Inspirasi Nama Bayi

INSPIRASI NAMA BAYI
14 Januari 2021

7+ Cara Menggabungkan Nama untuk Si Kecil, Bisa Ditiru!

Bisa coba menggabungkan nama kedua orang tua lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms masih bingung memberikan nama kepada Si Kecil yang akan segera lahir? Atau masih berdebat dengan Dads untuk memberikan nama kepada Si Kecil?

Memilih nama untuk bayi bisa menjadi proses yang membuat stres; dan jika Moms berharap mendapatkan nama bayi yang unik, prosesnya bisa jadi lebih sulit.

Terlebih lagi jika nama yang kita pilihkan untuk Si Kecil berbeda dengan yang diinginkan oleh pasangan kita.

Untungnya, ada beberapa strategi yang dapat membantu Moms mempersempit pilihan dan membuat nama yang cocok untuk Si Kecil. Moms dan Dads bisa mencoba cara menggabungkan nama untuk menghasilkan sebuah nama baru.

Menggabungkan nama juga bisa jadi salah satu cara untuk mengombinasikan ide nama yang Moms dan Dads punya. Jadi adil kan? Seperti apa saja cara menggabungkan nama bayi? Yuk kita lihat di bawah ini!

Baca Juga: 9 Inspirasi Nama Bayi Laki-laki dari Tokoh Wayang, Keren!

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebagai Cara Menggabungkan Nama

cara menggabungkan nama

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui cara menggabungkan nama, ada baiknya Moms mencari tahu apa saja pertimbangan mencari nama anak.

Jelas, memilih nama anak kita bukanlah sesuatu yang harus kita anggap sepele. Sangatlah penting untuk memikirkan dengan matang apa nama panggilan anak yang akan mengikutinya seumur hidup.

Jadi, pertimbangkan nama anak dari semua sudut.

Tuliskan nama yang Moms pertimbangkan. Pikirkan tentang cara orang lain mengucapkan nama tersebut atau bunyinya jika digabungkan dengan nama tengah dan belakang.

Meskipun mencantumkan nama itu di atas orang lain dapat menyebabkan beberapa reaksi negatif yang tidak membantu, Moms mungkin ingin berbagi nama dengan beberapa orang untuk memastikan kita tidak melewatkan sesuatu.

Berikut beberapa hal tambahan yang mungkin ingin Moms tinjau sebelum mendapatkan nama yang tepat:

  • Panjang nama dan suku kata yang dimilikinya.
  • Kemudahan mengeja nama.
  • Kemudahan dalam mengucapkannya.
  • Inisial anak kita.
  • Nama anak Moms yang lain.
  • Apakah ingin nama tersebut netral gender atau tidak.
  • Nama belakang anak dan bunyinya dengan nama depannya.
  • Nama tengah anak dan bunyinya bersamaan.
  • Nama anak berima.
  • Nama panggilan dan Moms ingin anak dipanggil apa.

Lalu, seperti apa tips cara menggabungkan nama yang bisa Moms lakukan untuk memilih nama Si Kecil?

Baca Juga: 25 Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki dari Bahasa Spanyol yang Gagah dan Keren

Cara Menggabungkan Nama Bayi

cara menggabungkan nama

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms dan Dads sudah yakin nama seperti apa yang akan dipilih untuk Si Kecil nantinya, berikut cara menggabungkan nama bayi yang bisa dicoba.

1. Ditulis dengan Tanda Penghubung

Salah satu cara menggabungkan nama adalah dengan menggunakan tanda penghubung. Tanda ini juga bisa mempertahankan masing-masing makna dari nama yang sudah dipilih.

Moms dan Dads bisa memilih nama-nama yang diinginkan kemudian mencoba menggabungkannya. Kita juga bisa membuat daftar nama dalam urutan apa pun yang terdengar paling alami.

Pilih nama yang terdengar paling cantik dan alami saat digabungkan. Kunci dari penggabungan nama dengan teknik yang satu ini adalah pilihlah nama yang pendek.

Carilah daftar nama satu suku kata dan nama dua suku kata. Contoh: Robyn-Ava atau John-David.

2. Gabungkan Dua Nama Atau Lebih Menjadi Nama yang Unik

Moms mencari nama yang tidak biasa untuk Si Kecil? Pilihlah dua nama kemudian gabungkan jadi satu sebagai cara menggabungkan nama.

Mulailah dengan beberapa nama yang disuka, dan pertimbangkan bagaimana Moms dan Dads dapat menggabungkannya untuk membentuk nama baru yang spesial dan unik.

Cara menggabungkan nama ini dapat bisa dilakukan dengan menghilangkan bagian dari setiap nama, menjalin nama, atau menyusunnya kembali.

Misalnya, Audrey dan Melissa bisa menjadi Aulissa atau Melrey. Samantha dan Isabella bisa menjadi Anthabella atau bahkan Samisa. Moms dan pasangan hanya harus berkomitmen untuk mencapai kreativitas.

Baca Juga: 25 Nama Bayi Perempuan dalam Bahasa Spanyol yang Indah dan Menawan

3. Menggunakan Prefiks

Salah satu tren besar yang sedang berlangsung sebagai cara menggabungkan nama adalah menggunakan nama yang relatif sederhana atau umum dan menambahkan awalan ke dalamnya atau menambahkan prefiks.

Ini akan memberi nama sentuhan yang lebih personal dan tidak biasa. Bahkan bisa jadi nama yang cantik juga lho, Moms.

Hal pertama yang perlu Moms lakukan adalah memilih satu nama lalu padukan dengan prefiks, seperti De-, Ke-, La-, Le-, atau Ra-.

Contoh: Anna menjadi Deanna, Dina menjadi Radina.

Selain itu, pastikan untuk membuat nama yang Moms pilih dengan singkat. Nama yang lebih panjang bisa menjadi terlalu panjang dan kehilangan keindahannya.

4. Menggabungkan Nama Orang Tua

Ingin memberikan sentuhan unik atau kesan sejarah keluarga? Coba cara menggabungkan nama denga memadukan nama Moms dan Dads untuk jadi nama Si Kecil. Moms juga bisa mengombinasikan nama dari kakek atau nenek.

Caranya gunakan nama depan atau belakang Moms dan Dads untuk membuat nama yang sepenuhnya baru.

Kita juga dapat menggunakan kombinasi nama kakek-nenek atau nama wali baptis, dan silakan mencampur dan mencocokkan suku kata.

Contoh: Silvia dan Mario menjadi Malvia, Daniel dan Jessica menjadi Danica.

Baca Juga: 19 Nama Bayi Perempuan Korea Islami

Cara Menggabungkan Nama Anak

cara menggabungkan nama

Foto: Orami Photo Stock

Setelah Moms tahu beberapa cara menggabungkan nama anak, saatnya untuk mengetahui tips yang bisa dilakukan untuk menggabungkan nama anak. Yuk kita cari tahu, Moms!

5. Inspirasi Nama Asing

Moms mungkin berpikiran bahwa nama bayi tidak harus unik. Sebaliknya, Moms mungkin senang dengan nama yang tidak umum atau banyak digunakan.

Cari nama bayi dalam bahasa lain atau negara asing sebagai cara menggabungkan nama. Kita mungkin memutuskan untuk mengubah pelafalan atau Moms mungkin ingin mengubah ejaan.

Namun, mendengarkan nama yang tidak dikenal adalah cara yang bagus untuk mendapatkan inspirasi.

Baca Juga: 13 Inspirasi Nama Bayi yang Terdiri dari Tiga Huruf, Simpel!

6. Gunakan Ejaan Unik

Moms mungkin memutuskan cara terbaik untuk menambahkan sedikit keunikan pada nama anak adalah dengan mengeja nama yang umum dengan cara yang tidak umum.

Emily misalnya dapat dengan mudah dieja Emmalee, Emely, Emilee, atau Emilie. Kaden bisa dieja Caden, Caiden, Kaeden, Kaidan, atau Kayden.

Jadi, sebagai cara menggabungkan nama, pertimbangkan untuk menambahkan sedikit gaya pada nama si buah hati dengan menggunakan ejaan non-tradisional.

7. Pilih Sebuah Objek

Kita mungkin mendapatkan beberapa inspirasi untuk nama yang unik hanya dengan melihat-lihat objek di rumah sebagai cara menggabungkan nama.

Gwyneth Paltrow dan Chris Martin, misalnya, mungkin menemukan sedikit inspirasi di dapur ketika mereka menamai putri mereka Apple.

Lihatlah benda-benda sehari-hari di setiap ruangan dan lihat apakah ada sesuatu yang tampak menarik. Perhatikan warna juga.

Misalnya, Adam Levine dan Behati Prinsloo menamai salah satu anak mereka Dusty Rose sementara Sting dan Frances Tomelty menamai anak mereka Fuschia.

8. Pilih Nama Tempat

Yup, memilih nama anak, Moms bisa menggunakan nama tempat juga lho. Moms dan Dads dapat menemukan banyak tempat yang membuat nama bayi unik.

Misalnya saja Bono dan Ali Hewson menamai anak mereka Memphis Eve. Kanye West dan Kim Kardashian West menamai salah satu anak mereka Chicago. Ada juga yang bernama Northwest.

Jadi Moms, pertimbangkan untuk menamai anak kita kelak sesuai dengan tempat Moms dibesarkan, kota tempat Moms pertama kali jatuh cinta, tempat bertemu dengan suami kita atau tempat lain yang kedengarannya bisa menjadi nama yang bagus.

Nah, dengan cara-cara ini, Moms jadi punya banyak sekali pilihan, dan bisa mengetahui tips cara menggabungkan nama. Selamat mencoba!

Artikel Terkait