Tren

TREN
9 September 2016

4 Alasan Mengapa Anda Perlu Jujur Saat Membuat Resume

Akibat yang mungkin timbul apabila anda memanipulasi resume
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Apa yang harus Anda lakukan ketika Anda menemukan pengumuman pekerjaan yang terlihat hampir sempurna untuk Anda? Anda memiliki semua semua persyaratan wajib kecual satu hal yang tidak Anda kuasai. Apakah Anda harus mengabaikannya atau tetap Anda melamar pekerjaan itu? Jika Anda memutuskan untuk meninggalkan kesempatan itu atau berbohong bahwa Anda menguasai semua kualifikasi wajibnya. Anda bisa pilih salah satunya. Tapi akan ada dampak yang akan Anda rasakan. Mengutip dari Dailyworth.com berikut alasan mengapa Anda tidak boleh memanipulasi data Anda dalam resume.

Satu Kebohongan Akan Membawa Anda Pada Kebohongan Lain

Mari kita anggap Anda mengabaikan nasihat ini dan tetap mencoba memasukan deskripsi skill yang sama sekali Anda tidak kuasai. Anda akan berkilah bahwa itu adalah hanya satu hal kecil dan beranggapan itu bukan hal yang penting untuk atasan Anda nantinya. Maka resume Anda akan melalui pengujian tahap awal. Jika tiba-tiba pewawancara menanyakan tentang deskripsi skill yang Anda tidak ketahui. Tentu Anda akan berada dalam posisi yang membingungkan.

Anda Akan Selalu Khawatir Ketahuan

Setelah Anda berbohong, selalu ada resiko bahwa seseorang akan menemukan kebenaran di suatu hari. Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda bersedia untuk hidup terus dalam ketakutan seperti itu? Jika dalam wawancara, si pewawancara terus menanyakan deskripsi pekerjaan yang tidak Anda kuasai, Anda mungkin tidak akan bisa menjawab pertanyaan tersebut. Jika Anda harus tetap berbohong dan ketika Anda beruntung dalam wawancara lalu Anda tidak dapat melakukan pekerjaan dan semua orang tahu bahwa Anda berbohong. Terlepas dari bagaimana Anda akan terjebak, ini akan sangat memalukan.

Anda Mungkin Akan Kehilangan Pekerjaan

Setelah bos Anda mengetahui Anda telah berbohong pada resume Anda dan Anda terus melanjutkan kebohongan Anda dari hari ke hari, bulan, bahkan bertahun-tahun masa jabatan Anda. Kemungkinan ia akan memecat Anda. Bos Anda akan kehilangan kepercayaan terhadap Anda. Anda harus memulai mencari pekerjaan lagi.

Ini Akan Merusak Reputasi Anda

Anda tidak hanya menanggung konsekuensi keuangan, jika pada akhirnya Anda dipecat sebelum Anda mendapat pekerjaan baru. Anda akan dilanda kekhawatiran tentang penipuan yang Anda lakukan dan merugikan reputasi profesional Anda. Bisa jadi akan mempengaruhi Anda dalam mencari pekerjaan. Jika Anda memulai kerja kembali di mana ada salah satu orang yang mengetahui kebohongan Anda , ini akan menempatkan Anda posisi yang sulit dan reputasi Anda akan melekat dalam jangka waktu yang cukup panjang.

--LMF

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait