Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Dec 21, 2017

4 Cara Mudah Mengajari Balita Agar Senang Matematika Sejak Dini

Bagikan


4 Cara Mudah Mengajari Balita Agar Senang Matematika Sejak Dini

Ingin mulai mengajarkan balita matematika sejak dini? Sudah bukan rahasia lagi kalau pelajaran ini seringkali menjadi momok bagi anak sekolah karena dianggap sulit untuk dikerjakan. Padahal pola pikir seperti itu ternyata bisa dicegah sejak dini, sehingga balita akan memandang matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan.

Supaya buah hati bisa lebih akrab dengan angka dan konsep dasar matematika sebelum masuk sekolah, Moms bisa mengikuti 4 cara mengajarkan matematika berikut ini:

  1. Mulai Dengan Menghitung

4 Cara Mudah Mengajari Anak Agar Senang Matematika

foto: romper.com

 Sebagai langkah paling awal untuk mengajarkan balita matematika, Mama bisa mengajaknya mulai menghitung jumlah benda. Mengajarkan si kecil angka 1 sampai 10 pun terbilang sangat mudah, apalagi jika dilakukan dengan rutin setiap hari, balita pasti akan cepat menangkap arti dari angka tersebut.

Setelah balita sudah mengenal angka, Mama bisa mulai menanyakan jumlah benda yang sedang dilihatnya, seperti gelas di atas meja makan, burung yang sedang bermain di halaman, atau jumlah ikan di dalam akuarium. Yang terpenting adalah secara rutin mengajak anak untuk mulai menghitung benda yang dia lihat.

  1. Gunakan Objek Sehari-Hari

4 Cara Mudah Mengajari Anak Agar Senang Matematika

foto: thespruce.com

Jangan terburu-buru mengeluarkan uang lebih untuk mendaftarkan balita ke les matematika. Objek sehari-hari yang ada di sekitar rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengajarkan balita matematika yang mudah sekaligus hemat lho, Ma.

Setiap hari, Mama bisa mengajak balita bermain serta beraktivitas sambil menghitung kancing baju, buku di lemari, bunga di halaman, hingga permen di toples, sehingga angka dan menghitung jadi terasa lebih menyenangkan.

Baca Juga : Cara Bermain dengan Bayi 0-12 Bulan yang Optimalkan Perkembangannya

  1. Jadikan Sebagai Aktivitas Harian

4 Cara Mudah Mengajari Anak Agar Senang Matematika

foto: busytoddler.com

Tanpa disadari, matematika selalu digunakan dalam kegiatan keseharian, mulai dari bangun tidur di pagi hari hingga beranjak tidur pada malam hari. Ini berarti Mama bisa menjadikan matematika sebagai bagian dari aktivitas harian si kecil.

Mulai saja dengan hal sederhana seperti menanyakan jam, jumlah peralatan makan yang dipakai, dan seterusnya. Tujuan utama dari aktivitas harian ini adalah untuk membuat balita merasa lebih dekat dengan angka, sehingga ia akan lebih mudah memproses informasi berbasis data dan angka jika sudah bersekolah nanti.

  1. Samarkan Pelajaran Dengan Nyanyian & Permainan

4 Cara Mudah Mengajari Anak Agar Senang Matematika

foto: compendiumblog.com

Sudah bukan rahasia kalau balita lebih mudah belajar saat dibarengi dengan bernyanyi dan bermain. Begitu juga dengan mengajarkan balita matematika, Mama bisa menyamarkannya dalam lirik lagu serta permainan yang menarik, seperti adalah lagu anak Balonku yang secara tidak langsung mengajarkan balita tentang warna dan angka.

Sekarang ini juga sudah banyak video tutorial menghitung yang bisa Mama unduh dan tonton bersama balita sambil bermain. Meski penuh dengan nyanyian dan tarian, alam bawah sadar si kecil dapat memproses setiap pelajaran matematika yang ada dalam video tersebut.

Mengajarkan balita matematika sebenarnya tidak sulit, apalagi kalau Mama memanfaatkan objek sederhana di rumah. Apa Mama punya cara menyenangkan lain untuk mengajarkan balita matematika?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.