Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Pasca Melahirkan | Aug 6, 2018

4 Alasan Menyusui Bisa Bikin Cepat Langsing, Ternyata Bukan Cuma Mitos

Bagikan


4 Alasan Menyusui Bisa Bikin Cepat Langsing, Ternyata Bukan Cuma Mitos

Menyusui adalah masa-masa terindah yang tak akan terulang lagi. Selama menyusui tentu Mom pernah mendengar banyak sekali nasihat, anggapan serta mitos-mitos seputar kegiatan ini.

Mulai cara terbaik untuk memilah makanan yang bernutrisi dan dapat memperlancar ASI (air susu ibu), posisi menyusui yang benar, cara untuk kembali mengencangkan payudara meski aktif menyusui hingga menginginkan badan kembali terlihat ideal setelah melahirkan Si Kecil.

Nah, bicara soal harapan badan kembali seperti bentuk semula sebelum hamil, menyusui ternyata juga dipercaya dapat membuat tubuh cepat langsing. Tentunya secara alami.

Baca Juga : Baru Melahirkan, Berat Badan Siti Nurhaliza Sudah Turun 14 Kg, Ini Rahasianya!

Banyak yang mengatakan menyusui dapat menurunkan berat badan turun dengan cepat. Apa benar demikian? Mari kita simak ulasannya lebih jauh.

Diet Selama Masa Menyusui

Menurunkan berat badan pada ibu yang sedang menyusui dengan cara mengurangi kalori makanan sangat tak dianjurkan. Alasannya, pengurangan kalori dapat memengaruhi jumlah maupun kualitas ASI yang dihasilkan.

Sebaliknya, justru saat menyusui Mom dianjurkan menambah asupan kalori sebanyak 300 kkal setiap hari.

Baca Juga : 5 Mitos dan Fakta Seputar Larangan Menyusui

Lalu, bagaimana caranya jika ingin tubuh kembali langsing selama menyusui, apakah bisa? Tentu saja hal itu bukan mustahil terjadi jika ingin mencoba 4 cara berikut:

1. Cerdas Memilah Makanan

Ibu menyusui harus makan yang banyak agar produksi ASI tetap lancar. Sering, kan, dengar anjuran tersebut?

Tentu sangat disarankan agar ibu menyusui menjaga stamina dengan makan yang cukup. Namun, yang perlu diperhatikan adalah porsinya. Boleh makan banyak bukan berarti terus menuruti melahap makanan apapun yang ada di depan mata. Termasuk godaan ngemil.

Biasanya ngemil membuat nafsu makan tak terkendali dan berat badan melonjak tanpa disadari. Maka pikirkan dahulu ketika timbul hasrat untuk mengonsumsi camilan, pilihlah yang sehat.

Oatmeal bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan maupun camilan harian bagi ibu menyusui yang sedang mencoba menurunkan berat badan.

Selain mengenyangkan dalam waktu cukup panjang, oatmeal mampu menjaga kadar insulin di tubuh tetap stabil. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, selain nasi Moms bisa memilih kentang panggang dan ubi jalar.

Baca Juga : Meski Punya Anak, 5 Artis Ini Masih Langsing Bak Gadis. Rahasianya Gampang Ditiru!

2. Makan Sedikit Tapi Sering

Jika Moms menunggu terlalu lama di antara waktu sarapan dan makan siang, sebenarnya ada efek hormonal yang dapat memengaruhi pasokan ASI.

Penjelasannya, tubuh akan mulai mengambil cadangan energi, yang dalam prosesnya malah menurunkan produksi insulin dan mempengaruhi kadar hormon tiroid.

Hal tersebut akan menurunkan prolaktin, yang merupakan hormon yang mengontrol berapa banyak ASI yang kita hasilkan.

Jadi jangan tunda makan ketika terasa lapar. Jika menahan hingga benar-benar lapar Moms justru tak dapat mengendalikan porsi makanan yang dikonsumsi.

Lebih baik, makanlah sebelum lapar. Asal dengan porsi sedikit. Terbukti, makan sedikit tapi sering dapat memperlancar metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori berlangsung maksimal.

Dengan kata lain, makan dalam porsi kecil bisa dilakukan setidaknya 6 kali per hari. Tentunya dengan makanan yang kaya gizi dan seimbang, ya.

Baca Juga : Makan Banyak Tapi Tetap Kurus, Ternyata Ini 4 Penyebabnya!

3. Kurangi Sedikit Kalori

Sangat aman untuk diet sambil menyusui, selama total asupan kalori tidak dibawah 1.800 kalori per hari dan Moms tetap mengonsumsi berbagai macam makanan bergizi.

4. Olahraga Ringan

Tunggu setidaknya 6-8 minggu sebelum memulai atau memulai kembali rutinitas olahraga yang berat.

Jika Moms merencanakan latihan yang sangat berat, makan karbohidrat sehat sekitar 30 menit sebelum Moms berolahraga.

"Makan sayuran seperti  kentang, sebelum berolahraga karena dapat membantu mencegah penurunan pasokan ASI Moms."

Nah, itulah tadi 4 cara agar tubuh cepat langsing saat menyusui dan bisa dicoba langsung oleh Moms. Punya tips lainnya? Silakan beritahu kami di kolom komentar, ya...

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.