2-3 tahun

31 Oktober 2017

4 Cara Mengajarkan Gaya Hidup Vegan Pada Balita

Kenalkan dengan cara yang menyenangkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Ingin mulai mengenalkan pola vegetarian untuk anak, tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Melihat sudah cukup banyak riset yang menunjukkan bahwa pola makan vegetarian ternyata berdampak baik untuk balita, Mama bisa mulai mengenalkan pola vegetarian untuk anak dengan tips berikut:

1. Jelaskan konsep veganisme secara sederhana

ingin mengajarkan gaya hidup vegan pada balita perhatikan dulu 5 tips berikut ini 1
eleteholystichydrate.com

Balita yang masih kecil tentu belum bisa mengerti tentang alasan utama dibalik baiknya mengikuti gaya hidup vegetarian, tapi Mama bisa mulai menjelaskan konsep veganisme secara sederhana. Misalnya, dengan mengajarkan bahwa makan sayur itu selain menyehatkan, juga baik bagi alam serta para binatang.

Jangan lupa, jelaskan juga kandungan dalam sayur dan buah yang bisa memberikan manfaat bagi tubuhnya, seperti vitamin A dari wortel yang akan mempertajam penglihatan dan vitamin C yang akan menjaga buah hati tidak gampang sakit. Dengan begitu, pola vegetarian untuk anak akan menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi balita

2. Kenalkan gaya hidup vegan secara perlahan

ingin mengajarkan gaya hidup vegan pada balita perhatikan dulu 5 tips berikut ini 2
sense-organic.com

Mengenalkan pola vegetarian untuk anak yang sebelumnya sudah pernah makan daging memang akan terasa lebih sulit, karena buah hati sudah pernah merasakan nikmatnya makan daging dan produk olahan hewani lainnya.

Untuk memulai proses mengenalkan pola vegetarian untuk anak, Mama bisa menambahkan tambahan sayuran sebagai lauk pendamping serta buah sebagai cemilan.

Kemudian, sedikit demi sedikit baru kurangi porsi makanan olahan hewani. Seiring dengan waktu, balita akan mulai terbiasa dan bisa merasakan sendiri manfaat dari gaya hidup vegetarian ini.

3. Kombinasikan makanan vegetarian

ingin mengajarkan gaya hidup vegan pada balita perhatikan dulu 5 tips berikut ini 3

amazonaws.com

Sudah bukan hal aneh kalau melihat banyak balita yang kurang suka dengan sayuran, dengan alasan rasanya pahit, tidak enak, atau penyajiannya yang membosankan. Padahal kekurangan gizi dan nutrisi dari sayuran akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang balita.

Selain menyajikan sayuran dan buah dengan cara yang lebih kreatif, kombinasi kandungan vitamin dan minyak alami saat membuat makanan vegetarian untuk si kecil. Mama juga bisa menggunakan mayonnaise dan mustard sebagai perasa tambahan jika dirasa belum mencukupi.

4. Jadikan proses makan menyenangkan

ingin mengajarkan gaya hidup vegan pada balita perhatikan dulu 5 tips berikut ini 4
matpolgas.com

Supaya buah hati dengan senang hati menjalankan pola vegetarian untuk anak, jadikan proses makan sebagai aktivitas yang menyenangkan. Mama bisa mengajak balita membuat makanannya sendiri serta membiarkannya berkreasi dengan berbagai sayur dan buah yang ia sukai.

Kalau balita merasa senang dengan makanan yang dibuatnya, pasti buah hati akan lebih mudah untuk menjadi anak vegetarian kan, Ma?

Meskipun gaya hidup dan pola makan vegetarian tidak begitu populer di Indonesia, tak ada salahnya Mama mulai mencoba pola vegetarian untuk anak. Selain dapat menyehatkan tubuh, juga dipercaya dapat membuat tumbuh kembang balita semakin optimal. Nah, sudah siap mengenalkan pola makan vegetarian pada balita di rumah

(WA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait