Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Home Decor | Sep 13, 2018

4 Cara Ampuh Membasmi Kecoak di Rumah

Bagikan



Salah satu permasalahan yang kerap hadir di rumah mungkin disebabkan oleh kecoa yang keberadaannya begitu menggangu Moms dan keluarga.

Sekali saja kecoa masuk dan tinggal di dalam rumah Moms, memang akan sangat sulit untuk mengusirnya. Terlebih kecoa dapat memakan makanan Moms, merusak lapisan kertas dinding, buku dan barang elektronik.

Tak hanya itu, bahkan beberapa jenis kecoa dapat menyebarkan kuman pada manusia, lho. Hal ini tentu membuat Moms geram dan ingin mengusirnya, mari coba cara-cara berikut untuk mengatasinya:

Menjaga Kebersihan Rumah

Langkah pertama yang dapat Moms lakukan untuk membasmi kecoa yang berkeliaran adalah dengan menjaga kebersihan rumah.

Tempat pertama untuk mulai membersihkan rumah adalah dapur, cucilah piring dan bereskan makanan Moms segera setelah makan.

Jangan lupa pula untuk membersihkan remah-remah dan sisa ceceran makanan dan jagalah supaya tempat itu tetap bersih. Perhatian secara lebih pada bagian atas tungku atau kompor, karena kecoa menyukai minyak.

Selain itu, jangan lupa untuk pel lantai secara rutin untuk menghilangkan remah-remah dan noda-noda yang lengket. Jagalah agar airnya tidak membasahi tembok karena kecoa membutuhkan air.

Buang Sampah dengan Teratur

membuang sampah pada tempatnya, cara membasmi kecoak

Selain membersihkan rumah, Moms juga harus rutin dalam membuang sampah. Sediakanlah satu tong sampah khusus untuk makanan di rumah Moms dan jangan biarkan tong itu terisi sampah dalam waktu yang lama.

Upayakan untuk menggunakan tong sampah yang berpenutup, bukan yang terbuka. Buanglah sampah ke dalam tempat pembuangan sampah yang berpenutup rapat dan sebisa mungkin berjarak cukup jauh dari rumah Moms.

Baca Juga :5 Peralatan Rumah Tangga yang Perlu Diganti dan Dibersihkan Secara Rutin

Menciptakan Umpan Kecoa

Salah satu cara yang dinilai ampun untuk membasmi kecoa adalah dengan umpan. Cobalah membuat umpan kecoa dengan mencampur 1 bagian bubuk asam borat (bukan yang kasar) dengan 1 bagian tepung terigu, dan 1 bagian gula halus.

Gula dan tepungnya akan menarik kecoa, sedangkan asam boratnya akan membunuhnya. Setelahnya, coba taburkan campuran tersebut di belakang laci dan lemari, di bawah kulkas, di bawah kompor dan sebagainya.

Insektisida

cara membasmi kecoak di rumah, menyemprot kecoak

Cara mudah yang digunakan untuk membunuh kecoa dewasa adalah dengan insektisida. Buatlah sebuah larutan encer dari sabun dan air, yang cukup encer untuk disemprotkan menggunakan botol semprot.

Larutan tersebut dapat Moms gunakan untuk menyemprot kecoa. Cukup 2 atau 3 tetes larutan air sabun untuk membunuh seekor kecoa. Pastikan larutan itu mengenai kepala dan perut bagian bawah kecoa.

Jika kecoanya sudah pada posisi terbalik, paling tepat bila disemprot pada perutnya. Mereka mungkin akan mencoba untuk lari, namun tenang saja mereka akan menjadi setengah mati hanya dalam satu menit.

Hal yang Harus Diperhatikan

Kerap kali secara spontan Moms memukul atau menginjak seekor kecoa, saat melakukannya pastikan untuk membersihkan dengan seksama tempat serta benda yang Moms gunakan untuk memukul atau menginjak. Ingat! meski induk kecoa mati, telurnya masih dapat menetas jika tidak segera disingkirkan dengan benar.

Selain itu, saat Moms menemukan sarang kecoa, semprotkan cairan anti lengket karena cairan tersebut akan masuk dalam pori-pori pernafasan kecoa, membuatnya mati dan meninggalkan bau yang tidak disukai kecoa.

Moms juga harus tahu, bahwa kecoa dapat bersembunyi di dalam pemanggang roti dan memakan remah-remah. Pastikan untuk membersihkannya secara teratur dan nyalakan selama kurang lebih 3 menit untuk menghilangkan bau makanan.

Terakhir, simpanlah panci, wajan, mangkuk dan piring dengan menghadap ke bawah agar tidak ada kotoran atau telur kecoa yang tertampung di dalamnya.

(MDP)

Foto : Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.