Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Mar 24, 2018

4 Cara Menyenangkan Mengatasi Balita Yang Suka Menggambar Di Dinding

Bagikan


Kreativitas dan rasa penasaran balita biasanya akan berujung pada tindakan yang membuat orang tua panik. Salah satunya adalah saat anak mencoret, menulis, atau menggambar di dinding ruangan tempatnya beraktivitas.

Sebenarnya Moms, kelakuan balita ini menandakan kalau dia mempunyai kreativitas serta imajinasi tinggi, dan sudah mulai bisa mengekspresikan emosi dan pikirannya dalam bentuk gambar atau tulisan. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa jadi petunjuk kalau Si Kecil punya bakat di bidang mlukis atau gambar.

Tapi kalau dinding satu rumah digambar oleh Si Kecil pastinya akan terlihat kotor ya, Moms. Yuk, coba mengatasi anak menggambar di dinding dengan 4 cara menyenangkan berikut ini:

1. Simpan Alat Tulis Jika Tidak Dipakai

cara agar anak tidak coret-coret di dinding

ccwh-living.com

Ibarat pepatah tidak akan ada asap jika tidak ada api, Si Kecil juga tidak akan bisa menggambar dan mencoret dinding jika tidak disediakan alat tulis.

Coba Moms cek kembali, apakah alat tulis di sekitar ruangan bermain Si Kecil sudah disimpan dengan aman? Jika belum, coba simpan di tempat yang tidak terjangkau oleh Si Kecil. Moms juga bisa menyimpannya di lemari yang terkunci agar aman dari tangan Si Kecil.

2. Arahkan Kreativitasnya Pada Media Lainnya

cara agar anak tidak coret-coret di dinding

parents.com

Tidak baik sebenarnya jika kita melarang Si Kecil untuk tidak menggambar di dinding tanpa memberikan alternatif pilihan lainnya. Kreativitasnya bisa terhambat, atau dia malah bisa kehilangan imajinasinya.

Solusinya, Moms bisa mengarahkan minat anak menggambar di dinding dengan cara memintanya untuk menggambar pada media lain. Berikan kertas putih, karton, atau bahkan kertas koran untuk digunakannya menggambar. Dengan begitu, hasratnya untuk menggambar tetap tersalurkan dan kreativitasnya pun akan semakin terasah.

Baca Juga : 5 Tempat Bermain Anak di Jakarta

3. Buat Area Khusus Menggambar

cara agar anak tidak coret-coret di dinding

theimaginationtree.com

Area khusus menggambar bisa Moms terapkan dirumah jika Si Kecil tetap bandel dan asyik menggambar di dinding ruangan. Caranya cukup mudah, sediakan area seluas beberapa petak kecil di sudut ruangan yang bisa digunakan Si Kecil untuk menggambar.

Jika dia enggan menggambar di kertas atau media lainnya yang sudah disediakan, Moms bisa menguubah tembok di sekitar ruangan tersebut dengan menggunakan cat papan tulis. Setelahnya, Si Kecil bisa bebas menggambar apapun selama tidak keluar dari area khusus menggambar yang sudah ditetapkan.

4. Buat Mural Bersama Si Kecil

cara agar anak tidak coret-coret di dinding

pinterest.com

Salah satu cara yang paling menyenangkan untuk mengatasi anak menggambar di dinding adalah membuat mural bersama Si Kecil. Kalau Si Kecil senang menggambar, kenapa kita tidak ajak saja dia untuk bersama-sama membuat lukisan besar di dinding kamarnya?

Coba ajak Si Kecil untuk membuat sketsa dan konsep kasar apa yang mau dia gambar. Setelahnya, biarkan dia menggambar tembok dengan pensil terlebih dahulu baru kemudian timpa dengan cat dan sketsa sesungguhnya. Biarkan dia merasakan kebebasan untuk menggambarnya di tembok terlebih dahulu.

Moms, tidak semua perilaku kotor seperti menggambar di dinding itu berarti tidak baik dan harus dihentikan ya. Akan lebih baik jika Si Kecil diarahkan pada cara yang benar, agar dia dapat terus mengasah imajinasi dan juga kreativitasnya. Nah, kira-kira mana ya cara yang paling ampuh untuk mengatasi anak menggambar di dinding?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.