Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Keamanan Balita | Jan 3, 2019

4 Cara Melindungi Balita dari Bahaya Tirai Lipat Jendela

Bagikan



Tanpa disadari, di dalam rumah ternyata banyak bahaya tersembunyi yang dapat mengancam keselamatan balita.

Bahkan dari tirai lipat untuk jendela atau windows blind yang selama ini kita anggap tidak membahayakan pun bisa mengancam keselamatan Si Kecil.

Walau orang tua di Indonesia belum banyak mendengar tentang bahaya tirai lipat bagi balita, berbagai negara maju seperti Inggris, Jerman, dan Amerika Serikat, sudah mengeluarkan aturan ketat demi menjaga keselamatan balita.

Semua aturan tadi dibuat berdasarkan berbagai data statistik mencengangkan yang menunjukkan bahwa dalam 26 tahun terakhir, setidaknya setiap dua minggu ada satu anak meninggal dunia akibat terjerat tali tirai lipat.

Baca Juga : 6 Spot di Rumah yang Membahayakan Si Kecil

Bahkan dari laporan yang dilansir oleh jurnal Pediatrics, jumlah tersebut belum termasuk kasus kecelakaan akibat tirai lipat yang menimpa sekitar 2 anak setiap harinya lho, Moms!

Menurut Center for Injury Research and Policy di Nationwide Children’s Hospital, langkah pencegahan bahaya tirai lipat bagi balita yang paling efektif adalah dengan menghindari penggunannya.

Adapun bila sudah terlanjur dipasang di rumah, Moms bisa melindungi keselamatan balita dengan cara:

Tinggikan Tali Tirai Lipat

Ebay.co.uk

Langkah termudah untuk kurangi resiko bahaya tirai lipat bagi balita adalah dengan meninggikan tali tirai lipat agar tidak menjuntai dan mudah dijangkau oleh anak, bahkan jika dia memanjat kursi atau furnitur lain.

Sayangnya, masih ada kemungkinan kalau tidak semua orang dewasa ingat untuk meninggikan tali tirai lipat. Jadi ini hanyalah pengamanan sementara saja ya, Moms

Memotong Lingkaran Tali

Thejournal.ie

Moms juga bisa mengurangi resiko balita terjerat dengan cara memotong lingkaran tali tirai tirai lipat agar menjadi dua utas tali.

Sebelum memotong, pastikan dulu kalau tirai masih bisa berfungsi dengan normal bila lingkaran tali dipotong menjadi dua bagian.

Bila tirai tirai lipat di rumah memiliki garansi, jangan lupa tanyakan pada produsen tirai apakah langkah memotong lingkaran dapat menghilangkan garansi.

Baca Juga : Perhatikan Ini Saat Memilih Perlengkapan Kamar Tidur Anak

Tidak Meletakkan Furnitur Dekat Jendela

NPR.org

Tahu sendiri kan Moms, kalau balita yang memiliki rasa keingintahuan yang besar senang sekali memanjat?

Untuk mengurangi resiko bahaya tirai lipat bagi balita, sebaiknya Moms tidak meletakkan furnitur di sekitar jendela.

Bukan hanya lemari, sofa, atau rak buku, tapi juga kursi atau benda lain yang bisa digunakan oleh Si Kecil untuk meraih tali tirai tirai lipat ya, Moms.

Gunakan Tirai Tanpa Tali

Topcreativedesigns.com

Langkah yang paling direkomendasikan untuk menjaga keselamatan balita adalah mengganti semua tirai lipat di rumah dengan jenis yang tidak menggunakan tali.

Untuk mengurangi secara drastis resiko bahaya tirai lipat bagi balita, US Consumer Product Safety Commission bahkan melarang penjualan tirai tirai lipat bertali mulai 15 Desember 2018.

Untuk melindungi keselamatan balita, Moms juga sebaiknya melakukan langkah pencegahan diatas pada tempat yang dikunjungi Si Kecil, seperti rumah nenek dan kakek, hotel, atau daycare.

Bagaimana menurut Moms, apalagi bahaya tersembunyi yang bisa membahayakan keselamatan balita di rumah?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.