Kesehatan

29 November 2020

4+ Cara Mencegah Kanker Sejak Dini

Gaya hidup sehat sejak anak-anak bisa mencegah berbagai kanker kini dan kelak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mencegah kanker sejak dini perlu dilakukan. Sebab, kanker tidak hanya dapat menyerang orang dewasa, tapi juga anak-anak.

Menurut situs Children’s Hospital Los Angeles, kanker memakan korban anak-anak lebih banyak daripada kombinasi AIDS, asma, fibrosis kistik, dan diabetes setiap tahunnya.

Penyebab kebanyakan kanker pada anak masih menjadi misteri. Memang, beberapa jenis kanker disebabkan oleh kondisi langka yang diwariskan. Selain itu ada banyak penelitian tentang karsinogen, di antaranya faktor lingkungan seperti asap rokok, telepon seluler, dan kontak bahan kimia pada ibu hamil.

Beberapa faktor tadi mungkin berperan dalam pertumbuhan kanker. Namun, sejauh ini belum ada bukti yang jelas terkait perannya dalam kanker anak.

Baca Juga: Sedih, Masih Kecil Anak Ini Sudah Mengidap Kanker Payudara

4 Cara Mencegah Kanker Sejak Dini

Bagaimanapun juga, sebagai orang tua, Moms bisa mengajarkan kepada keluarga kebiasaan sehat yang dapat membantu mencegah kanker sejak dini, seperti:

1. Menginspirasi Kebiasaan Makan Sehat untuk Seluruh Keluarga

mencegah kanker sejak dini

Foto: freepik.com

  • Meningkatkan konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh
  • Memilih sumber protein rendah lemak (misalnya daging ayam tanpa kulit) saat memasak di rumah maupun makan di restoran.
  • Membatasi asupan energi dari lemak. Ganti dari lemak jenuh ke lemak tak jenuh serta hentikan konsumsi asam lemak trans.
  • Membatasi asupan gula, di antaranya dari soda
  • Membatasi konsumsi garam dan pastikan garam yang dikonsumsi mengandung yodium.
  • Menghindari atau membatasi konsumsi makanan cepat saji dan daging olahan seperti sosis
  • Membatasi konsumsi ikan asin
  • Mengurangi eksposur terhadap aflatoksin (keluarga toksin penyebab kanker yang dihasilkan oleh jamur tertentu) dalam makanan seperti jagung, kacang tanah, dan lain-lain
  • Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang sangat panas

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Kanker pada Anak yang Perlu Diwaspadai

2. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari untuk Mengurangi Risiko Kanker Kulit

mencegah kanker sejak dini

Foto: freepik.com

  • Menggunakan sunscreen dengan SPF 15 ke atas
  • Menggunakan topi dan kacamata hitam

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua Ketika Anak Menderita Kanker

3. Menjaga Berat Badan Tetap Sehat

mencegah kanker sejak dini

Foto: freepik.com

Ketidakaktifan fisik adalah penyumbang besar kenaikan angka kegemukan dan obesitas di banyak belahan dunia. Obesitas pada orang dewasa diketahui meningkatkan risiko beberapa jenis kanker seperti kerongkongan, usus, payudara pada wanita yang sudah menopause, endometrium, dan ginjal.

Mencegah kanker sejak dini berarti mencegah obesitas pada anak dengan cara:

  • Dorong anak berpartisipasi dalam kegiatan fisik setiap hari minimal 30 menit
  • Pantau berat Si Kecil agar tetap berada dalam BMI yang sehat

Baca Juga: Apakah Kanker Payudara Bisa Menurun Kepada Anak Perempuan?

4. Menghindari Asap Rokok

mencegah kanker sejak dini

Foto: freepik.com

Anak seharusnya tidak terekspos asap rokok dari anggota keluarga maupun tetangga. Sebab, bahaya asap rokok masih mengintai Si Kecil meski seseorang merokok di luar.

Karena perilaku individu terkait makanan dan aktivitas fisik ditentukan sejak kecil, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan pembiasaan konsumsi makanan sehat dan berkegiatan aktif dimulai sejak anak-anak.

Menghindari Tembakau

6. Jangan Gunakan Tembakau

cara mencegah kanker

Foto: scmp.com

Menggunakan semua jenis tembakau menempatkan kita pada risiko kanker dikemudian hari. Merokok telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, pankreas, kandung kemih, leher rahim, dan ginjal. Mengunyah tembakau telah dikaitkan dengan kanker rongga mulut dan pankreas. Meskipun Moms tidak menggunakan tembakau, paparan asap rokok orang lain dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Menghindari tembakau atau memutuskan untuk berhenti menggunakannya adalah bagian penting dari pencegahan kanker. Jika Moms memerlukan bantuan untuk berhenti merokok, tanyakan kepada dokter tentang produk penghenti rokok dan strategi lain untuk berhenti.

7. Terapkan Pola Makan Sehat

mencegah kanker

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun membuat pilihan yang sehat dan pada waktu makan tidak dapat menjamin pencegahan kanker, hal itu dapat mengurangi risiko Anda. Pertimbangkan pedoman ini:

  • Makan banyak buah dan sayur, dasarkan diet Moms pada buah-buahan, sayuran, dan makanan lain dari sumber nabati, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.
  • Hindari obesitas, makan lebih ringan dan lebih sedikit dengan memilih lebih sedikit makanan berkalori tinggi, termasuk gula rafinasi dan lemak dari sumber hewani.
  • Jika memilih untuk minum alkohol, lakukan hanya dalam jumlah sedang risiko berbagai jenis kanker termasuk kanker payudara, usus besar, paru-paru, ginjal, dan hati, meningkat seiring dengan jumlah alkohol yang Moms minum dan lamanya waktu kita . minum secara teratur.
  • Batasi konsumsi daging olahan, sebuah laporan dari International Agency for Research on Cancer, badan kanker dari WHO, menyimpulkan bahwa makan daging olahan dalam jumlah besar dapat sedikit meningkatkan risiko jenis kanker tertentu.

Baca Juga: Tips Menjaga Pola Makan Sehat Saat WFH Agar Tidak Berlebihan

Selain itu, wanita yang mengonsumsi makanan Mediterania yang dilengkapi dengan minyak zaitun extra-virgin dan kacang-kacangan mungkin memiliki penurunan risiko kanker payudara.

Diet Mediterania sebagian besar berfokus pada makanan nabati, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, polong-polongan, dan kacang-kacangan. Orang-orang yang mengikuti diet Mediterania memilih lemak sehat, seperti minyak zaitun, mentega dan ikan daripada daging merah.

8. Lindungi Diri Kita dari Sinar Matahari

mencegah kanker

Foto: Orami Photo Stock

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling umum dan salah satu yang paling dapat dicegah. Coba tips berikut ini:

  • Hindari sinar matahari tengah hari. Hindari matahari antara jam 10 pagi dan 4 sore, saat sinar matahari paling kuat.
  • Tetap di tempat teduh. Saat Moms berada di luar ruangan, sebisa mungkin tetap berada di tempat teduh. Kacamata hitam dan topi bertepi lebar juga bisa membantu.
  • Tutupi area yang terbuka. Kenakan pakaian ketat dan longgar yang menutupi kulit kita sebanyak mungkin. Pilihlah warna-warna cerah atau gelap, yang memantulkan lebih banyak radiasi ultraviolet daripada warna pastel atau kapas yang diputihkan.
  • Jangan berhemat pada tabir surya. Gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF minimal 30, bahkan pada hari mendung. Oleskan tabir surya secara banyak, dan oleskan kembali setiap dua jam atau lebih sering jika Moms berenang atau berkeringat.
  • Hindari tanning bed dan sunlamps. Ini sama merusaknya dengan sinar matahari alami.

9. Pastikan untuk Mendapatkan Vaksinasi

mencegah kanker sejak dini

Foto: Orami Photo Stock

Pencegahan kanker termasuk perlindungan dari infeksi virus tertentu. Bicaralah dengan dokter tentang vaksinasi untuk:

  • Hepatitis B. Hepatitis B dapat meningkatkan risiko terkena kanker hati. Vaksin hepatitis B direkomendasikan untuk orang dewasa tertentu yang berisiko tinggi, seperti orang dewasa yang aktif secara seksual tetapi tidak dalam hubungan monogami, orang dengan infeksi menular seksual, orang yang menggunakan obat-obatan intravena, pria yang berhubungan seks dengan pria, dan perawatan kesehatan atau petugas keamanan publik yang mungkin terpajan darah atau cairan tubuh yang terinfeksi.
  • Human papillomavirus (HPV). HPV adalah virus menular seksual yang dapat menyebabkan kanker serviks dan genital lainnya serta kanker sel skuamosa di kepala dan leher. Vaksin HPV direkomendasikan untuk anak perempuan dan anak laki-laki usia 11 dan 12 tahun. U.S. Food and Drug Administration baru-baru ini menyetujui penggunaan vaksin Gardasil 9 untuk pria dan wanita usia 9 hingga 45 tahun.

Yuk, Moms, ajak keluarga mencegah kanker sejak dini dengan empat langkah di atas!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait