Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Anak | Feb 28, 2019

4 Alasan Anak Harus Bergaul Dengan Teman Dari Beragam Latar Belakang Budaya

Bagikan


Tahukah Moms, kalau pergaulan anak di masa sekolah memiliki peran besar dalam pembentukan karakter serta pola pikirnya? Terutama bila dia bergaul dengan teman dari beragam latar belakang budaya yang berbeda.

Tentu saja ini adalah kabar baik bagi anak Indonesia. Mengingat negara kita memiliki kekayaan budaya yang begitu besar, tidak akan sulit bagi anak untuk mendapatkan teman dari beragam latar belakang.

Jadi penasaran kan, apa saja manfaat anak bergaul dengan teman dari beragam latar belakang? Yuk, kita cari tahu bersama melalui informasi berikut ini.

Membuka Wawasan dan Sudut Pandang Anak

Foto: mosaichaven.com

Saat bergaul dengan teman dari latar belakang budaya berbeda, anak akan belajar tentang berbagai nilai dan kebijaksanaan hidup baru yang tidak diajarkan di sekolah maupun di rumahnya.

Yang terpenting, pergaulan multikultural akan menghilangkan stereotip, pandangan, serta pemikiran negatif anak mengenai kelompok orang yang berasal dari latar belakang berbeda.

Persis seperti ungkapan ‘tak kenal maka tak sayang’ ya, Moms?

Baca Juga: 4 Kendala Ini Akan Anak Temui Ketika Belajar Berteman

Belajar Merangkul Perbedaan

Foto: theblueelephant

Pergaulan anak dengan teman dari beragam latar belakang akan membantunya mengenyampingkan perbedaan dan fokus pada kesamaan yang positif.

Terlepas dari latar belakang budaya, agama, sosial ekonomi, maupun letak geografis, akan selalu ada kesamaan yang mendekatkan anak dengan temannya, misalnya hobi bermain sepak bola, kecintaan dengan binatang, atau selera musik yang sama.

Belajar Menilai Orang Dari Kepribadian dan Perilakunya

Foto: gresham.k12.or.us

Anak yang bergaul dengan banyak teman dari beragam latar belakang akan memiliki kemampuan sosial kognitif yang jauh lebih baik ketimbang anak yang hanya bergaul dengan teman dari latar belakang tertentu.

Kemampuan sosial kognitif membantu anak menilai seorang individu dari kepribadian, kemampuan, dan perilakunya, bukan menghakimi dari gaya berpakaian, penampilan fisik, maupun latar belakangnya saja.

Baca Juga: Kenali 4 Tipe Tekanan dari Teman yang Sering Dihadapi Anak

Menumbuhkan Rasa Empati

Foto: childtrends.org

Dalam sebuah studi yang dilansir oleh Journal of Social Issues, pergaulan anak dengan teman dari beragam latar belakang juga akan membantunya menjadi pribadi yang lebih berempati.

Selain cenderung tidak akan menjadi pelaku bullying, rasa empati anak membuatnya lebih berani membela teman yang mengalami bullying.

Rasa empati juga membantu anak memiliki pola pikir bahwa setiap orang berhak memiliki sudut pandang yang berbeda, tanpa berusaha menjatuhkan apalagi memaksakan kehendak.

Walau manfaat anak bergaul dengan teman dari beragam latar belakang sangat baik, tentu saja Moms tetap harus memantau pergaulan anak agar tetap di jalur yang sehat dan aman.

Bagaimana menurut Moms, apalagi manfaat anak bergaul dengan teman yang berasal dari latar belakang berbeda dengannya?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.