Kesehatan

26 Oktober 2017

4 Hal Yang Perlu Mama Ketahui Serangan Stroke Pada Usia Muda

Stroke bisa menyerang siapa saja!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Pola hidup yang dinamis dan padatnya aktivitas membuat seseorang lupa akan pentingnya kesehatan. Akibatnya, gaya hidup sehat sering sekali terabaikan. Kebanyakan dari kita baru sadar akan berharganya kesehatan, kalau tiba-tiba terkena penyakit parah, seperti stroke.

Secara singkat, stroke bisa diartikan keadaan dimana terjadi penyumbatan pembuluh dara, bahkan pecah sehingga sel-sel dan syaraf pada otak mengalami kelumpuhan.

Akibatnya fisik penderita juga mengalami kelumpuhan seperti berbicara menjadi tidak jelas, mulut bisa menjadi kaku, atau kelumpuhan sebagian anggota tubuh atau bahkan seluruhnya.

Dahulu, penyakit ini lebih banyak diderita orang yang sudah lanjut usia. Namun seiring berjalannya waktu, risiko usia muda juga tidak kalah tinggi. Untuk itu, Mama perlu tahu mengapa penyakit stroke bisa menyerang usia muda saat ini. Berikut beberapa penyebabnya.

1. Makanan

shutterstock 138061871

Tanpa disadari, pengaruh media sosial juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan lho Ma. Saat ini banyak sekali akun-akun media sosial yang menampilkan kuliner-kuliner inovasi baru yang menggugah selera. Sehingga tidak jarang dari kita seperti selalu ingin mencoba makanan baru.

Inilah alasannya mengapa usia muda saat ini rentan terserang stroke. Karena tingginya jumlah kalori yang masuk akan menumpuk menjadi lemak dan menghambat sirkulasi peredaran darah, termasuk yang menuju ke otak.

2. Tekanan darah tinggi

shutterstock 312824303

Memiliki penyakit tekanan darah tinggi bisa menambah faktor risiko terserang stroke lho Ma. Karena aliran darah mengalami penyumbatan, jika kondisi penderita sudah memburuk akan mengalami pendarahan dalam otak atau sebutannya hemoragis.

Jika kondisi tersebut tidak ditangani sesegera mungkin, kemungkinannya hanya 2, yakni cacat tubuh total, atau meninggal dunia. Kebanyakan penderitanya adalah perokok, suka minuman beralkohol, juga penderita diabetes.

Baca Juga : Kenali 5 Jenis Penyakit yang Menyerang Pegawai Kantoran

3. Kurang tidur

shutterstock 530558272

Usia muda memang seharusnya diisi dengan kegiatan bermanfaat seperti bekerja. Namun bekerja lewat larut malam sampai sering begadang juga bisa memicu penyakit stroke lho, Ma. Idealnya orang dewasa tidur delapan jam. Hindari tidur larut malam, apalagi bekerja sampai lupa istirahat.

4. Obesitas

shutterstock 320422073

Orang yang memiliki masalah berat badan atau cenderung obesitas bisa berisiko terkena penyakit stroke. Kegemukan adalah akibat dari pola hidup yang tidak sehat.

Anak-anak dan juga usia remaja yang tidak mengkontrol berat badannya punya risiko jauh lebih tinggi terkena penyakit stroke daripada orang lanjut usia ternyata Ma. Maka dari itu yuk memulai gaya hidup sehat mulai hari ini juga!

(LMF)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait