Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Health | Dec 5, 2018

4 Cara Mengatasi Migrain Tanpa Harus Minum Obat

Bagikan



Obat memang cara yang terbukti untuk mengobati migrain atau sakit kepala sebelah. Tetapi sebenarnya Moms bisa mengatasi migrain tanpa mengonsumsi obat-obatan.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi migrain:

Ciptakan Lingkungan yang Tenang

Saat mulai terserang migrain, cobalah untuk menciptakan suasana atau lingkungan yang tenang seperti dengan mematikan lampu.

Migrain sering meningkatkan kepekaan terhadap cahaya dan suara. Bersantailah di kamar yang gelap dan tenang serta tidurlah jika memang bisa.

Kemudian cobalah untuk mengompres bagian kepala atau leher dengan kompres panas atau dingin. Dengan kompres ini dapat melemaskan otot yang tegang.

Baca Juga : Membedakan Macam-Macam Sakit Kepala dan Gejalanya

Tidur Nyenyak

Migrain bisa membuat Moms tertidur atau malah membuat Anda bangun di malam hari. Demikian juga, migrain sering disebabkan oleh tidur yang tidak nyenyak.

Cobalah untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari bahkan di akhir pekan. Jika Moms tidur siang, jagalah untuk tidak terlalu lama. Tidur siang lebih dari 20 hingga 30 menit dapat mengganggu tidur malam hari.

Jangan lupa untuk melakukan relaksasi sebelum tidur seperti dengarkan musik yang menenangkan, berendam dalam air hangat atau baca buku favorit.

Selain itu, perhatikan apa yang Moms makan dan minum sebelum tidur. Olahraga yang intens, makanan berat, kafein, nikotin, dan alkohol dapat mengganggu tidur.

Selanjutnya jangan mencoba tidur, semakin keras Moms mencoba untuk tidur, semakin terjaga perasaannya. Jika tidak dapat tidur, baca buku atau lakukan aktivitas lain yang tenang sampai mengantuk.

Makan dengan Bijak

Kebiasaan makan dapat mempengaruhi Moms terkena migrain atau tidak. Oleh karena itu, cobalah untuk konsisten dengan makan di waktu yang sama setiap hari.

Jangan sampai melewatkan makan dan coba untuk membuat jurnal makanan seperti menulis daftar makanan yang dikonsumsi untuk memudahkan Moms menemukan pemicu migrain. Hindari makanan yang memicu migrain seperti keju, coklat, kafein, atau alkohol.

Baca Juga : Pusing Berputar-Putar, Hati-Hati Vertigo! Kenali Gejala dan Cara Penanganannya!

Berolahraga Secara Teratur

Selama melakukan aktivitas fisik, tubuh melepaskan bahan kimia tertentu yang menutup rasa sakit ke otak. Bahan kimia ini juga membantu mengurangi kecemasan dan depresi, yang dapat membuat migrain lebih buruk.

Tak hanya itu, ternyata obesitas juga meningkatkan risiko sakit kepala kronis, sehingga menjaga berat badan yang sehat melalui olahraga dan diet dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi migrain.

Pilihlah olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, dan bersepeda hindari berolahraga terlalu keras karena dapat memicu migrain.

Penyebab lain dari migrain adalah rasa stres, sederhanakan hidup Moms dengan melakukan pengaturan yang bijak akan waktu dan segala urusan. Jangan lupa pula untuk beristirahat dan jangan membebani diri sendiri.

Jadi sekarang Moms sudah tahu kan cara mengatasi migrain tanpa harus meminum obat?

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.