuk selfie bisa menjadi sebuah tantangan, dan orang-orang mungkin mengira berat badan Moms bertambah. Untuk memperoleh penampilan yang maksimal, Moms pasti ingin memiliki wajah yang tirus.

Namun menurunkan berat badan bisa menjadi tantangan tersendiri, apalagi menurunkan berat badan dari area tertentu di tubuh kita. Khususnya, lemak berlebih di wajah bisa menjadi masalah yang membuat frustrasi jika itu mengganggu kita.

Untungnya, ada banyak strategi yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan membantu membuat wajah terlihat tirus. Lalu apa saja cara membuat wajah tirus yang bisa Moms lakukan? Yuk kita lihat.

Baca Juga: Wajah Tirus Lewat 3 Potongan Rambut Ini

Cara Membuat Wajah Tirus

cara membuat wajah tirus

Foto: Orami Photo Stock

Berikut metode efektif cara membuat wajah tirus dengan menghilangkan lemak yang bisa Moms coba.

1. Lakukan Senam Wajah

Cara membuat wajah tirus yang pertama adalah melakukan senam wajah. Menurut Journal of Clinical and Diagnostic Research : JCDR, senam wajah dapat digunakan untuk memperbaiki penampilan wajah, melawan penuaan, dan meningkatkan kekuatan otot. Menambahkan senam wajah ke dalam rutinitas kita juga dapat mengencangkan otot wajah, membuat wajah tampak lebih ramping.

Beberapa latihan yang paling populer melibatkan menggembungkan pipi dan mendorong udara dari satu sisi ke sisi lain, mengerutkan bibir secara bergantian, dan menahan senyum sambil mengatupkan gigi selama beberapa detik sekaligus.

Meskipun buktinya terbatas, satu ulasan melaporkan bahwa senam wajah dapat membangun kekencangan otot di wajah kita. Studi lain menunjukkan bahwa melakukan latihan otot wajah dua kali sehari selama 8 minggu meningkatkan ketebalan otot dan meningkatkan peremajaan wajah.

2. Tambahkan Kardio ke Rutinitas Kita

Cara membuat wajah tirus yang selanjutnya adalah lakukan kardio. Seringkali, lemak berlebih di wajah Moms disebabkan oleh kelebihan lemak tubuh. Menurunkan berat badan dapat meningkatkan penurunan lemak dan membantu melangsingkan tubuh dan wajah kita.

Latihan kardio, atau aerobik, adalah semua jenis aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung. Ini secara luas dianggap sebagai salah satu metode paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa kardio dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan kehilangan lemak.

Menurut penelitian dalam U.S. National Library of Medicine, cobalah untuk melakukan 150-300 menit olahraga sedang sampai berat setiap minggu, yang berarti sekitar 20-40 menit latihan kardio per hari. Beberapa contoh umum latihan kardio termasuk berlari, menari, berjalan, bersepeda, dan berenang.

Baca Juga: 4 Bahaya Lemak Jenuh untuk Tubuh, Waspada!

3. Minum Lebih Banyak Air

Cara membuat wajah tirus yang selanjutnya adalah minum air lebih banyak. Air minum sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan dan bisa menjadi sangat penting jika Moms ingin membuat wajah tampak lebih tirus.

Studi menunjukkan bahwa air dapat membuat kita merasa kenyang dan meningkatkan penurunan berat badan.

Faktanya, satu studi kecil menemukan bahwa minum air sebelum makan secara signifikan menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa minum air dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita untuk sementara. Meningkatkan jumlah kalori yang kita bakar sepanjang hari dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

4. Kurangi Karbohidrat Olahan

Cara membuat wajah tirus yang selanjutnya adalah kurangi karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan seperti biskuit, crackers, dan pasta adalah penyebab umum penambahan berat badan dan peningkatan penyimpanan lemak.

Karbohidrat ini telah banyak diproses, menghilangkan nutrisi dan seratnya yang bermanfaat dan hanya menyisakan sedikit gula dan kalori.

Karena mengandung sangat sedikit serat, mereka dicerna dengan cepat, menyebabkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah dan risiko makan berlebihan yang lebih tinggi.

Satu studi pada 277 wanita menunjukkan bahwa asupan karbohidrat olahan yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko obesitas yang lebih tinggi dan jumlah lemak perut yang lebih besar.

Meskipun tidak ada penelitian yang melihat secara langsung efek karbohidrat olahan pada lemak wajah, menukarnya dengan biji-bijian dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan secara keseluruhan, yang juga dapat membantu menghilangkan lemak di wajah, sehingga tampak lebih tirus.

5. Ubah Jadwal Tidur Kita

Cara membuat wajah tirus yang selanjutnya adalah ubah jadwal tidur. Mendapatkan tidur yang cukup adalah strategi penurunan berat badan yang penting secara keseluruhan. Ini juga dapat membantu Moms menghilangkan lemak di wajah.

Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol, hormon stres yang memiliki banyak potensi efek samping, termasuk penambahan berat badan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mengubah metabolisme, sehingga meningkatkan penyimpanan lemak. Selain itu, tidur lebih lama dapat membantu kita menurunkan berat badan.

Baca Juga: Pentingnya Waktu Tidur yang Cukup Bagi Balita

Satu studi menemukan bahwa kualitas tidur yang lebih baik dikaitkan dengan pemeliharaan penurunan berat badan yang sukses.

Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan asupan makanan, menyebabkan penambahan berat badan, dan menurunkan metabolisme, sehingga berpengaruh juga ke wajah kita.

Idealnya, usahakan untuk tidur setidaknya 8 jam per malam untuk membantu mengontrol berat badan dan menghilangkan lemak wajah.

6. Perhatikan Asupan Natrium

Cara membuat wajah tirus yang selanjutnya adalah perhatikan asupan natrium. Salah satu ciri kelebihan asupan natrium adalah kembung, dan hal ini dapat menyebabkan wajah bengkak dan bengkak. Ini karena natrium menyebabkan tubuh kita menahan air ekstra, menghasilkan retensi cairan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan natrium yang lebih tinggi dapat meningkatkan retensi cairan, terutama pada orang yang lebih sensitif terhadap efek garam.

Makanan olahan menyumbang lebih dari 75% asupan natrium dalam makanan rata-rata, jadi mengurangi makanan ringan, camilan gurih, dan daging olahan bisa menjadi cara yang mudah dan efektif untuk mengurangi asupan natrium Moms. Pertimbangkan untuk mengurangi asupan natrium agar wajah tampak lebih tirus.

7. Makan Lebih Banyak Serat

Cara membuat wajah tirus yang selanjutnya adalah makan lebih banyak serat. Salah satu rekomendasi paling populer untuk membuat wajah lebih tirus dan menghilangkan lemak pipi adalah dengan meningkatkan asupan serat.

Serat adalah senyawa dalam makanan nabati yang bergerak perlahan melalui saluran pencernaan, membuat kita merasa kenyang lebih lama untuk mengekang mengidam dan menurunkan nafsu makan.

Menurut sebuah penelitian pada 345 orang dengan kelebihan berat badan dan obesitas, asupan serat yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan penurunan berat badan dan peningkatan kepatuhan pada diet rendah kalori.

Ulasan lain dari 62 penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak serat larut, yaitu jenis serat yang membentuk gel ketika dicampur dengan air, dapat mengurangi berat badan dan lingkar pinggang, bahkan tanpa membatasi kalori.

Serat secara alami ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, dan polong-polongan.

Berdasarkan jurnal High Fiber Diet, idealnya, Moms harus mengonsumsi setidaknya 25-38 gram serat per hari dari sumber makanan ini.

Baca Juga: Cegah Si Kecil Susah BAB, Cukupi Kebutuhan Serat Anak

Cara Membuat Wajah Tirus Tanpa Operasi

cara membuat wajah tirus

Foto: byrdie.com

Moms tidak perlu melakukan operasi agar wajah bisa terlihat tirus, tapi cukup dengan riasan wajah saja. Terinspirasi dari perhelatan pekan mode di London yang menampilkan riasan Rock-Chic dengan bibir oxblood, alis yang kuat dan rambut yang bergelombang. Tidak hanya itu kulit pun sehalus satin dan wajah berkontur.

Yuk simak cara membuat wajah tirus dengan menggunakan makeup.

8. Wajah

Cara membuat wajah tirus yang selanjutnya adalah aplikasikan highlighter di wajah. Aplikasikan highlighter dengan menggunaan make-up spons, tidak lupa untuk membubuhkan sheer concealer pada bagian dahi, hidung, dagu, dan bawah mata untuk mengurangi lingkaran hitam.

Berikutnya, aplikasikan nude powder agar wajah Anda untuk memberikan efek velvet touch. Agar wajah terlihat ramping, aplikasikancontour pen pada tulang pipi, rahang dan di sepanjang hidung untuk memberikan efek hidung yang sempurna.

Jangan lupa ya pilih contour pen dengan creamyang bertekstur ringan sehngga dapat membuat wajah Anda mulus halus, serta lembut.

9. Mata

Cara membuat wajah tirus yang selanjutnya adalah aplikasikan contour di mata. Untuk menjadikan mata terlihat lebih light dan fresh, aplikasikan contour pen di sepanjang kelopak hingga bawah mata.

Untuk mendapatkan bulu mata yang natural, cukup aplikasikan maskara.Tidak lupa untuk membaurkan eyeshadow berwarna lembut dengan menggunakan jari Anda agar hasilnya terlihat lebih natural. Selanjutnya, tambahkan eyeliner pada bagian bawah mata.

Baca Juga: Bahaya! Jangan Biarkan Mata Kering, Ini Akibat yang Bisa Diderita

Bentuk alis dengan sikat agar terlihat rapi, dan isi menggunakan brush, jangan lupa aplikasikan warna yang natural untuk meningkatkan bentuk alami alis Anda.

10. Bibir

Cara membuat wajah tirus yang selanjutnya adalah aplikasikan lipstik berwarna gelap. Untuk bibir yang terlihat bold, aplikasikan warna merah sedikit gelap. Pulas bibir Anda mengikuti garis bibir agar tampilan bibir sempurna dan tepat.

Itu dia Moms beberapa cara membuat wajah tirus. Cara manakah yang akan Moms pilih?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait