Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
27 Mei 2020

4 Alasan Mengapa Lebih Baik Memberi Mainan Edukasi Berbentuk Fisik

Moms, mainan edukasi berbentuk fisik bisa lebih bermanfaat dibandingkan gadget, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, sadarkah jika generasi anak-anak saat ini lebih adaptif dalam penggunaan gadget? Dengan mudah Si Kecil bisa mengaktifkan layar ponsel lalu membuka laman Youtube untuk mencari hiburan tontonannya.

Apalagi bila sudah mengenal games, kemungkinan besar Si Kecil akan menyukainya, bahkan tak jarang banyak yang jadi kecanduan.

Pentingnya Mainan Edukasi Fisik

Ada beberapa jenis games dari gadget yang ditujukan sebagai mainan edukasi untuk anak-anak. Namun tetap perlu diingat nih Moms, mainan tersebut tetap memiliki kekurangan, yakni akan membatasi anak untuk mencari tahu dan belajar tentang hal-hal sekitar.

Meskipun screen time bisa dibatasi, tetapi jangan lupakan juga mainan edukasi yang berbentuk fisik, Moms. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di laman Pediatrics Journal, mainan fisik penting untuk perkembangan kognitif, berbicara, imajinasi, pemecahan masalah, interaksi sosial, dan aktivitas fisik bagi anak-anak di usia dini.

Jurnal ini juga membahas perihal pergantian dari mainan fisik ke virtual atau gadget, di mana banyak orang tua yang salah mengartikan ketertarikan anak terhadap mainan jenis ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 1 Tahun, Beli Yuk Moms!

1. Mainan Gadget dapat Menghambat Perkembangan Berbicara Si Kecil

5 Alasan Mengapa Lebih Baik Memberi Mainan Edukasi Berbentuk Fisik 1.jpg

Foto: freepik.com

Banyak pakar literasi anak usia dini berpendapat bahwa perkembangan berbicara dapat menjadi penentu dalam kesuksesan membaca nantinya. Cara terbaik untuk melatih perkembangan berbicara pada Si Kecil ialah dengan sering mengajaknya mengobrol.

Dibandingkan dengan mainan gadget, mainan edukasi fisik akan lebih melatih perkembangan berbicara Si Kecil karena terdapat interaksi antara anak dan orang tua, percakapan, dan tanya-jawab.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 1 Tahun, Beli Yuk Moms!

2. Interaksi Sosial Tidak Diciptakan Melalui Mainan di Gadget

5 Alasan Mengapa Lebih Baik Memberi Mainan Edukasi Berbentuk Fisik 2.jpg

Foto: pexels.com

Salah satu cara terbaik untuk Si Kecil belajar interaksi sosial ialah dengan main bersama teman seusianya. Ketika sedang bermain, mereka akan saling berinteraksi seperti bertukar pikiran dan saling bercakap-cakap.

Manfaat dari bermain bersama ini akan dirasakan bila Moms juga memberikan mainan edukasi fisik. Misalnya saja mainan seperti balok susun atau puzzle yang bisa dipecahkan bersama-sama.

Berbeda dengan mainan gadget yang punya batasan untuk menciptakan interaksi sosial tersebut. Pentingnya mainan edukasi fisik ini juga dapat mengajarkan Si Kecil untuk mengenal lingkungan yang baru dan beradaptasi terhadapnya.

Baca Juga: Tips Memilih Mainan Edukasi untuk Balita 0-3 Tahun

3. Keterampilan Motorik Halus dan Kasar Sulit Didapatkan dari Mainan Gadget

5 Alasan Mengapa Lebih Baik Memberi Mainan Edukasi Berbentuk Fisik 3.jpg

Foto: pexels.com

Keterampilan motorik halus dan kasar didapatkan saat balita dan ini perlu dikembangkan secara berkala. Untuk itu, Moms dapat melatih Si Kecil sambil bermain agar lebih efektif dan membuat anak lebih tertarik.

Saat Si Kecil memegang mainan berbagai bentuk, menggambar dan menggunting, tanpa disadari kegiatan tersebut melatih perkembangan motorik halus dan kasarnya.

Berbeda bila Si Kecil menghabiskan banyak waktu dengan gadget, yang hanya menggunakan jempol atau telunjuk dan tidak memerlukan banyak gerak. Tak jarang, bahkan anak-anak yang sering bermain gadget merasa kesulitan saat memegang pensil hingga menulis karena kurang terlatihnya motorik halus dan kasar.

Inilah pentingnya mainan edukasi fisik lainnya yang bisa Moms jadikan pertimbangan untuk Si Kecil.

4. Fokus Menjadi Lebih Pendek

5 Alasan Mengapa Lebih Baik Memberi Mainan Edukasi Berbentuk Fisik 4.jpg

Foto: pixabay.com

Permainan edukasi digital atau gadget memang menyenangkan dan membuat Si Kecil betah berlama-lama memainkannya. Bagaimana tidak, misi dan reward secara tidak sadar membuat Si Kecil merasa tertantang untuk mendapatkannya dan meraih poin tertinggi.

Bila hal ini berlarut dan dibiarkan, Si Kecil akan kesulitan mengatur waktu dan berpindah ke kegiatan berbeda selanjutnya. Selain itu, jika sudah menjadi kebiasaan dan menghabiskan banyak waktu, Si Kecil juga akan merasa kesulitan untuk fokus sepanjang hari karena selalu memikirkan permainan tersebut.

Baca Juga: Kapan Umur yang Tepat Membicarakan Pendidikan Seks dengan Anak?

Itulah beberapa alasan yang dapat Moms pertimbangkan tentang pentingnya mainan edukasi fisik untuk Si Kecil.

Mainan edukasi fisik memang penting untuk tumbuh kembang anak, namun Moms tetap perlu melihat minat Si Kecil juga atau bahkan melakukan riset mengenai hal ini.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait