Kesehatan

KESEHATAN
12 Oktober 2020

4 Cara Mengatasi Stres saat Hamil dengan Mudah

Tidak perlu obat-obatan, lakukan saja hal ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Silvya
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, simak cara mengatasi stres selama kehamilan berikut ini.

Kehamilan membawa kebahagiaan, namun berbarengan juga dengan kekhawatiran. Cemas mengenai kesehatan bayi, cemas dengan proses persalinan, masa menyusui, dan sebagainya.

Jika terlalu dipikirkan, hal ini bisa menyebabkan Moms stres. Padahal, stres saat hamil tidak baik untuk kesehatan Moms dan janin.

Ketika stres, tubuh melepaskan hormon seperti adrenalin dan kortisol. Hormon ini mempersiapkan tubuh Moms untuk aktivitas fisik seperti melawan atau melarikan diri.

Dikutip dari Obstetric Medicine, hal ini dapat menyebabkan penurunan kesehatan dan masalah perkembangan janin seperti ADHD, bahkan gangguan kognitif.

Mengatasi Stres Selama Kehamilan

Untuk membantu Moms tetap bahagia, sehat, dan bebas stres selama kehamilan, Orami telah mengumpulkan lima cara terbaik untuk mengatasi stres saat hamil. Simak sama-sama, yuk!

Baca Juga: 4 Masalah Janin Ini Terjadi Akibat Stres Pada Ibu Hamil

1. Meditasi

01 - sumber indiamart.jpg

Foto: indiamart.com

Ini cara yang paling murah dan mudah untuk mengatasi stres saat hamil. Meditasi juga bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Selama meditasi, Moms akan belajar untuk mengontrol dan memfokuskan pikiran. Dengan rutin melakukan meditasi, Moms belajar untuk menghindari berbagai pikiran yang membuat khawatir dan stress.

’’Meditasi dapat membantu memilah-milah hal-hal yang benar-benar harus dilakukan sebelum bayi lahir, dan setelahnya,’’ kata Marci Howard-May, Manajer Layanan Spa di Red Mountain Resort.

Saat merasa stres, duduk atau berbaring, tutup mata, dan tarik napas dalam-dalam setidaknya lima kali.

Tarik napas melalui hidung dan keluar melalui mulut sambil memperhatikan naik turunnya dada. Berlatihlah ini kapan saja, di mana saja. Latihan ini akan menenangkan sistem saraf Moms yang sedang menegang.

2. Lakukan Peregangan

02 - sumber yoga jurnal.jpg

Foto: yogajournal.com

Hormon yang dilepaskan ketika stres dapat menyebabkan otot tegang dan mengencang. Peregangan adalah cara yang bagus untuk membuat tubuh kembali rileks saat hamil. Selain itu, hormon endorfin yang dihasilkan selama melakukan aktivitas fisik ini memberikan efek positif, bahagia, dan mengurangi rasa sakit.

’’Meluangkan beberapa menit untuk peregangan akan membantu menanamkan kejernihan mental untuk mengatur pikiran kita,’’ kata Kim Watters, Manajer Kebugaran di Red Mountain Resort di Utah.

Setidaknya lakukan tiga jenis peregangan--leher, dada, dan punggung-- selama masing-masing 20 detik.

Baca Juga: 7 Latihan Peregangan untuk Atasi Bahu Kaku, Coba Sekarang!

3. Pastikan Cukup Tidur

03 - sumber the sleep judge.jpg

Foto: thesleepjudge.com

Ketika Moms tidak cukup tidur, tubuh dan pikiran dengan cepat menjadi lelah. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan pikiran dan emosi negatif yang pada gilirannya, dapat menyebabkan stres.

Jika Moms mengalami masalah tidur di malam hari, para ahli menyarankan untuk tidur siang di siang hari. Cukup tidur siang selama 20 menit, dapat membantu mengatasi stres saat hamil, membuat tubuh dan pikiran Moms rileks.

Selain itu, kualitas tidur malam juga harus ddiperhatikan. Beberapa ibu hamil mengeluhkan sulit tidur pada masa kehamilan.

Moms bisa menerapkan sleep hygiene untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik yaitu dengan memiliki waktu tiddur yang rutin, tidak terlalu lelah menjelang tidur, memiliki suasana kamar yang nyaman untuk tidur, tidak makan makanan berat 2 jam sebelum tidur, dan tidak memainkan gadget di tempat tidur.

4. Manfaatkan Pijat Kehamilan

04 - sumber massage magazine.jpg

Foto: massage.com

Seperti halnya peregangan, pijatan adalah cara yang bagus untuk mengendurkan otot dan menghilangkan stres selama kehamilan. Moms bahkan dapat memijat diri sendiri jika mulai merasa stres, atau sudah di ambang stres berat. Selain itu, Moms juga bisa meminta Dads untuk bantu memijat sambil ngbobrol hal-hal ringan.

’’Belajarlah untuk mengidentifikasi saat ketika tingkat stres menjadi luar biasa. Dan pada saat itu, sadarilah apa yang harus dilakukan,’’ kata Sara Trapani, Guru Yoga berlisensi dari Perguruan Tinggi Bard, Institut Omega.

Itulah 4 cara mudah untuk mengatasi stres saat hamil. Semua calon ibu mengalami stres selama kehamilan — itu normal.

Tetapi jika stres menjadi konstan dan berlebihan, saat itulah saatnya untuk mendapatkan bantuan — karena dampaknya tidak hanya untuk kesehatan Moms sendiri, tetapi untuk kesehatan bayi.

Baca Juga: 3 Manfaat Berpegangan Tangan dengan Suami, Bisa Hilangkan Stres!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait