Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Jan 5, 2018

4 Cara Gampang Mengetahui Bakat Terpendam Anak Sejak Usia Balita

Bagikan


Banyak yang bilang kalau bakat adalah anugrah yang diberikan oleh Tuhan. Tak heran, bakat biasanya sudah dapat terlihat sejak seseorang masih berusia bayi atau balita. Yang jadi masalah, tak banyak orang tua yang tahu cara melihat bakat balita.

Sama seperti Moms, banyak orang tua yang merasa bingung saat ditanya bakat buah hatinya. Ada yang tak yakin kalau balita memiliki bakat, bahkan ada juga yang tak tahu kalau si kecil memiliki bakat terpendam.

Padahal, sayang sekali kalau potensi dan bakat balita tidak dikembangkan sejak dini kan, Moms? Untuk itulah, Moms bisa melihat bakat balita dengan cara berikut:

1. Biarkan Balita Mencoba Berbagai Hal

4 Cara Gampang Mengetahui Bakat Terpendam Anak Sejak Usia Balita

foto: christophteh.com

Balita suka kotor-kotoran dan bermain batu? Atau ia doyan mencoret tembok di dalam rumah? Meski kotor dan mengganggu, jangan larang balita melakukan hal itu ya Moms. Biarkan ia mencoba berbagai hal dengan tangannya sendiri, supaya Mama bisa melihat langsung potensi bakatnya saat ia beraktivitas.

Bebaskan balita untuk berimajinasi dan menggunakan kreativitasnya. Moms bisa siapkan ruangan khusus di rumah sebagai tempat untuk balita bermain dan bereksperimen sesukanya. Semakin banyak balita mencoba hal baru, semakin mudah juga Moms menemukan bakatnya.

Baca Juga : Tips dari Orang Tua Anak-anak Paling Berbakat di Dunia

2. Observasi Tingkah Laku & Aktivitasnya

4 Cara Gampang Mengetahui Bakat Terpendam Anak Sejak Usia Balita

foto: abduzeddo.com

Untuk melihat bakat balita, Moms harus lebih jeli dalam melihat setiap tingkah laku dan aktivitas yang dilakukannya. Bakat balita dapat dilihat dari sebuah kebiasaan yang tingkat penguasaannya di atas normal bagi usianya.

Balita yang suka bermain puzzle misalnya, dipercaya memiliki bakat sebagai peneliti dan arsitek. Mereka senang memecahkan masalah, karena memiliki kelebihan dalam kemampuan visual dan spasial.

Begitu juga kalau buah hati terlihat senang bercerita atau selalu penasaran dengan hal baru, pasti hal tersebut akan menjadi bibit bakat yang akan berguna di masa depan.

Baca Juga : 5 Anak Disabilitas dengan Bakat Luar Biasa

3. Tanamkan Growth Mindset Pada Si Kecil

4 Cara Gampang Mengetahui Bakat Terpendam Anak Sejak Usia Balita

foto: keptme.com

Balita yang ditanami growth mindset atau pola pikir bertumbuh sejak dini akan lebih mudah terlihat bakatnya dibandingkan yang tidak. Hal ini karena mereka cenderung lebih terbuka terhadap hal baru, tidak takut mencoba, dan senang mempelajari sesuatu yang tidak diketahui sebelumnya.

Growth mindset juga akan membuatnya terus penasaran dan mencoba menggali lebih dalam tentang topik yang diminatinya. Kalau sudah begini, akan terlihat satu subjek yang penuh dengan bakat Si Kecil.

Baca Juga : Anak Suka Modelling? Yuk Gali Potensinya Dengan 3 Cara Ini

4. Sabar Menunggu

4 Cara Gampang Mengetahui Bakat Terpendam Anak Sejak Usia Balita

foto: perfecting dailyliving.com

Layaknya menunggu pohon tumbuh tinggi, kita pun harus menunggu bakat balita untuk bisa tumbuh dan berkembang. Jangan berharap Si Kecil bisa mempunyai bakat atau melakukan banyak hal sekaligus, karena malah akan menghambat perkembangannya.

Daripada berusaha memaksakan bakat Si Kecil, lebih baik Moms sabar menunggu sambil terus menyemangatinya. Bakat tidak akan pergi kemana-mana, kok, biarkan ia dengan sendirinya agar ia bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berbakat.

Baca Juga : Cara Mengarahkan Bakat Anak Agar Sesuai dengan Cita-citanya

Bakat sejatinya tidak bisa dipaksakan, karena harus muncul dengan sendirinya dalam diri seseorang. Jangan khawatir jika bakat balita belum terlihat sejak dini, karena pada waktunya bakat tersebut keluar dan bersinar.

Nah, setelah melihat penjelasan di atas, apa Moms sudah tahu bakat apa yang dimiliki si kecil?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.