Di atas 5 tahun

11 April 2019

4 Bentuk Perundungan yang Mungkin Dialami Anak

Perundungan yang dialami anak bukan masalah yang bisa disepelekan, jadi Mom wajib tahu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Publik kembali dihebohkan dengan kabar bullying atau perundungan terjadap siswi SMP oleh 12 orang siswi SMA. Maraknya kasus perundungan yang terjadi di masyarakat ini, memaksa kita untuk tidak boleh cuek dan harus melek terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

Hal ini sekaligus menjadi pekerjaan rumah bagi Moms untuk lebih concern terhadap kehidupan Si Kecil di sekolah.

Moms juga harus melek terhadap jenis-jenis perundungan yang terjadi di masyarakat. Dengan begitu, Moms juga bisa membagikan informasi tersebut dengan Si Kecil.

Perundungan saat ini bisa terjadi dikalangan mana saja lho, Moms. Bahkan anak kecil sekalipun. Dikutip dari Parents.com, ada beberapa jenis perundungan yang mungkin terjadi kepada Si Kecil.

Nah, untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk perundungan yang terjadi, pelajari yuk Moms, jenis dan bentuk perundungan yang mungkin terjadi di pada anak.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Balita Menjadi Pelaku Bullying

1. Perundungan Fisik

bully1

Foto: rocketmanajemen.com

Jenis ini merupakan jenis yang paling mudah dikenali ya, Moms. biasanya ditandai dengan adanya luka atau memar pada tubuh Si Kecil. Jika Moms menemukan hal ini pada anak, yang Moms tidak tahu apa penyebabnya, bisa jadi anak Moms menjadi salah satu korban perundungan.

Tetapi tanyakan dulu sebelumnya pada anak. Jika Si Kecil tidak mampu menjelaskan dan terlihat menyembunyikan sesuatu, Moms patut curiga, ya!


2. Perundungan Verbal

bully 2

Foto: familyguideindonesia.com

Jenis perundungan ini lebih ditandai dengan penggunaan verbal atau kata-kata. Misalnya kata-kata yang tidak sopan, yang menyakitkan, labelling, hingga ancaman.

Bahkan kata-kata yang tidak sengaja diucapkan misalnya untuk menyebut seseorang gendut atau penghinaan fisik lainnya, bisa dikategorikan sebagai perundungan verbal.

Jadi Moms, ajarkan Si Kecil juga untuk menjaga perkataan yang akan ia ucapkan, ya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membantu Anak Menghadapi Bullying?


3. Perundungan Siber

bully4

Foto: gmanetwork.com

Nah, jenis perundungan ini mungkin termasuk jenis perundungan yang paling berbahaya dan dapat membawa dampak yang besar.

Yang termasuk dalam perundungan ini adalah pesan teks yang berisi konten menyakitkan atau menyeramkan, selain itu, ancaman online juga termasuk dalam kategori ini.

Perundungan siber yang banyak kita ditemui di masyarakat, misalnya banyak kita temui di akun-akun media sosial seorang selebgram atau selebriti. Komentar-komentar yang menghujat, menyakitkan dan menghina juga merupakan perundungan siber.


4. Perundungan Relasional

bully3

Foto: hellosehat.com

Perundungan rasional bisa jadi masuk dalam kategori yang paling sulit untuk diidentifikasi. Perundungan ini biasanya terjadi secara mulus tanpa dapat diketahui.

Misalnya seseorang bergabung dalam sebuah kelompok, lalu di dalam kelompok tersebut ia menyebarkan desas-desus yang sifatnya merugikan orang lain. Bahkan bisa juga memicu terjadinya pengucilan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjelaskan Bullying Pada Anak?

Jenis perundungan yang seperti ini bisa kita temukan di mana saja. Di lingkungan kantor, pergaulan, bahkan tidak menutup kemungkinan dalam lingkungan keluarga sekalipun.

Cara paling mudah yang dapat Moms lakukan untuk mengetahuinya adalah dengan mengamati langsung lingkungan pergaulan Si Kecil, baik di sekolah maupun di rumah. Jika anak terlihat cenderung menyendiri dan tidak bersosialisasi, bisa jadi hal ini terjadi.


Seberbahaya itulah akibat yang dapat ditimbulkan dari sebuah perundungan. Mom harus berhati-hati dan melindungi Si Kecil. Walaupun tidak bisa dilakukan selama 24 jam, Moms bisa mengajari Si Kecil dan menginformasikan hal ini kepadanya. Be aware ya, Moms!

(AWD/AND)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait