Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Karir & Keuangan | Mar 8, 2018

4 Cara Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Kantor

Bagikan


Salah satu hal yang dapat mendukung karir di dalam pekerjaan kita adalah adanya rasa percaya diri. Saat rasa percaya diri muncul, biasanya kita bisa dengan mudahnya menunjukkan kemampuan alami kita tanpa takut diabaikan dan tidak dihargai oleh rekan kerja atau atasan.

Sayangnya, tidak semua orang lahir dan dibesarkan menjadi pribadi dengan kepercayaan diri yang penuh. Namun tak usah khawatir, ini 4 tips jitu meningkatkan rasa percaya diri di kantor!

Menghargai Diri Sendiri

Pertama-tama, penting sekali mengetahui apa saja yang menjadi kemampuan kita. Kita bisa diterima bekerja sebagai karyawan karena kualitas dan kemampuan diri kita. Oleh sebab itu, janganlah rendah diri dan selalu merasa bahwa kita tidak memiliki suatu keahlian.

Bagaimana bisa, kita mengharapkan pujian dari orang lain, sementara diri sendiri tidak menghargai diri sendiri? Kuncinya adalah, hargai diri sendiri terlebih dahulu, baru orang lain akan menghargai kita.

Baca juga: 5 Tanda yang Kita Perlu Cuti Sejenak dari Aktivitas Kantor

Membina Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja

Rasa percaya diri dapat dimulai dari timbulnya rasa nyaman. Misalnya, saat kita berhasil membina hubungan baik dengan rekan kerja, hindari rasa saling menjatuhkan satu sama lain. Kita bisa merasa nyaman dan percaya diri, karena ada rekan kerja yang baik dan akrab dengan kita.

Memantau Keberhasilan Diri

Kita juga bisa memantau pekerjaan apa saja yang sudah berhasil kita kerjakan dan membuatnya dalam daftar di catatan pribadi. Setiap kali kita berhasil melakukan pekerjaan yang rumit, kita bisa mengapresiasi dan menuliskannya dalam daftar tersebut.

Selain itu, kita juga dapat menambahkan daftar lain yang dapat menambah rasa percaya diri. Misalnya daftar pujian yang kita terima dari rekan kerja, klien, atau atasan.

Dengan melihat satu persatu daftar yang ada, dapat membantu diri mengapresiasi diri sendiri yang bermanfaat dalam menambah rasa percaya diri.

Baca juga: 5 Mitos Seputar Gaji yang Sering Bikin Menyesal

Mengatasi Kelemahan

Setiap orang setidaknya memiliki satu kelemahan dari sekian banyak kelebihan yang ada. Terkadang, kelemahan yang sedikit itu bisa memengaruhi kinerja kita dan membuat rasa tidak percaya diri muncul.

Solusi yang bisa kita lakukan adalah dengan mengatasi atau mengurangi kelemahan kita tersebut sedikit demi sedikit. Misalnya, jika kita terlalu malu untuk menyampaikan pendapat di depan banyak orang, tantanglah diri untuk berani berbicara. Sekali saja berhasil melewati ketakutan tersebut, tentunya percaya diri pun bisa meningkat.

Sudah siap mencoba hal-hal di atas untuk jadi lebih percaya diri?

(OMI)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.